5 Manfaat Daun Anting-Anting Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun anting-anting nyatanya memiliki pengaruh besar bagi kesehatan tubuh manusia. Bahkan tanaman liar yang sering kali di temukan di semak-semak ini juga bisa menjadi alternatif untuk pengobatan beberapa penyakit. Apa saja khasiatnya? Yuk kita simak informasi selengkapnya hanya disini.


Tanaman anting-anting memiliki nama latin Acalypha australis linn adalah salah satu jenis tanaman yang masih termasuk ke dalam keluarga Euphobiaceae. Di Indonesia sendiri tanaman semak ini akrab di panggil dengan tanaman anting-anting, akar kucing dan tanaman kokosan (sunda). Sedangkan di negeri tirai bambu atau China tanaman ini di kenal dengan nama Tie Xian, yang mana di sana juga sering kali di manfaatkan untuk alternatif pengobatan.

Bagi anda yang belum mengetahui tanaman ini, berikut adalah bentuk karakteristik maupun ciri-ciri tanaman anting-anting selengkapnya:

  • Tanaman anting-anting memiliki batang yang kecil.
  • Memiliki ketinggian hingga 1 meter.
  • daunnya berwarna hijau dan berbentuk oval, bagian tepi bergerigi da ujungnya lancip seperti terompet.
  • Bunga anting-anting muncul dari ketiak daun degan bentuk yang unik dan berwarna hijau.

Hampir seluruh dari bagian tanaman ini dapat di gunakan. Namun, pada kesempatan kali ini kami hanya akan membahas seputar manfaat dari daunnya saja, yang mana memiliki khasiat paling banyak diantara bagian tanaman lainnya.

5 khasiat dan manfaat daun anting-anting bagi kesehatan tubuh manusia

Menurut berbagai penelitian yang telah di lakukan, daun anting-anting mengandung berbagai kandungan nutrisi senyawa yang sangat menguntungkan bagi kesehatan, yang diantaranya adalah flavonoid, alkaloid, steroid, tannin dan saponin. Adapun berbagai kandungan tersebut juga di ketahui dapat menghasilkan efek farmakologis seperti halnya antibiotik, direutik, antiinflamasi, astringen dan hemostatik. Daunnya sendiri memiliki rasa agak pahit dan sejuk.

Adapun kegunaan daun anting-anting selengkapnya adalah sebagai berikut.

1. Mengobati penyakit kulit

Manfaat dari daun anting-anting yang pertama adalah dapat mengatasi penyakit kulit. Hal tersebut di karenakan daun anting-anting sendiri mengandung zat antiseptic yang mana dapat membasmi berbagai macam bakteri yang menjadi peyebab penyakit kulit seperti halnya gatal dan kudis. Untuk pemanfaatannya, anda bisa menempelkan daun anting-anting yang telah di tumbuk hingga halus pada permukaan tubuh yang terluka maupun gatal.

2. Mengatasi luka bakar

Daun anting-anting juga bisa anda manfaatkan sebagai obat luka bakar alami yang cepat dan mudah. Untuk pengolahannya sendiri, anda cukup perlu menyiapkan daun anting-anting kemudian tumbuk hingga lembut dan tempelkan pada bagian tubuh yang terkena luka bakar. Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya anda lakukan cara ini secara teratur.

3. Mengobati penyakit disentri

Khasiat dari daun anting-anting lainnya adalah dapat mengatai disentri. Cara pemanfaatannya sendiri adalah dengan menyiapkan 30-60 gr daun anting-anting kering, yang kemudian di rebus dengan mengguakan 4 gelas ar hingga tersisa hanya setengahnya. Setelah cukup dingin, kemudian saring dan konsusi sebanyak 2 kali sehari, masing-masing 1 gelas setiap kalinya. Untuk hasil yang maksimal, anda bisa mengonsumsinya secara teratur selama 5-10 hari berturut-turut.

Namun, apabila selama itu disentri anda tak kunjung memabaik sebaiknya anda sehgera periksakan anda ke pusat kesehatan terdeklat untuk mendapatkan diagnosis yang tepat, karena bisa jadi yang anda alami bukan disentri melainkan gejala awal dari penyakit lainnya yang lebih parah.

4. Membantu mengobati diare dan muntah darah

Meski diare sering kali di abaikan, daun sebaiknya segera di tangani karena dapat menguras cairan tubuh secara berlebih. Dan juga apabila anda kini mengalami muntah darah sebaiknya anda segera mengatasinya, karena bisa jadi itu adalah pertanda adanya pendarahan di dalam tubuh anda.  Adapun untuk mengatasi kedua gangguan kesehatan tersebut anda bisa mengatasinya dengan menggunakan daun anting-anting.

Adapun untuk pmanfaatannya anda bisa merebus 1 genggam daun anting-anting dengan menggunakan 2 gelas air hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin, anda bisa langsung menyaring dan mengonsumsinya secara teratur 2x sehari masing-masing 1/2 gelas setiap kalinya. Jika anda tidak terlalu suka dengan rasanya, anda juga bisa menambahkan rempah lainnya ke dalamnya seperti manfaat daun salam, daun sereh atau gula jawa. Dengan begitu anda akan mendapatkan rasa dan aroma yang begitu segar.

5. Membantu mengobati berak darah, batuk da mimisan

Meski beberapa kondisi berak darah, batuk dan mimisan sering kali di anggap sebagai kondisi yang tidak terlalu serius, namun sebaiknya segera lakukan pengobatan untuk mengatasi berbagai ketidak nyamanan anda tersebut. Untuk pengobatannya secara alami anda bisa menggunakan daun anting-anting ini.

Cara pemanfaatanya, siapkan terlebih dahulu 30-60 gr daun anting-anting yang telah kering. Kemudian rebus dengan menggunakan 4 gelas air hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin, konsumsi ramuan alami ini 2x sehari masing-masing 1 gelas setiap kalinya. Lakukan cara ini secara rutin hingga hingga kondisi anda benar-benar sembuh.

Selain dari pada 5 manfaat daun anting-anting tersebut, masih banyak lagi khasiat lainnya yang juga sangat bagus untuk kesehatan diantaranya dapat melancarkan saluran kemih, baik untuk pencernaan hingga mencegah kanker dan tumor. Untuk mengurangi resiko efek samping yang timbul, sebaiknya tidak menggunakan daun anting-anting dalam jumlah yang berlebihan di luar dosis yang di anjurkan.

By Nida Saripah - Daun Selasa, 23 Mei 2017 11:43:46

Related Post :
Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Mengenal khasiat dan manfaat…

Tips
Cara Membuat Masker Jeruk…

Anda sedang mencari masker…

Kesehatan
Hal Yang Akan Di…

Inilah hal yang akan…

Manfaat
Beragam Manfaat Jambu Biji…

Jambu biji memiliki nama…

Obat Kimia
Obat Untuk Penyakit TBC…

Obat untuk penyakit TBC…

Manfaat
Beragam Manfaat yang Bisa…

Mengetahui kandungan nutrisi dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Manfaat Daun Karet Kebo Untuk Stroke Dan Kesehatan Lainnya

inilah berbagai khasiat dan manfaat…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan

Berikut adalah khasiat dan manfaat…

Kirim Pertanyaan
Top