Tips Cara Mengatasi Bibir Pecah-Pecah Dan Perih Saat Puasa

Share dan Tag Temanmu di :

Cara mengatasi bibir pecah-pecah dan  kering adalah salah satu topik yang cukup banyak di cari terutama seperti dalam kondisi menjankan ibadah puasa seperti saat sekarang ini. Apakah anda salah satunya? untuk itu, kami harap anda dapat menyimak informasi yang akan kami sampaikan pada kesempatan kali ini.


Bibir pecah-pecah, kering dan perih merupakan salah satu permasalahan kesehatan yang sering kali di hadapi mereka yang tengah menjalani ibadah puasa. Kondisi tersebut umumnya terjadi di akibatkan oleh kurangnya asupan cairan di dalam tubuh. Bagaimana tidak, hampir selama 14 jam selama sebulan penuh tubuh tidak mendapatkan pasokan makanan maupun minuman. Dan sebagai imbasnya, kemungkinan tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan menjadi semakin besar.

Beberapa cara efektif mengatasi bibir kering, perih dan pecah-pecah yang biasanya dapat di lakukan adalah dengan mencukupi asupan cairan tubuh dengan mengonsumsi cukup air putih, mengonsumsi sayuran dan buah yang mengandung banyak air. Namun, berhubung di bulan ramadhan umat muslim pada siang harinya di larang untuk makan dan minum, maka untuk tips untuk mengatasi masalah bibir pecah akan sedikit berbeda. Lalu, bagaimana cara mengatasi bibir pecah-pecah dan kering saat puasa? Penjelasan lebih rincinya bisa anda simak dalam uraian di bawah ini.

10 Tips cara mengatasi bibir pecah-pecah dan perih secara alami saat puasa

Berikut adalah tips ataupun cara alami mengatasi bibir pecah pecah, kering, perih, luka, hingga berdarah (akibat bibir yang terlalu kering) yang aman pada bayi, balita hingga ibu hamil dengan cepat selama berpuasa ataupun di luar waktu tersebut.

1. Perbanyak mengonsumsi air putih saat sahur dan berbuka
Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwasannya air putih adalah  sumber cairan yang paling baik bagi tubuh kita. Dan seperti pada uraian sebelumnya mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh adalah salah satu cara yang bisa di tempuh untuk mengatasi masalah bibir pecah-pecah yang anda alami. Meski tengah berpuasa anjuran mengonsumsi air putih minimal sebanyak 8 gelas masih berlaku.  Caranya anda bisa mencukupinya dengan mengonsumsi air putih saat sahur, berbuka, selang waktu setelah berbuka dan juga pada saat sahur.

2. Konsumi buah dan sayur segar
Selain memperhatikan asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh, cara alami lainnya untuk mengobati bibir pecah saat berpuasa adalah dengan mengonsumsi buah dan sayur segar. Sayur dan buah sendiri merupakan sumber vitamin dan mineral seperti halnya vitamin C, A, E, zat antioksidan serta asam lemak esensial. Beberepa kandungan tersebut merupakan nutrisi terbaik yang dapat melembabakan kulit serta menyembuhkan bibir kering dan pecah-pecah. Ini berlaku untuk hari lainnya selain saat berpuasa.

3. Hindari kebiasaan menjilat bibir
Salah satu kebiasaan seperti menjilat bibir ternyata kurang baik untuk kesehatan permukaan kulit pada bibir anda. Meski pada seketika bibir menjadi anda menjadi lembab, tidak kering dan juga dan tampak sedikit cerah. Namun hal tersebut hanya bersifat sesaat. Bahkan selanjutnya justru dapat membuat permukaan kulit bibir anda menjadi semakin kering di banding sebelumnya. Maka dari itu, jika anda tengah mengalami masalah buibir kering, pecah-pecah dan perih untuk tidak melakukan kebiasaan tersebut.

4. Madu
Bahan alami yang satu ini sangat terkenal di jadikan sebagai obat bibir perih akibat bibir kering dan pecah-pecah. Caranyapun cukup mudah, yaitu hanya dengan mengoleskan madu tersebut pada seluruh permukaan kulit bibir anda. Adapun untuk waktu penggunaannya selama bulan ramadhan, anda bisa melakukannya sebelum tidur di malam hari dan membersihkannya ketika saat bangaun tidur di keesokan pagi harinya.

