Pilihan Menu Sahur yang Baik Bagi Penderita Sakit Maag

Share dan Tag Temanmu di :

Menjalankan puasa merupakan salah satu kewajiban bagi setiap muslim pada bulan Ramadhan. Namun, perlu diperhatikan, bagi penderita maag jangan sampai gangguan pada lambung ini menghalangi niat baik Anda untuk menjalankan ibadah puasa tahun ini. 

Penderita maag terkadang sering merasa tidak nyaman pada saat berbuka puasa. Begah, kembung, dan nyeri lambung sering terjadi setelah berbuka puasa. Disamping itu, perubahan waktu makan juga bisa berpengaruh pada penderita sakit maag. 

Pilihan Menu Sahur yang Baik Bagi Penderita Sakit Maag Agar Tidak Kambuh


Agar sakit maag tidak kambuh selama berpuasa, Anda harus cermat dalam memilih makanan yang tepat untuk menu makan sahur.  Berikut ini beberapa pilihan menu sahur yang baik bagi penderita sakit maag, diantaranya adalah :

  • Lemak

Kacang-kacangan dan alpukat merupakan salah satu jenis sumber lemak yang dapat dikonsumsi oleh penderita maag. Namun, disamping itu, penderita maag juga harus menghindari makanan sumber lemak jahat, seperti diantaranya adalah makanan yang digoreng atau makanan bersantan.

  • Karbohidrat

Karbohidrat kompleks merupakan pilihan yang tepat sebagai menu sahur bagi penderita maag. Hal ini disebabkan karena karbohidrat kompleks dicerna lebih lama, sehingga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Nasi merah, roti gandum, dan sereal gandum merupakan beberapa pilihan sumber karbohidrat kompleks yang bisa Anda pilih. 

  • Vitamin dan mineral

Pada saar sahur, penderita maag disarankan untuk mengonsumsi sayuran berwarna hijau atau merah serta buah-buahan. Namun, perlu diperhatikan, Anda harus menghindari sayuran yang dapat menghasilkan gas, seperti kol, kubis, dan brokoli, karena dapat memicu perut kembung

  • Protein

Protein sangat baik sebagai menu sahur. Bagi penderita maag, terdapat beberapa sumber protein yang bisa dijadikan pilihan, seperti diantaranya daging sapi rendah lemak, ayam tanpa kulit, ikan, tahu, tempe, atau telur. 

Pada waktu makan sahur, sebaiknya penderita maag menghindari makanan bergas seperti kol, sawi, nagka, dan pisang. Selain itu, penderita maag juga disarankan untuk tidak minum kopi. Hindari juga makanan yang merangsang, seperti asam dan perdas, hindari makanan yang melemahkan klep kerongkongan seperti coklat, gorengan, tinggi lemak. 

Penderita maag harus memperhatikan menu berbuka dan makan sahur dengan baik. Hal ini disebabkan karena penderita maag tidak boleh mengonsumsi makanan secara sembarangan, terutama jenis makanan yang dapat memicu naiknya asam lambung. Hal ini sangat penting diketahui oleh penderita maag agar bisa menjalankan ibadah puasa dengan nyaman. Selain itu, pastikan Anda minum obat maag 15 menit sebelum menyantap menu sahur yang disarankan. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Kesehatan Senin, 29 Mei 2017 13:54:07

Related Post :
Manfaat
Manfaat Bunga Melati Untuk…

Bunga melati mempunyai nama…

Kesehatan
Vaksin Dan Langkah Pencegahan…

Vaksin dan langkah pencegahan…

Tips
Camilan Makanan Ringan Sehat…

Camilan Makanan Ringan Sehat…

Penyakit
Tanda-tanda Awal Penyakit Parkinson…

Tanda-tanda awal penyakit parkinson…

Kesehatan
Awas! Penyakit Ini Timbul…

Awas!! Penggunaan ponsel secara…

Alami
Obat Asam Urat Alami…

Obat asam urat dari…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Mengenal Penyebab Batuk Berdahak Berkepanjangan

Informasi tentang batuk berdahak, penyebab,…

Kesehatan
Kesehatan
Pantangan Makanan Bagi Penderita Sakit Tenggorokan

Pantangan makanan bagi penderita sakit…

Kirim Pertanyaan
Top