Khasiat Dan manfaat Daun Manggis Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Tidak banyak yang mengetahui bahwasannya manfaat daun manggis ternyata sangat baik bagi kesehatan. Adapun bagi anda yang ingin mengetahui informasinya secara lengkap, maka jangan pernah melewatkan untuk menyimak informasi berikut ini.


Anda mungkin tak asing mendengar kata buah manggis bukan? Ya, buah yang memiliki julukan ratu buah ini merupakan salah satu jenis buah yang banyak di gemari karena rasanya yang manis. Bahkan, semenjak di temukannya ekstrak kulit buah manggis yang mana dapat mengobati berbagai jenis penyakit, kepopuleran buah manggis pun semakin meningkat drastis.

Namun tahukah anda? Selain dari pada itu semua, ternyata masih terdapat banyak manfaat yang bisa kita petik dari tanaman yang satu ini. Diantaranya adalah daunnya. Mungkin hal tersebut belum banyak di ketahui dan di manfaatkan oleh orang, namun semejak saat pengobatan herbal ini di gandrungi, informasi seputar khasiat daun manggispun kian hari semakin banyak di cari.

Khasiat dan manfaat daun manggis bagi kesehatan

Manggis memiliki nama latin Garcinia mangostana adalah salah satu jenis flora tropis yang berasala dari Asia tenggara. Pada umumnya,  pohon manggis yang berkayu sendiri dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian hingga 25 m dan memiliki buah berwarna kulit ungu gelap dengan rasanya yang manis dan segar. Buahnya di percaya manfaat yang baik untuk mengobati penyakit berat mulai dari diabetes hingga penyakit jantung.


Namun selain buahnya, daunnya juga memiliki dampak yang baik bagi kesehatan. Citarasa daunnya yang pait mungkin membuat sebagian orang tak tahan saat meminum ramuannya. Adapun manfaat daun manggis selengkapnya adalah sebagai berikut.

1. Mencegah kanker

Salah satu manfaat yang terkenal dari daun manggis ini adalah mampu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh. Adapun berbagai jenis kanker yang dapat di cegah oleh daun manggis ini sendiri diantaranya adalah kanker usus, kanker hati dan kanker paru-paru. Untuk itu, selain menghindari berbagai pemicu tumbuhnya penyakit kanker, anda juga bisa mengonsumsi daun manggis sebagai pelengkap preventif penyakit kanker secara alami.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Di dalam daun manggis di ketahui terdapat senyawa bernama catechins yang mana merupakan senyawa antioksidan alami yang mana memiliki tugas untuk menangkal radikal bebas. Bahkan sebagain mengklaim bahwa zat ini lebih ampuh menangkan radikal bebas di bandingkan dengan vitamin C maupun vitamin E. Dengan begitu, jika anda rajin mengonsumsi daun ramuan dari daun manggis ini, maka kesehatan tubuh anda akan meningkat dan tidak mudah sakit.

3. Mengurangi rasa sakit pada tubuh

Khasiat lainnya yang bisa anda petik dari daun manggis ini adalah dapat mengurangi hingga meredakan rasa nyeri yang ada pada tubuh kita sehingga tak jarang sering kali menjadi komposisi dalam obat nyeri pinggang serta obat nyeri dada alami. Selain itu daun manggis juga bisa di gunakan untuk meredakan sakit gigi.

4. Mengatasi tekanan darah tinggi

Penyakit tekanan darah tinggi sendiri di sebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah jantung akibat adanya lemak yang menymbat pembuluh darah. Kondisi tersebut sering kali menyebabkan aliran darah menjadi tidak lancar dan membuat jantung menjadi berdetak lebih kencang di banding dengan biasanya. Adapun untuk mengatasinya sendiri anda bisa menggunakan daun manggis, karena di dalamnya terkandung senyawa yang mampu melunakan lemak di dalam pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lancar.

5. Membantu mengatasi lemak mata

Lemak yang menumpuk pada mata tak jarang menjadi penyebab berbagai jenis penyakit mata, yang beberapa diantaranya adala penyakit minus dan rabun jauh. Adapun salah satu bentuk bantuan preventif untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan memanfaatkan daun manggis. Bahkan hal tersebut telah banyak terbukti oleh penderita mata minus. Namun untuk mematikannya, ada baiknya anda mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter mata anda.

6. Menurunkan kolesterol

Kolesterol adalah salah satu momok yang sangat di takuti dewasa ini. Hal tersebut memang di karenakan penumpukan kolesterol sendiri menjadi salah satu penyebab terbentuknya penyakit berat seperti diabetes hingga penyakit jantung. Danadapun untuk mengatasinya, daun manggis mungkin bisa menjadi salah satu alternatifnya. Karena daun manggis sendii memiliki kemampuan untuk menguraikan lemak di dalam darah sehingga kolesterolpun akan ikut terurai.

7. Mengatasi diare

Meski terlihat sepele, namun nyatanya penyakit diarepun dapat berakibat fatal. Untuk itu, jika anda kini tengah mengalami diare, segera atasi dengan oralit dan minum air putih yang cukup. Jika dia perlukan anda juga bisa mengonsumsi ramuan daun manggis yang mana telah menjadi resep pengobatan herbal dari zaman dahulu.

8. Menurunkan berat badan

Bagi anda yang kini sedang menjalani program diet atau menurunkan berat badan, inilah saatnya anda mencoba mengguakan manfaat dari daun kulit manggis. Di dalam daunnya nytanya terdapat suatu zat yang mampu mengurangi lemak dengan cepat sehingga berat badan pun akan berkurang dengan cepat. Anda pun bisa memadukannya dengan daun sirsak, karena daun sirsak sendiri dapat memberikan tenaga ekstra bagi anda sehingga anda tidak akan merasa mudah lelah, lapar sehingga bisa meminimalisir porsi makan anada setiap harinya.

Adapun untuk pengolahnnya, anda bisa mengonsumsi air rebusan daun manggis dengan cara merebus 3 lemabr daun manggis yang telah di cuci brsih dengan menggunakan 2 gelas air hingga mendidih. Setelah agak hangat anda bisa langsung mengonsumsi ramuan tersebut. Jika anda tidak terlalu suka dengan rasa pahitnya, anda bisa menambahkan sedikit gula jawa maupun madu ke dalamnya. Selain itu, anda juga bisa dengan mengonsumsi ekstrak daun manggis baik berupa teh maupun kapsul yang telah tersedia di pasaran.

Nah, itulah berbagai khasiat dan manfaat daun manggis bagi kesehatan tubuh. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan seputar dunia kesehatan herbal bagi anda.

By Nida Saripah - Daun Kamis, 25 Mei 2017 11:42:53

Related Post :
Kesehatan
Bahaya Jika Terlalu Banyak…

Bahaya jika terlalu banyak…

Manfaat
Mengetahui Kebaikan Mengonsumsi Petai…

Dibalik baunya yang khas,…

Manfaat
Nutrisi Pada Sagu Mengandung…

kandungan nutrisi dan manfaat…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Luar biasa! inilah khasiat…

Alami
Obat Tradisional Untuk Mengatasi…

Selain dengan metode pengobatan…

Penyakit

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Daun
Daun
Kirim Pertanyaan
Top