Pantangan Makanan Bagi Penderita Infeksi Paru

Share dan Tag Temanmu di :

Sistem pernafasan merupakan salah satu sistem dalam tubuh yang dapat menunjang kelancaran ketika kita menghirup dan menghembuskan nafas. Jika salah satu organ dalam sistem pernafasan, misalnya paru-paru, mengalami masalah, tentu bisa dibayangkan apa yang akan terjadi pada tubuh. Meskipun hanya terjadi sebentar, namun ini tetap akan memberikan dampak pada tubuh, bahkan bisa berujung kematian. 

Mengingat akan pentingnya fungsi dari sistem pernafasan tersebut, maka sudah sepatutnya kita menjaga dan memelihara kesehatan sistem pernafasan. Infeksi paru merupakan salah satu gangguan yang bisa menyerang saluran pernafasan. Penyakit yang menyerang bagian paru ini tentu menjadi ancaman yang berbahaya. 


Ketika kita telah didiagnosa mengalami infeksi paru, tentu kita harus melakukan langkah pengobatan. Mengonsumsi obat infeksi paru merupakan solusi yang banyak dipilih untuk mengatasi infeksi paru. Namun, selain itu, alangkah baiknya Anda juga memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Pasalnya, makanan bisa memberikan dampak terhadap penyakit infeksi paru yang dialami. 

Terdapat beberapa jenis makanan yang tidak dianjurkan dikonsumsi oleh penderita infeksi paru. Karena diketahui makanan tersebut dapat memperburuk kondisi infeksi yang terjadi. Berikut ini pantangan makanan bagi penderita infeksi paru yang harus dihindari :

  • Junk food atau makanan cepat saji

Seperti yang telah diketahui, makanan cepat saji memiliki kandungan yang tidak baik bagi tubuh. Terlebih lagi bagi mereka yang mengidap penyakit tertentu, termasuk penyakit infeksi paru.

  • Daging kambing

Jenis makanan olahan daguing kambing merupakan salah satu meni makanan yang tidak dianjurkan bagi penderita infeksi paru. Hal ini disebabkan karena kandungan yang terdapat pada daging kambing berisiko untuk membentuk zat nitrosamin, sehingga dapat memicu peradangan para paru-paru dan memperburuk kondisi infeksi paru yang terjadi. Jika terus dibiarkan, maka kondisinya akan berubah menjadi radang paru-paru atau pneumonia.

  • Terasi merah

Terasi merah menjadi salah satu pantangan makanan bagi penderita infeksi paru yang harus dihindari. Terasi merah memiliki kandungan zat rhodamin B yang dapat memicu iritasi pada bagian saluran pernafasan. Jika penderita terus mengonsumsi terasi merah, maka zat tersebut dapat berpotensi memicu terjadinya peradangan yang lebih parah di saluran pernafasan. 

  • Ikan asin

Sama halnya dengan daging kambing, ikan asin juga memiliki kandungan zat nitrosamin yang tinggi. Maka dari itulah, penderita infeksi paru disarankan untuk tidak mengonsumsi ikan asin.

Dengan mengatur pola makan sehat dan menghindari beragam pantangan makanan bagi penderita infeksi paru, risiko penyakit infeksi paru bisa dikurangi dan juga bisa membantu dalam proses pengobatan infeksi paru yang sedang diajalani. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Kesehatan Senin, 29 Mei 2017 09:32:10

Related Post :
Tips
Resep Obat Ginjal Tradisional…

Resep Obat Ginjal Tradisional…

Kesehatan
Mengejutkan ! Ternyata Begadang…

Mungkin banyak yang berpendapat…

Ibu Dan Anak
Tips Cara Mengajari Bayi…

Tips cara mengajari bayi…

Penyakit
Berbagai Faktor Pemicu Biduran…

Urtikaria aatu biduran merupakan…

Ibu Dan Anak
Cara Mengajari Anak Menggosok…

Menggosok gigi merupakan salah…

Manfaat
Khasiat Dan Manfaat Buah…

Inilah manfaat buah tin…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Kesehatan
Pernah Merasa Ketindihan Saat Tidur? Ini Penyebabnya

Pernah merasa ketindihan saat tidur?…

Kesehatan
Mengetahui Penyebab Proctalgia Fugax Serta Gejalanya

Tahukah anda apa itu proctalgia…

Kirim Pertanyaan
Top