6 Gangguan Pernafasan yang Tidak Boleh Diabaikan

Share dan Tag Temanmu di :

Melansir dari Wikipedia, sistem pernafasan atau disebut juga sistem respirasi adalah sistem organ yang digunakan untuk pertukaran gas. Sistem pernafasan pada manusia merupakan sistem menghirup oksigen dari udara serta mengeluarkan karbondioksida dan uap air. Dalam proses pernafasan, oksigen merupakan zat yang penting. 

Sistem pernafasan pada manusia mencakup 2 hal, yaitu saluran pernafasan dan mekanisme pernafasan. Saluran pernafasan merupakan bagian tubuh manusia yang berfungsi sebagai tempat lintasan dan tempat pertukaran gas yang diperlukan dalam proses pernafasan. 

Mengingat begitu pentingnya manfaat saluran pernafasan, maka tak heran jika kita harus selalu menjaga dan merawat kesehatan saluran pernafasan. Walaupun begitu, tidak jarang juga terjadi kasus saluran pernafasan mengalami gangguan kesehatan. Kesulitan bernafas atau sesak nafas merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sering terjadi pada saluran pernafasan. 


Jika Anda mengalami sesak nafas atau gangguan pernafasan lainnya, maka segeralah periksakan diri ke dokter. Karena gangguan pernafasan yang timbul bisa saja merupakan indikasi adanya gangguan kesehatan yang serius. 

Dibawah ini merupakan beberapa gejala gangguan pernafasan yang tidak boleh diabaikan beserta arti dibaliknya, diantaranya :

Nafas dangkal dan cepat

Disadari atau tidak, ketika Anda mengalami stres atau dalam kondisi yang sangat cemas, nafas bisa menjadi sangat cepat dan dangkal dibandingkan ketika Anda tidak memiliki masalah. Namun, jika kondisi ini terjadi dalam waktu yang lama, maka bisa menyebabkan hiperventilasi yang membuat Anda merasa tidak mendapat udara seperti yang seharunya. Konsultasikan dengan dokter jika stres atau kecemasan yang Anda alami sering mempengaruhi saluran pernafasan untuk mendapatkan solusi yang tepat.

Sesak nafas tiba-tiba

Mengalami sesak nafas ketika Anda lebih aktif dari biasanya merupakan hal yang normal. Namun, jika sesak nafas terjadi secara tiba-tiba tanpa diketahui penyebabnya, maka jangan terus diabaikan. Ini bisa menjadi pertanda bahwa terdapat masalah dengan jalur pernafasan atau jantung. Obat sesak nafas bisa menjadi solusi yang efektif untuk membantu mengurangi gejala sesak nafas yang timbul dengan tiba-tiba. Namun, jika hal tersebut tidak membantu, maka segeralah minta bantuan medis untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Mudah sesak nafas ketika aktif

Apakah Anda sering mengalami sesak nafas ketika sedang aktif atau lebih aktif dari baisanya ? Jangan dibiarkan, ini bisa menjadi tanda adanya gangguan anemia, yaitu masalah kesehatan yang terjadi ketika Anda tidak mendapatkan asupan zat besi yang cukup. Padahal, zat besi ini diperlukan untuk membantu tubuh dalam membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Umumnya kekurangan zat besi terjadi pada wanita atau vegetarian. Untuk menjaga asupan zat besi dalam tubuh tetap baik, Anda bisa mengonsumsi lebih banyak zat besi yang didapatkan dari daging tanpa lemak, kacang, atau sayuran berdaun hijau, mengonsumsi suplemen zat besi, atau berkonsultasi dengan dokter. 

Mengi

Ketika bernafas, Anda mendengar suara seperti siulan bernada tinggi ? Ini berarti saluran Anda mengalami penyempitan. Hal ini bisa terjadi karena asma, namun juga bisa terjadi karena infeksi atau reaksi alergi. Mengi juga bisa menjadi pertanda bahwa tanpa sengaja Anda menghirup sesuatu dan terjebak dalam saluran pernafasan. 

Nyeri dada

Nyeri dada yang timbul ketika bernafas bisa berarti bahwa ada otot uang tertarik secara tidak sengaja. Namun, terkadang ini bisa menjadi tanda adanya infeksi, seperti pneumonia atau juga masalah pada jantung. Selain itu, nyeri dada yang timbul setelah berolahraga atau akibat mengalami suatu peristiwa yang membuat stres, bisa jadi disebabkan karena angin, sehingga otot jantung tidak mendapat asupan darah yang cukup. 

Batuk

Gangguan pernafasan yang tidak boleh diabaikan yang terakhir adalah batuk. Batuk merupakan salah satu keluhan yang cukup sering dialami oleh sebagian besar masyarakat dan termasuk kondisi yang ringan. gangguan pernafasan ini biasanya akan membaik setelah mengonsumsi obat batuk yang bisa dibeli di apotik. Namun, jika batuk disertai dengan sesak nafas, maka Anda patut waspada. Pasalnya ini bisa menjadi tanda dari kondisi lain, seperti penyakit paru-paru obstruktif kronik (PPOK).

Saluran pernafasan pada penderita PPOK biasanya mengalami peradangan, tersumbat dengan lendir, atau tidak berfungsi dengan baik. 

Batuk yang terjadi di pagi hari menjadi tanda awal PPOK. Dalam beberapa kasus yang parah, Anda juga bisa mengalami penurunan berat badan atau bengkak dipergelangan kaki.

By Sri Maryati - Kesehatan Rabu, 31 Mei 2017 10:26:27

Related Post :
Kesehatan
Bahaya Bekerja Seharian Tanpa…

Menghabiskan waktu untuk bekerja…

Kesehatan
Fakta Seputar Penyakit Hemofilia…

Ada banyak mitos yang…

Kesehatan
Benarkah Jambu Biji Bisa…

Trombosit turun merupakan salah…

Ibu Dan Anak
Mengenal Kadar Bilirubin Pada…

Mengenal kadar bilirubin pada…

Penyakit
Jenis Penyakit Pada Sistem…

Informasi tentang jenis penyakit…

Penyakit
Penularan Cacar Air Pada…

Penularan Cacar Air Pada…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Gejala Dan Diagnosis Jantung Berdebar

Jantung berdebar lebih cepat dan…

Kesehatan
Waspadai Bahaya Buang Air Besar Tidak Lancar

Apakah anda sering mengalami susah…

Kesehatan
Kirim Pertanyaan
Top