Manfaat Jamur Tiram Sebagai Tanaman Herbal Untuk Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat Jamur Tiram Sebagai Tanaman Herbal Untuk Kesehatan
Jamur tiram, dewasa ini biasanya dijadikan sebagai jajanan ringan yang diolah dengan cara digoreng. Makanan yang bernama latin Pleurotus ostreatus ini mungkin sudah tidak asing di lidah kebanyakan masyarakat Indonesia. Beberapa seringkali menjadikannya sebagai lauk pauk. Kandungan benzaldehida yang ada pada jamur tiram membuatnya terasa pahit, namun tidak terlalu kentara.



Makanan yang satu ini telah lama dipakai masyarakat untuk mengatasi diabetes, infeksi, kanker, dan hiperlipidemia. Sebuah penelitian medis yang dilakukan terhadap binatang menunjukkan bahwa potensi jamur ini bisa sebagai pengatur sistem imun, antitumor, serta memberikan efek penurunan lipid darah. Lebih luasnya, jamur ini memiliki manfaat untuk menyehatkan lingkungan dalam ekosistemnya.


Jamur tiram sebenarnya tergolong jamur liar yang bisa tumbuh dengan mengandalkan media berupa jerami atau serbuk kayu. Umumnya jamur digunakan sebagai penyerap kontaminan lingkungan seperti merangsang mikroba dan aktivitas enzim serta mengurangi racun. Bahkan ada pula jamur yang mampu menyerap logam berat.


Jamur tiram mengandung zat lovastatin yang biasanya dibikin obat statin. Obat ini dimanfaatkan untuk para pengidap hiperkolesterolemia untuk menurunkan kadar kolesterol atau lipid dalam darah yang terlalu tinggi. Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap binatang menunjukkan konsumsi jamur tiram bisa memberikan efek penurunan kadar lipid dalam darah.  Namun tidak berlaku untuk pasien HIV yang mempunyai kadar kolesterol tinggi akibat dari mengonsumsi obat antireroviral.
Potensi lain yang terdapat dalam jamur tiram adalah obat anti tumor. Penelitian yang dilakukan terhadap tikus membuktikan bahwa tikus yang menderita tumor bisa memiliki harapan hidup lebih panjang karena mengonsumsi jamur tiram. Namun sayangnya manfaat ini memang belum terbukti secara ilmiah pada manusia.


Jamur tiram juga memiliki sifat antijamur karena adanya zat peptide atau pleurostrin yang terdapat dalam tubuhnya. Sebuah penelitian yang mengisolasi zat peptide ini menunjukkan adanya aktivitas menghalangi pertumbuhan beberapa jenis jamur seperti Fusaerium oxysporum yang bisa menimbulkan infeksi pada manusia. Namun untuk mendukung temuan ini diperlukan adanya penelitian lain.


Manfaat lain dari jamur tiram untuk kesehatan yang pernah dibuktikan pada manusia adalah kondisi infeksi saluran pernafasan atas. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa jamur tiram memiliki efek anti alergi. Penelitian lainnya menunjukkan bahwa jamur tiram mampu meningkatkan kadar hormon insulin serta menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Memang manfaat jamur tiram terbilang banyak, namun tetap harus hati-hati dalam menggunakannya. Terlebih ketika Anda memiliki alergi terhadap jamur ini.

By Diane Rosse A.Md.Keb - Alami Jum'at, 10 Juni 2016 10:41:05

Related Post :
Kesehatan
Ternyata Senyum Juga Menyehatkan…

Tersenyum bisa diartikan sebagai…

Kesehatan
Pantangan Makanan Bagi Penderita…

Pantangan makanan bagi penderita…

Daun
Kegunaan Dan Manfaat Daun…

Kegunaan dan manfaat daun…

Kesehatan
Buah Dan Sayur Yang…

Informasi tentang buah dan…

Ibu Dan Anak
Ciri-ciri Bayi Tidak Cocok…

Ciri-ciri bayi tidak cocok…

Penyakit
Sering Mendengkur Keras Saat…

Sering mendengkur dengan keras…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan



Alami
Cara Mengatasi Penebalan Dinding Rahim Dengan Bahan Alami

Cara mengatasi penebalan dinding rahim…

Alami
Cara mengatasi Sakit Kepala Secara Alami Tanpa Obat

Cara mengatasi sakit kepala secara…

Alami
Kirim Pertanyaan
Top