Gangguan Dan Penyakit Pada Sistem Pencernaan Manusia

Share dan Tag Temanmu di :

Penyakit pencernaan ialah masalah kesehatan yang muncul pada sistem pencernaan. Dan penyakit pada sistem pencernaan pun merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling umum terjadi. Hanya saja penyakit pencernaan pada setiap orang berbeda-beda, ada yang mengalami gangguan pada lambungnya, dan ada juga yang mengalami gangguan pada usus. Karena sistem pencernaan terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, usus (usus halus, usus besar) dan anus.


Gejala penyakit pencernaan diantaranya perut terasa kembung dan penuh, terasa perih di lambung, mual-mual, muntah, ada perubahan pada buang air besar, terdapat darah pada feses dan terasa sakit pada perut. Sedangkan salah satu faktor pemicu penyakit pada pencernaan yaitu pola makan tidak sehat.

Gangguan Dan Penyakit Pada Sistem Pencernaan Manusia

Diare

Gangguan atau penyakit pada sistem pencernaan manusia adalah diare. Ciri-ciri seseorang mengalami diare adalah feses yang keluar encer. Bahkan tidak jarang membuat penderita mulas di perut. Dan salah satu hal yang dapat menyebabkan seseorang diare adalah mengonsumsi makanan yang tidak higenis.

Maag

Maag adalah salah satu penyakit pencernaan yang paling umum terjadi. Penyakit maag dapat disebabkan oleh berbagai hal diantaranya infeksi bakteri helicobacter pylori, efek samping dari pemakaian obat anti-inflamasi nonsteroid, pola makan tidka sehat (mengkonsumsi makanan berminyak, berlemak jenuh, asam dan pedas secara berlebihan), sering minum minuman soda, kafein dan alkohol.

Gejala maag:

  • Terasa perih pada dinding lambung
  • Terasa mual
  • Perut kembung
  • Terasa panas di perut bagian atas
  • Mudah merasa kenyang, padahal makan sedikit.
  • Sering bersendawa
  • Nyeri ulu hati

Sembelit

Sembelit juga merupakan gangguan atau penyakit pada sistem pencernaan. Penyebab sembelit  adalah karena kurangnya makan makanan yang mengandung serat, menahan-menahan buang air besar pengaruh hormon, kurang minum, dan efek samping dari konsumsi obat-obatan.

Cara mencegah sembelit diantaranya cukupi asupan serat dari makanan seperti sayuran dan buah-buahan, batasi konsumsi makanan yang berlemak jenuh dan makanan yang mengandung gula, olahraga secara rutin, jangan menahan-nahan buang air besar, banyak minum air putih. Pencegahan tersebut tidak hanya untuk orang yang pernah mengalami sembelit saja, yaitu sebagai pencegahan supaya sembelit kambuh lagi. Tapi juga pencegahan tersebut bisa dilakukan oleh orang yang belum pernah mengalami sembelit.

Wasir

wasir adalah pembengkakan pada pembuluh vena disekitar anus atau di dalam rektum. Gejala wasir diantaranya pendarahan sesudah buang air besar, terdapat benjolan di luar anus dan anus terasa gatal. Namun kebanyakan penderita wasir tidak menimbulkan gejala.

Tukak lambung

Tukak lambung adalah suatu kondisi dimana dinding lambung terluka. Gejala tukak lambung yaitu perut terasa nyeri dan perih, rasa perih akan semakin terasa ketika perut kedaan kosong.     

Radang usus buntu

Radang usus buntu adalah penyakit yang menyerang pada usus buntu. Penyebab usus buntu yaitu infeksi oleh bakteri. Sedangkan gejalanya adalah terasa sakit di sekitar pusar dan menyebar ke perut bagian kanan bawah, rasa sakitpun akan semakin menyakitkan selama beberapa jam, demam, sembelit, dan perut membengkak.

Sariawan

Sariawan adalah gangguan pada sistem pencernaan yang muncul di mulut. Sariawan seringkali membuat penderita perih disekitar mulut atau bagian lainnya yang terkena sariawan seperti lidah. Sariawan dapat disebabkan karena kekurangan vitamin C. Oleh karena itu, penuhi asupan vitamin C setiap harinya.

Itulah gangguan atau penyakit pada sistem pencernaan manusia. Penyakit pencernaan jangan disepelekan sebab bisa berdampak buruk terhadap sistem organ lain. Sehingga bila anda terkena penyakit pencernaan sebaiknya segera memeriksakan pada dokter.

By Rizka Ardiana - Penyakit Kamis, 01 Juni 2017 11:13:58

Related Post :
Manfaat
Tepung Beras, Alternatif Tepung…

Tepung Beras Alternatif Tepung…

Ibu Dan Anak
Tips Cara Merawat Bayi…

Tips cara merawat bayi…

Kulit
Gejala dan Pemeriksaan Mata…

Gejala dan pemeriksaan mata…

Kesehatan
Bahaya Terlalu Sering Memakai…

Bahaya terlalu sering memakai…

Kesehatan
Pilihan Makanan Sehat Bagi…

Selain mengkonsumsi obat jantung…

Manfaat
Manfaat Daging Domba Bagi…

Dibandingkan daging kambing, daging…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Kesehatan

    0 Balasan

    Penyakit

    apa qnc dpt menyembuhkan benjolan di vagina

  • konsultasi

    0 Balasan

    Penyakit

    Apakah detak jantung yang tidak beraturan dapat disembuhkan dengan Kelly gamat

  • penggunaannya

    0 Balasan

    Penyakit

    Suami sy skrg ini pakai kolostomi bag kmd ada peradangan pd stoma shg hb turun jadi 6,5 krn ada darah yg keluar pd wkt bab di kantong. Apakah jelly gamat…

  • sakit liver karena hepatitis b

    1 Balasan

    Penyakit

    Hasil USG dari rumah sakit menunjukan sakit liver yang sudah tahapan sirosis, sudah melakukan pengobatan danrutin minum obat dari dokter, tetapi kenapa setiap malam perut masih mengalami sakit yang hebat…

  • Sariwan

    1 Balasan

    Penyakit

    Saya sudah mengalami sariwan 2 minggu yang begitu bengkak. Ada lagi tubuh tapi msih kecil


Penyakit
Penyebab Gejala Varikokel dan Pengobatannya

Penyebab Gejala Varikokel dan pengobatannya,…

Penyakit
Penyebab Dan Gejala Kista Ginjal

Penyebab dan gejala kista ginjal…

Penyakit
Kirim Pertanyaan
Top