Cara Mengatasi Bayi Yang Susah Buang Air Besar

Share dan Tag Temanmu di :

Susah buang air besar dapat terjadi pada siapa saja tidak mengenal usia termasuk bayi. Namun cara mengatasinya  berbeda, bila orang dewasa mengalami susah buang besar biasanya cara mengatasinya yaitu dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan serat dan mengonsumsi obat susah buang besar. Sedangkan bila bayi mengalami susah buang air besar, maka jangan sembarangan memberikan obat pada bayi anda. Untuk mengatasi susah buang air besar pada bayi, sebaiknya lakukanlah dengan cara alami yaitu memijat dengan lembut perut dan punggung bayi serta baluri dengan bawang merah.


Sebelum mengetahui cara mengatasi bayi yang susah buang air besar, alangkah baiknya anda harus mengetahui dahulu penyebab bayi susah buang air besar. Karena bila mengetahui penyebabnya, maka susah bab akan mudah diatasi. Ada beberapa penyebab susah buang air besar pada bayi yaitu diantaranya bayi kekurangan cairan, mengonsumsi makanan padat padahal bayi belum menginjak 6 bulan dan minum susu formula.

Sebagian orang tua mungkin akan terasa panik bila bayinya mengalami susah buang air besar. Padahal seharunya anda tidak perlu panik bila bayi anda mengalami susah bab, apalagi bila bayi anda berusia 2 bulan. Maka anda tidak perlu panik bila bayi yang berusia 2 bulan mengalami susah bab selama beberapa hari atau bahkan seminggu. Karena susah bab pada bayi bukanlah suatu kondisi yang fatal, tapi merupakan suatu kondisi yang normal. Namun, jika bayi anda mengalami susah buang air besar sampai menyebabkan pendarahan dan berat badannnya menurun drastis maka sebaiknya periksakan ke dokter.

Cara Mengatasi Bayi Yang Susah Buang Air Besar

Tips mengatasi susah buang air besar pada bayi bisa dengan cara alami yaitu dengan membalurkan bawang merah yang sudah halus pada perut dan punggung bayi. Selain itu, masih ada cara lainnya untuk mengatasi susah bab pada bayi diantaranya:

Pijat perut bayi dengan lembut

Cara mengatasi susah buang air besar pada bayi adalah memijat perut bayi dengan lembut, maka akan merangsang kerja usus bayi jadi lebih baik. Sehingga akan membuat bayi bisa buang air besar sendirinya tanpa harus dipaksa.

Pijat punggung bayi dengan lembut

Selain memijat perut bayi, cara untuk mengatasi susah buang air besar juga bisa dengan memijat punggung bayi dengan lembut. Memijat punggung bayi dengan lembut, maka akan merangsang kerja usus bayi jadi lebih baik. Sehingga akan membuat bayi bisa buang air besar sendirinya tanpa harus dipaksa.

Kurangi susu formula

Bila anda tidak memungkinkan untuk memberikan ASI pada bayi anda. Maka anda bisa berikan susu formula. Hanya saja, bila bayi anda sedang mengalami susah buang air besar maka anda harus mengurangi takaran dari yang biasa anda berikan. Dan jangan berikan susu formula yang kental pada bayi anda yang sedang mengalami susah bab.   

Berikan ASI lebih banyak pada bayi

Berbeda dengan bayi yang diberi ASI, bila bayi yang diberi susu formula harus mengurangi takaran susu formula ketika sedang mengalami susah bab. Maka bayi yang diberi ASI harus lebih banyak diberi ASI meskipun bayi sedang mengalami susah bab. Karena ASI mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh bayi, bahkan ASI juga mudah diserap.

Bila susah buang air besar dialami oleh bayi yang berusia diatas 6 bulan, maka anda juga bisa lakukan cara-cara yang sudah dijelas diatas. Selain itu, berikan makanan yang mengandung serat seperti brokoli, buah pir, buah apel dan lainnya. Karena bayi usia 6 bulan sudah bisa diberi makanan pendamping ASI seperti bubur brokoli.

By Rizka Ardiana - Tips Rabu, 31 Mei 2017 11:47:16

Related Post :
Tips
Cara Alami Melancarkan Buang…

Cara melancarkan buang air…

Tips
Lakukan Hal Ini Jika…

Ketika telinga kemasukan semut,…

Tips
Cara Menyembuhkan Mata Ikan…

Mata ikan yang terbentuk…

Ibu Hamil
Tips Berpuasa saat Hamil…

Tentunya menjalankan puasa saat…

Ibu Dan Anak
Obat Batuk Bronkitis pada…

Resep ramuan herbal obat…

Kesehatan
Waspada! Ini Bahaya Tidur…

Waspada! ini bahaya tidur…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Tips Meningkatkan Imunitas Tubuh Selama Bulan Ramadhan

Selama puasa, daya tahan tubuh…

Tips
Tips Pengobatan Ketombe Dengan Bahan Alami

Seperti yang kita ketahui di…

Tips
Tips Usir Stres dengan Memijat Beberapa Bagian Tubuh Ini

Meskipun terdapat beragam cara untuk…

Kirim Pertanyaan
Top