Mengeringkan Jemuran di Ruangan Sebabkan Infeksi Paru

Share dan Tag Temanmu di :

Penggunaan obat infeksi paru memang menjadi salah satu solusi yang efektif untuk meringankan penyakit infeksi paru. Namun, selain itu, Anda juga harus memperhatikan berbagai faktor yang dapat memperparah atau memicu timbulnya infeksi paru. Salah satu hal yang seringkali luput dari perhatian yaitu diketahui bahwa mengeringkan jemuran di ruangan juga bisa menjadi penyebab infeksi paru. 

Bagaimana menjemur pakaian di ruangan bisa mempengaruhi kesehatan paru-paru ? Ketahui informasi lengkapnya disini !!

Dampak Negatif Mengeringkan Jemuran di Ruangan Sebabkan Infeksi Paru


Pada musim penghujan, tentu banyak yang dikhawatirkan. Bukan hanya mengenai kesehatan saja, tetapi juga hal kecil seperti jemuran pakaian yang tidak kunjung kering. Padahal, kita tentu saja memerlukan pakaian tersbut untuk digunakan sehari-hari atau pada acara tertentu. 

Jika hal tersebut terjadi, maka terkadang kita tidak punya pilihan lain selain mengeringkan pakaian didalam ruangan. Secara sepintas, mungkin tidak ada yang aneh dengan cara ini. Namun, ternyata menjemur pakaian di ruangan dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan. 

Sebuah penelitian menemukan bahwa mengeringkan jemuran di ruangan sebabkan infeksi paru. Penyakit ini bisa timbul disebabkan karena menghirup penderita spora kecil jamur aspergillus. Biasanya, ketika memasuki tubuh, sistem kekebalan tubuh seseorang dapat melawan dan menghancurkannya sebelum menyebar ke paru-paru. Namun, seseorang dengan kondisi paru-paru yang rusak atau memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah menjadi lebih berisiko menderita penyakit ini.

Membiarkan pakaian basah atau lembab di dalam rumah dapat meningkatkan kelembaban didalam ruangan hingga 30%. Walaupun terdengar aman, namun ini menjadi kondisi yang sempurna bagi jamur untuk berkembang biak dan para ahli sangat prihatin dengan jamur Aspergillus fumigatus yang menjadi penyebab infeksi paru. 

Aspergillus diketahui dapat mempengaruhi sistem pernafasan seperti batang tenggorokan, sinus, dan paru-paru. Namun juga bisa melakukan perjalanan dari tenggorokan, sinus atau paru-paru ke bagian tubuh lainnya. Hal ini tergangung pada tingkat keparahannya, gejala aspergillus yang timbul bisa berupa batuk ringan hingga batuk berdarah. 

Disamping itu, Profesit David Denning dan timnya dari National Aspergillosis Center di Manchester telah mengeluarkan peringatan setelah mengobati semakin banyak pasien yang menghirup udara yang dipenuhi oleh jamur Aspergillus.

Denning menjelaskan, pakaian basah mengandung hampir 2 liter air yang dilepaskan ke dalam ruangan. Sebagian besar orang mungkin bisa kebar terhadap jamur yang tumbuh dalam kondisi lembab atau tubuhnya dapat melawan infeksi. Namun, tidak demikian bagi mereka yang menderita asma dan sistem kekebalan tubuhnya lemah.

Denning menyarankan agar pakaian basah dikeringkan di luar rumah atau menggunakan mesin pengering. Namun, jika terpaksa harus mengeringkan jemuran diruangan, maka pilihlah tempat yang jauh dari kamar tidur dan ruang tamu. 

By Sri Maryati - Kesehatan Kamis, 25 Mei 2017 11:04:38

Related Post :
Manfaat
Menakjubkan! Ini Ragam Manfaat…

Berikut ini ragam manfaat…

Alami
Manfaat Jamur Tiram Sebagai…

Manfaat Jamur Tiram Sebagai…

Kesehatan
Bahaya Jika Terlalu Banyak…

Bahaya jika terlalu banyak…

Penyakit
Faktor Penyebab Utama Terjadinya…

Faktor penyebab utama terjadinya…

Alami
Obat Tradisional Perut Kembung…

Sebelum mengkonsumsi obat kimia,…

Kesehatan
Makanan yang Harus Dihindari…

Selain mengonsumsi obat penurun…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Jangan Sentuh! Zat Ini Bisa Sebabkan Manusia Kecanduan Berat

Narkoba memang diketahui dapat menyebabkan…

Kesehatan
Kesehatan
Buah-buahan Untuk Menurunkan Asam Lambung

Buah-buahan untuk menurunkan asam lambung…

Kirim Pertanyaan
Top