5 Kesalahan Ketika Buang Air Besar Yang Harus Dihindari

Share dan Tag Temanmu di :

Buang air besar adalah salah satu kegiatan yang dilakukan setiap hari. Namun, sebagian banyak orang tidak menyadari kalau sebagian dari mereka melakukan kesalahan ketika buang air besar. Bahkan mungkin sebagian orang menganggap bahwa tidak ada peraturan ketika buang air besar. Padahal ada beberapa kesalahan yang harus dihindari ketika buang air besar.


5 Kesalahan Ketika Buang Air Besar Yang Harus Dihindari

Mengejan terlalu keras

Kesalahan ketika buang air besar yang harus dihindari adalah mengejan terlalu keras. Karena mengejan terlalu keras dapat sangat berbahaya diantaranya  dapat mengakibatkan cidera pada usus besar dan bisa menekan sistem pencernaan bagian bawah yang dapat menyebabkan meningkatkannya peredaran darah di ujung saluran cerna. Jika hal ini terjadi secara terus-menerus, maka dapat menimbulkan penyakit ambeien.

Memaksakan untuk buang air besar

Memasakan untuk buang air besar adalah salah satu kesalahan yang sering dilakukan. Padahal bila memang mengalami susah buang air besar, jangan memaksakan dan menekannya supaya feses keluar. Bila anda mengalami susah buang air besar ada beberapa cara yang bisa dilakukan diantaranya jalan kaki 10-15 menit, minum air putih yang banyak, konsumsi makanan yang kaya akan kandungan serat dan bila perlu konsumsi obat susah buang air besar alami.

Menggunakan toilet duduk

Sebagian besar orang lebih memilih menggunakan toilet duduk dibandingkan menggunakan toilet jongkok. Padahal lebih sehat toilet jongkok daripada toilet duduk. Hal ini dikarenakan posisi tubuh ketika BAB di toilet jongkok akan membuat gerakan usus lebih cepat dan dapat BAB lebih lancar juga cepat.

Berbeda dengan orang yang menggunakan toilet duduk ketika buang air besar, dapat membuat otot menjadi tertekuk. Sehingga terkadang harus mengejan ketika buang air besar. Dan sudah dijelaskan sebelumnya bahwa sering mengejan atau bahkan mengejan terlalu keras dapat sangat berbahaya.

Menahan buang air besar

Mungkin anda pernah atau bahkan sering mendengar  jangan menahan buang air besar karena tidak baik bagi kesehatan. Memang benar menahan buang air besar apalagi sering, karena bahaya sering menahan buang air besar diantaranya menyebabkan tinja menjadi mengeras dan dapat menyebabkan gangguan kesehatan yaitu sembelit dan kanker usus.

Menggunakan tisu saat cebok

Apakah anda sering cebok dengan menggunakan tisu? bila memang anda terbiasa cebok dengan menggunakan tisu, sebaiknya mulai sekarang jangan lakukan hal ini lagi. Karena tidak baik bagi kesehatan yaitu dapat membuat sekitar anus menjadi terluka jika menggunakan tisu yang kasar.

Membersihkan sisa kotoran yang tepat adalah dengan menggunakan air. Dan harus hati-hati membersihkan kotoran di anus, jangan sampai mengenai bagian vagina. Sebab bila kotoran tertinggal di bagian anus mengenai vagina, maka dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius pada bagian vagina yaitu infeksi kandung kemih.

Itulah kesalahan yang harus dihindari ketika buang air besar. Setelah anda mengetahui kesalahan apa saja yang harus dihindari ketika buang air besar, dan bagi anda yang sering melakukan salah satu atau beberapa kesalahan tersebut maka sebaiknya mulai sekarang hindari kesalahan ketika buang air besar.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Senin, 29 Mei 2017 10:43:37

Related Post :
Manfaat
Manfaat Buah Semangka Untuk…

Manfaat buah semangka untuk…

Manfaat
Manfaat Air Kelapa Muda…

Manfaat dan khasiat air…

Manfaat
Kandungan Gizi Dan Manfaat…

Sama seperti jenis ikan…

Tips
Pertolongan Pertama Luka Bakar…

Berikut tips dan cara…

Kesehatan
Daftar Menu Sarapan Sehat…

Daftar menu sarapan sehat…

Kesehatan
Bahaya Obesitas Bagi Kesehatan…

Bahaya obesitas bagi kesehatan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya

  • Penyakit Liver kronis

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa sakit liver itu selain perut buncit kaki juga bengkak? Sebabnya apa? Krn banyak minum?


Kesehatan
Obat Alami Menghilangkan Keloid Dengan Cepat dan Aman

Obat alami menghilangkan keloid dengan…

Kesehatan
Penyebab Seluruh Badan Gatal Dan Bentol

Berikut ini adalah informasi tentang…

Kesehatan
Demam Menggigil? Ini Penyebab Dan Cara Pengobatannya

Kenali berbagai penyebab demam menggigil…

Kirim Pertanyaan
Top