5. Menggunakan patroleum jelly
Selain dengan menggunakan madu, mengatasi bibir pecah-pecah dan keringpun dapat di lakukan dengan menggunakan perrawatan khusus, seperti halnya menggunakan produk petroleum jelly. Adapun untuk tata cara oppenggunaanya, cukup dengan mengoleskan petroleum jelly secara rutin antara 2 sampai 3 kali dalam perminggunya. Dan adapaun untuk waktu perawatannya sama halnya dengan penggunaan madu.

6. Menggunakan lip balm
Perawatan lainnya yang dapat di lakukan untuk mengatasi masalah bibir pecah-pecah adalah dengan menggunakan lip balm. Namun sebelum menggunakannya, anda perlu memilih dan memperhatikan kandungannya yang mana harus menggunakan pelembab (mosturizer), minyak alami, serta usahakan memiliki label SPF (sun protecting factor). Yang mana seluruh kandungan tersebut bisa mencegah bibir anda menjadi kering dan pecah-pecaha, mengatasi bibir perih, hingga melindungi permukaan kulit bibir anda dari paparan sinar matahari secara langsung.

7. Jauhi makanan terlalu pedas dan asin
Jika anda kini tengah mengalami masalah bibir perih dan juga kering, usahakan pada saat berbuka dan sahur tidak mengonsumsi makanan yang memiliki citarasa pedas dan asin. Karena pada umumnya jenis makanan tersebut dapat menyebabkan mulut dan bibir mudah kering. Dan selain itu, dapat menyebabkan anda menjadi mudah haus.

8. Membersihkan sel kulit mati pada bibir
Bibir kering dan pecah-pecah biasanya mengelupas, yang mana itu adalah sel kulit yang telah mati. Sebelum sel kulit tersebut membuat bibir anda menjadi perih dan juga tidak nyaman, maka ada baiknya jika anda membersihkannya terlebih dahulu. Perawatan ini bisa anda alakukan minimal satu kali dalam seminggu. Adapun untuk caranya, terlebih dahuklu anda bisa basahi bibir dengan menggunakan air hangat. Setelah itu, anda bisa menggosok bibir dengan menggunaan sikat gigi yang memiliki bulu lembut, seperti halnya sikat gigi bayi maupun blita. Lakukan secara lembut dan perlahan agar tidak melukai bbir kering anda.

9. Hindari kebiasaan mengelupas kulit bibir
Jika anda kini memiliki kebiasaan buruk menggeluiti atau mengelupas kulit bibir yang pecah dengan tangan anda sebaiknya mulai sekarang anda hentikan kebiasaan buruk tersebut. Hal tersebut dikarenakan kebiasaan buruk tersebut malah dapat memperparah kondisi bibir anda, seperti halnya infeksi hingga mengeluarkan darah. Maka dari itu, hentikan kebiasaan buruk tersebut dan ganti dengan menggunakan perawatan yang berguna untuk mengatasi masalah bibir kering anda dengan cara yang telah di uraikan sebelumnya.

10. Jauhi makanan maupun minuman brkafein
Dan tips yang terakhir untuk mengatasi masalah bibir perih, pecah-pecah dan kering ini adalah dengan sementara menghindari segala jenis makanan maupun minuman yang mengandung kafein. Hal tersebut di latar belakangi akibat kafein sendiri nyatanya dapat mengurangi kelembaban pada bibir. Maka dari itu, untuk sementara waktu jika anda kini memiliki kebiasaan menyeduh kopi, maka untuk sementara anda bisa menggatinya dengan minuman teh maupun chamomile, yang justru lebih berkhasiat dan baik untuk kesehatan.

Nah, itulah berbagai tips dan cara mengatasi bibir pecah-pecah dan perih yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan juga bisa menambah kekhusuan anda selama menjalani ibadah puasa di bulan ramadhan ini. Salam sehat!

By Nida Saripah - Tips Senin, 29 Mei 2017 09:00:53

Related Post :
Alami
Cara Mengobati Eksim Basah…

Cara mengobati eksim basah…

Obat Kimia
Obat Penyakit Aritmia Jantung…

Amiodarone bisa menjadi solusi…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Luar biasa! inilah khasiat…

Penyakit
Kenali Penyebab Milia Dan…

Kenali penyebab dan jenis…

Ibu Hamil
Dampak Dan Bahaya Mendengkur…

Dampak dan bahaya mendengkur…

Manfaat
Kandungan dan Manfaat Terong…

Kandungan dan manfaat terong…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Mengatasi Otak yang Sedang Malas dengan Minuman Herbal

Tips mengatasi otak yang sedang…

Tips
Ketahui Penyebab Bibir Hitam dan Cara Mengatasinya

Ketahui penyebab bibir hitam yang…

Tips
Kirim Pertanyaan
Top