Bahaya Sering Menahan Buang Air Besar

Share dan Tag Temanmu di :

Sering menahan buang air besar? padahal anda merasa ingin buang air besar, tapi anda menunda-nundanya? Hati-hati karena bila sering bahkan terlalu lama menahan buang air besar dapat menyebabkan gangguan kesehatan serius salah satunya yaitu kanker usus.


Mungkin semua orang pernah menahan buang air besar. Alasan menahan buang air besar sangat beragam diantaranya tidak nyaman dengan toiletnya, tidak terbiasa BAB di toilet umum maupun toilet punya orang lain, dan sedang berada di acara yang penting sehingga tidak memungkinkan untuk segera BAB padahal merasa ingin BAB. Namun apapun alasannya, bila ingin merasa BAB, sebaiknya lakukan segara jangan menahan-nahan BAB. Karena menahan BAB dapat membuat seseorang tidak nyaman dan merasa sakit. Bahkan terlalu sering menahan BAB dapat menyebabkan gangguan kesehatan ringan dan berat.

Bahaya Sering Menahan Buang Air Besar

Bahaya sering menahan buang air besar bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang ringan yaitu sembelit. Setiap orang yang menderita sembelit menunjukan gejala yang berbeda-beda. Namun gejala sembelit pada umumnya yaitu tersa sakit ketika BAB, tidak nyaman di perut (perut kembung bahkan perut terasa penuh), feses yang keluar bertekstur keras dan padat, terasa ada yang mengganjal di dubur, dan pendarahan ketika BAB. Yang harus diwaspadai dari gejala sembelit yaitu pendarahan di dubur ketika BAB, karena kondisi ini dapat memicu wasir.

Sering menahan BAB juga dapat menyebabkan tinja mengeras, sehingga bisa membuat pengeluarannya juga menjadi tidak lancar. Bila hal ini tidak ingin terjadi pada anda, sebaiknya bila anda merasa ingin BAB, segera lakukan BAB jangan menahan-nahan.

Sering menahan BAB tidak hanya dapat menyebabkan gangguan kesehatan ringan, tapi juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang berat yaitu kanker usus. Gejala kanker usus diantaranya sembelit, diare, BAB berdarah, anemia, badan mudah lemas dan rasa tidak nyaman pada perut seperti perut kembung, terasa penuh dan perut terasa sakit.

Frekuensi buang air besar berbeda-beda pada setiap orang, ada yang sehari 1 kali, 2 kali sehari bahkan ada juga lebih dari 3 kali dalam sehari. Normalnya, buang air besar yaitu minimal 1 kali sehari dan maksimal 3 kali sehari.

Sebaiknya anda membiasakan buang air besar di pagi hari sebelum melakukan aktivitas sekolah maupun bekerja. Tips untuk memancing supaya buang air besar di pagi hari adalah dengan melakukan olahraga, minum segelas air putih. Konsumsi juga makanan yang mengandung serat di malam harinya, supaya dipagi hari atau sesudah bangun tidur anda terbiasa buang air besar.

Bagi anda yang ingin merasa buang air besar maka segera lakukan. Karena menahan buang air besar apalagi jika sering menahan buang air besar, maka bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Alangkah baiknya anda harus bersyukur bila BAB anda lancar, karena ada sebagian orang yang mengalami susah buang air besar. Sehingga mereka yang mengalami susah buang air besar melakukan segala cara supaya BAB nya lancar kembali, termasuk minum obat. Berbeda dengan orang yang mengalami BAB lancar tidak perlu minum obat, karena BAB nya lancar. Jadi, bagi anda yang mengalami BAB lancar dan bila merasa ingin buang air besar sebaiknya lakukan segara buang air besar jangan menahannnya.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Kamis, 25 Mei 2017 10:16:08

Related Post :
Penyakit
Penyebab Hiperhidrosis dan Cara…

Hiperhidrosis merupakan suatu kondisi…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Berikut adalah khasiat dan…

Obat Kimia
Obat Anti Inflamasi Fenilbutazon…

Obat fenilbutazon untuk mengatasi…

Manfaat
Manfaat Kandungan Gizi Buah…

Manfaat kandungan gizi buah…

Penyakit
Penyebab Dan Gejala Radang…

Penyebab dan gejala radang…

Manfaat
Jangan Dibuang! Bagian Buah…

Buah dan sayur banyak…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya

  • Penyakit Liver kronis

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa sakit liver itu selain perut buncit kaki juga bengkak? Sebabnya apa? Krn banyak minum?


Kesehatan
Tanda Dan Gejala Jantung Koroner Pada Wanita

Mengetahui penyebab, tanda, gejala dan…

Kesehatan
Dampak Melakukan Perawatan Wajah Seperti Roro Fitria

Baru-baru ini Roro Fitria melakukan…

Kesehatan
Ternyata Ini Rahasia Dibalik Tubuh Langsing Artis K-Pop

Dibalik penampilannya yang selalu terlihat…

Kirim Pertanyaan
Top