Cara Mengusir Dahak Tanpa Obat Kimia

Cara Mengusir Dahak Tanpa Obat Kimia
Batuk sebagai gejala pneumonia atau gejala bronkitis adalah jenis batuk yang mengeluarkan dahak. Namun ada pula penyakit lain yang memicu peradangan di saluran pernafasan sehingga memberikan kontribusi dalam meningkatkan produksi dahak. Seperti flu dan asma. Berbeda dengan mukus atau lendir yang dihasilkan sinus atau hidung, dahak dihasilkan paru-paru dan sistem pernafasan yang biasanya keluar dari tubuh saat batuk.



Komposisi dahak pada tiap orang berbeda sesuai dengan kondisi genetik, iklim di suatu negara, serta sistem kekebalan tubuh. Namun umumnya dahak terdiri dari imunoglobulin, lipid, glikoprotein, dan zat lainnya. Karena dikeluarkan oleh saluran pernafasan selama terjadi peradangan, dahak memang sering dikaitkan dengan keberadaan penyakit dalam tubuh seseorang. Selain bakteri, dalam dahak juga terkandung pengelupasan bagian dari sel-sel yang mengalami inflamasi atau peradangan. Normalnya dahak berwarna kuning atau hijau yang menjadi pertanda bahwa seseorang sedang terkena infeksi. Jika dahak mengandung darah, maka perlu diwaspadai karena hal itu menandakan tubuh sedang dalam kondisi bahaya.


Berikut akan kami berikan informasi mengenai cara mengatasi dahak memakai bahan-bahan alami:
-Konsumsi makanan pedas. Lewat makanan pedas yang dikonsumsi, dahak bisa dibantu untuk dikeluarkan. Makanan pedas seperti cabai dan lada memiliki fungsi sebagai dekongestan yang mampu menguras sebagian dahak sehingga nafas terasa lega.
-Minum air putih cukup. Adanya dahak dalam tubuh bisa menjadi indikasi mekanisme sistem imun dalam menangkal penyakit. Untuk meringankan tugas sistem imun, konsumsi air yang cukup. Minimal 8 gelas per hari.
-Ramuan lemon, teh, dan madu. Campuran ketiganya ke dalam secangkir air hangat terbilang efektif dalam mengeluarkan dahak dari saluran nafas. Terlebih lemon yang mampu memecah mukus serta madu yang berfungsi untuk membuat tenggorokan terasa lebih lega.
-Sup ayam. Makanan berkuah hangat juga bisa membantu dahak keluar. Konsumsi sup ayam buatan rumah tanpa menggunakan MSG atau penyedap rasa. Untuk membuat tenggorokan lebih nyaman, bisa menambahkan sedikit jahe.
-Roti panggang. Makanan yang satu ini bisa menyerap dahak yang menempel pada tenggorokan. Dahak yang terserap akan tertelan bersama roti.
-Berkumur-kumur dengan air garam. Campur air hangat dengan setengah sendok teh garam. Lalu gunakan untuk berkumur-kumur beberapa menit. Hal tersebut dipercaya mampu membantu mengeluarkan dahak dari dalam paru-paru.


Jika dahak tetap terasa dan mengganggu aktivitas sehari-hari, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan pengobatan medis.

By Diane Rosse A.Md.Keb - Alami Rabu, 08 Juni 2016 04:28:21

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • pertanyaan

    1 Balasan

    Alami

    ada ga hasiat daun tembakau untuk pertanian Padi sawah

  • Bahan Alami Untuk Atasi Penyakit Maag

    1 Balasan

    Alami

    Dok, kalau untuk mengatasi sakit maag, bahan - bahan alami apa yang bisa gunakan?

  • sakit sciatica

    1 Balasan

    Alami

    apakah obat yg tepat utk penyakit ini

  • Tanya takaran qnc jelly gamat

    1 Balasan

    Alami

    Sore pak saya mau nanya takaran qnc jelly gamat untuk bayi usia 4 bulan??anak saya sakit infeksi paru2.terimakasih

  • obat tradisional untuk mengatasi sakit gigi

    1 Balasan

    Alami

    Belakangan ini saya sering sakit gigi. sudah berkumur dengan air garam , tapi sakit gigi yang saya alami belum sembuh juga. Apakah ada obat tradisional untuk mengatasi sakit gigi ?


Alami
Obat Keputihan Alami Pada Wanita Karena Jamur

Obat keputihan alami gatal, perih…

Alami
Obat Jantung Lemah Berdebar Herbal

Obat Jantung Lemah Berdebar Herbal…

Alami
Tambah Pertanyaan
Top