Kenali Penyebab Dan Tanda Bayi Susah Buang Air Besar

Share dan Tag Temanmu di :

Susah buang air besar tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja, tapi juga dapat terjadi pada bayi. Bedanya bila bayi mengalami susah buang air besar, maka biasanya bayi rewel dan menangis. Bayi mengalami susah buang air besar bila selama beberapa hari tidak buang air besar. Hal ini bisa disebabkan oleh feses yang keras sehingga feses pun sulit untuk dikeluarkan.


Jadwal buang air besar pada orang dewasa berbeda dengan orang dewasa. Pada orang dewasa mempunyai jadwal yang teratur ketika buang air besar. Sedangkan pada bayi, mempunyai jadwal tidak teratur ketika buang air besar. Bahkan bayi baru lahir sampai usia 1 tahun buang air besarnya bisa maksimal 8 kali sehari. Namun berbeda dengan bayi yang diberi susu formula biasanya akan lebih jarang BAB.

Penyebab Bayi Susah BAB

Memberikan susu formula pada bayi

Penyebab susah buang air besar pada bayi adalah bayi diberi susu formula saat usia dibawah 6 bulan. Hal ini dikarenakan susu formula tidak dapat mudah dicerna oleh usus bayi dan tentunya hal ini bisa menjadi sangat berat bagi usus bayi. Oleh karena itu, bila anda memungkinkan untuk memberikan ASI pada bayi anda, sebaiknya berikan ASI pada bayi anda.

Memberikan makanan pendamping ASI pada bayi tidak pada waktunya

Memberikan makanan pendamping ASI pada bayi tidak pada waktunya bisa menjadi penyebab susah buang air besar pada bayi. Padahal usia bayi yang masih dibawah 6 bulan tidak diperbolehkan untuk diberikan makanan, sebab sistem pencernaan bayi belum siap mencerna makanan. Namun hanya bisa mencerna ASI saja.

Memberikan susu formula terlalu kental

Tidak hanya memberikan makanan pendampin ASI di bawah 6 bulan saja yang menjadi penyebab susah buang air besar pada bayi, memberikan susu formula terlalu kental juga dapat menjadi penyebab susah buang air besar pada bayi. Hal ini dikarenakan usus bayi belum berkembang sempurna. Oleh karena itu, bagi anda yang tidak memberikan ASI pada bayi anda, dan diharuskan untuk memberikan susu formula. Maka sebaiknya jangan memberikan susu formula yang kental pada bayi anda.

Kekurangan cairan


Kekurangan cairan juga bisa menjadi penyebab bayi susah buang air besar. Kekurangan cairan tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja, tapi juga dialami oleh bayi yang menyebabkan bayi susah BAB. Oleh karena itu anda harus mengetahui apakah bayi anda menerima cukup cairan atau tidak. Dan juga anda harus mengetahui bahwa bayi memiliki mempunyai jadwal minum ASI ataupun susu formula secara rutin. Jadi bila anda memberikan ASI pada bayi anda, sebaiknya berikan ASI secara rutin.

Penyebab lainnya susah buang air besar pada bayi adalah gangguan usus, kelainan syaraf usus besar, dan sistem pencernaan bayi anda belum sempurna.

Tanda dan ciri-ciri bayi susah buang air besar

  • Bayi tidak buang air besar bila selama beberapa
  • Bayi buang air besar 3 kali seminggu
  • Feses sulit keluar karena tekstur feses keras
  • Bayi rewel dan juga menangis sambil mengangkat kakinya.

Itulah beberapa penyebab dan tanda bayi susah buang air besar. Bila tanda dan ciri-ciri diatas terjadi pada bayi anda , sebaiknya periksakan pada dokter.

By Rizka Ardiana - Ibu Dan Anak Selasa, 30 Mei 2017 11:17:38

Related Post :
Kesehatan
Karena Alasan Ini Demam…

Meskipun terkadang mengkhawatirkan, namun…

Kulit
Diagnosis Dan Pengobatan Milia

Diagnosis dan pengobatan serta…

Kesehatan
Sayur dan Buah Yang…

Sayur dan buah yang…

Ibu Dan Anak
Pilihan Salep Gatal Untuk…

Pilihan salep gatal kulit,…

Alami
Obat Nyeri Sendi Di…

Obat nyeri sendi di…

Kesehatan
Penyakit Lain Yang Terjadi…

Waspadalah terhadap penyakit darah…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
Anak Mudah Terserang Batuk Pilek? Ini Penyebabnya

Informasi tentang penyebab anak mudah…

Ibu Dan Anak
Hal Yang Harus Dilakukan Saat Kepala Bayi Terbentur

Hal yang harus dilakukan saat…

Ibu Dan Anak
Kirim Pertanyaan
Top