Ketahui Bahaya Makan Terlalu Kenyang Saat Berbuka Puasa

Share dan Tag Temanmu di :

Ketahui Bahaya Makan Terlalu Kenyang Saat Berbuka Puasa

Saat bulan Ramadhan tentu menjadi kebahagiaan bagi semua umat muslim yaitu ketika sahur dan berbuka puasa. Walaupun disepanjang malam masih diperbolehkan untuk makan namun kebanyakan orang-orang menyantap makanan yang ada saat berbuka karena telah menanggung rasa lapar seharian dan saat sahur karena banyak beranggapan bahwa dengan banyak makan tidak akan cepat merasa lapar. Padahal dalam Al-Quran surat Al-A'raf : 31 menjelaskan bahwa Alloh SWT melarang umatnya untuk tidak berlebihan termasuk makanan.


Larangan makan berlebihan sampai terlalu kenyang bukan tanpa alasan karena memang terdapat bahaya yang mengancam jika makan berlebihan. Berikut ini bahaya makanan terlalu kenyang ketika berbuka puasa antara lain :

  • Berat badan bertambah

Naiknya berat badan setelah ibadah puasa kemungkinan salah satu penyebabnya terlalu banyak makan hingga kekenyangan saat berbuka.

Apalagi jika didukung dengan makanan yang siap saji tergolong sebagai makanan yang kurang sehat dan malas untuk berolahraga bisa sebabkan obesitas dan dampak tubuh akan mulai terasa lesu, lebih berat, dan sakit persendian.

  • Timbul rasa ngantuk dan malas

Saat berbuka puasa kekenyangan akan menimbulkan ngantuk dan malas untuk melakukan shalat tarawih. Padahal di bulan suci ini sangat dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dan perbanyak membaca Al-Qur'an.

  • Gangguan mental

Bahaya gangguan mental masih ada kaitannya dengan bertambahnya berat badan padahal anda baru saja berpuasa pastinya anda akan merasa kurang percaya diri. Jika rasa percaya diri hadir secara terus-menerus maka akan timbul berbagai gangguan seperti rasa cemas, depresi, dan lainnya.

  • Gangguan kesehatan fisik

Terlalu banyak makan juga akan mengganggu kesehatan fisik karena lambung akan mengalami peregangan yang dapat menyebabkan mual muntah dan sangat mengganggu ketika anda melaksanakan shalat tarawih. Selain itu, sebabkan perut kembung terkadang disertai sakit perut dan diare karena banyak enzim pencernaan yang keluar sehingga makanan tidak dapat dicerna dengan baik yang kemudian difermentasi serta mengeluarkan gas dalam perut.

Itulah beberapa bahaya makan terlalu kenyang saat berbuka puasa. Semoga dapat menjadi motivasi anda untuk tidak makan banyak saat berbuka puasa.

By Ana Rediana - Kesehatan Selasa, 30 Mei 2017 15:06:44

Related Post :
Ibu Hamil
Pengaruh Demam saat Hamil…

Jangan sepelekan demam saat…

Kesehatan
Dampak Negatif Rutin Konsumsi…

Kopi instan memang dapat…

Kesehatan
Lakukan Hal Berikut Agar…

Meskipun air hujan tidak…

Penyakit
Penyebab Gejala Vertigo dan…

Sensasi kepala serasa berputar…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Khasiat dan manfaat daun…

Kesehatan
8 Makanan untuk Atasi…

Duduk terlalu lama memang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Kenali 8 Penyebab Kepala Terasa Pusing Saat Haid

Beragam penyebab kepala terasa pusing…

Kesehatan
Langkah Dan Cara Pencegahan Osteoporosis Sejak Dini

Langkah dan cara pencegahan osteoporosis…

Kesehatan
Mengenal Penyakit Langka Hemofilia yang Diidap Lay EXO

Meskipun terlihat memesona ketika berada…

Kirim Pertanyaan
Top