Manfaat Kandungan Gizi Buah Kurma Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat Kandungan Gizi Buah Kurma Bagi Kesehatan

Kurma buah yang berasal dari Arab Saudi yang memiliki nama latin Phoenix Dactylifera dan memiliki warna hitam kecoklatan dengan rasa yang manis hingga saat ini telah banyak menyebar hampir ke seluruh Negara, termasuk Indonesia. Rasa yang manis dan lezat buah kurma serta memiliki tekstur daging yang lembut dan memiliki biji didalamnya yang dapat dikonsumsi dengan cara dimakan langsung atau dibuat jus segar. Dibandingkan dengan kurma muda yang tidak terlalu populer karena kurma muda memiliki ciri sebagai berikut :

  • Daging dan kulit kurma muda lebih keras.
  • Ukuran kurma muda lebih kecil.
  • Bagian dalam kurma muda terdapat warna putih seperti kelapa.
  • Kurma muda memiliki rasa yang tidak smeanis kurma matang.


Sedangkan kurma matang memiliki beragam vitamin dan mineral yang merupakan sumber energi, gula, serat, dan mineral penting seperti zat besi, kalsium, sodium, fosfor, magnesium, potassium, dan zinc serta mengandung vitamin A dan K, riboflavin, niacin, folate, thiamin.

Berikut ini Manfaat Kandungan Gizi Buah Kurma Bagi Kesehatan Tubuh

1. Kesehatan dan kekuatan tulang

Kandungan mineral yang sangat tinggi pada kurma mampu pertumbuhan dan memperkuat tulang dan melawan penyakit osteoporosis khususnya bagi orang-orang yang mulai menua.

2. Anemia

Kandungan zat besi pada kurma dapat dijadikan suplemen diet bagi penderita anemia serta mampu menyeimbangkan kekurangan zat besi serta rasa lelah dan letih disaat bersamaan.

3. Menaikan berat badan

Jika anda mengkonsumsi kurma dengan adonan mentimun anda dapat menjaga berat badan tetap seimbang, normal, tidak terlalu kurus karena 1 kg kurma mengandung lebih kurang 3 ribu kalori untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh manusia.

4. Kesehatan sistem saraf

Kandungan potasium dan vitamin pada kurma membantu meningkatkan kesehatan dan fungsi sistem saraf dan meningkatkan kecepatan dan kesiagaan aktivitas otak. Maka dari itu, kurma sumber makanan yang baik bagi orang-orang yang menua dan daya sistem saraf yang menurun dan juga untuk menjaga ketajaman pikiran.

5. Masalah seksual

Menurut penelitian kurma mampu meningkatkan stamina seksual dengan cara direndam semalam dalam susu kambing murni lalu giling dan dicampur dengan madu serta serbuk kapulaga. Sehingga caampuran ini menjadi tonik yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan seksual dan mengurangi sterilitas yang disebabkan oleh gangguan seksual.

6. Mengatasi mabuk

Kurma juga sering digunakan sebagai obat untuk atasi mabuk alkohol karena kurma dapat memberikan kelegaan dalam waktu yang cepat dan menyadarkan anda. Kurma juga bisa digunakan besok harinya untuk mencegah rasa pening akibat mabuk dan untuk mendapatkan hasil maksimal pijat dan rendamlahlah kurma semalaman.

7. Konstipasi

Kurma dikenal sebagai makanan pencuci perut sehingga kurma sering dikonsumsi oleh penderita konstipasi. Untuk mendapatkan hasil yang optimal konsumsi kurma dengan cara rendam kurma dalam air semalaman lalu makan kurma sehingga menjadi seperti sirup. Selain itu, kurma memiliki kandungan serat tinggi yang bermanfaat bagi kesehatan perut, memperlancar buang air besar, sehingga dapat menyembuhkan gejala konstipasi.

8. Gangguan usus

Kurma mengandung nikotin yang bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit gangguan usus. dengan mengonusmsi 3 buah kurma setiap hari mampu membantu menghambat pertumbuhan organisme patologis dan membantu menstimulasi bakteri pada usus. Sedangkan kandungan asam amino dan serat larut dan tidak larut pada kurma bermanfaat untuk menstumulasi pencernaan makanan dan membuat pencernaan lebih efisien yakni lebih banyak nutrisi yang akan diserap oleh sistem pencernaan.

9. Alergi

Kandungan sulfur organic yang dimiliki kurma dapat mengurangi reaksi alergi dan alergi musiman. Menurut penelitian tahun 2002 mengatakan bahwa kandungan sulfur organic pada kurma memiliki dampak positif pada penderita rhinitis alergi yang mempengaruhi 23 juta penduduk AS.

10. Diare

Kandungan potasium dan serat larut yang dimiliki kurma sangat efektif untuk mengendalikan diare, membantu meringankan diare kronis, membantu kinerja usus serta mempromosikan fungsi sistem pembuangan yang sehat dan normal.

Bagaimana setelah anda mengetahui manfaat kurma yang begitu luar biasa? Maka konsumsilah setiap hari 3 buah kurma dan rasakan manfaatnya.

By Ana Rediana - Manfaat Senin, 29 Mei 2017 10:24:12

Related Post :
Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Teripang…

Kandungan dan manfaat teripang…

Manfaat
Manfaat Dibalik Nikmatnya Daging…

Dibalik rasanya yang nikmat,…

Kesehatan
Ini Anjuran Dan Pantangan…

Berikut adalah anjuran dan…

Alami
Cara Alami Mengobati Luka…

Cara alami mengobati luka…

Penyakit
Mengenal Berbagai Jenis Rematik…

Berikut adalah berbagai macm…

Manfaat
Ini Manfaat Yang Di…

Informasi manfaat dan khasiat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Manfaat
Manfaat Trigliserida dalam Tubuh yang Perlu Diketahui

Jika dalam kadar normal, trigliserida…

Manfaat
Kandungan Gizi Dan Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan

Inilah kandungan gizi dan manfaat…

Kirim Pertanyaan
Top