Manfaat Daging Ayam Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Share dan Tag Temanmu di :

Ayam merupakan salah satu jenis unggas yang paling banyak diternak di dunia. Selain telur, daging ayam juga sering menjadi pilihan ibu rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan nutrisi keluarga. Ada berbagai menu olahan makanan yang menggunakan bahan dasar ayam, sehingga kita akan sangat mudah untuk menemukannya dan juga tidak akan bosan dengan banyaknya varian menu yang bisa kita buat. 

Kandungan dan Manfaat Daging Ayam Bagi Kesehatan Tubuh Manusia 


Selain memiliki rasa yang nikmat, daging ayam juga ternyata menyimpan khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Menurut USDA, didalam 100 gram daging ayam terkandung 65 gram air, 215 kkal energi, 18 gram protein, 15 gram lemak, 4 gram lemak jenuh, 75 miligram kolesterol, 11 miligram kalsium, 0.9 miligram besi, 20 miligram magnesium, 147 miligram fosfor, 189 miligram kalium, 70 miligram natrium, dan 1.3 miligram seng. 

Selain itu, daging ayam juga mengandung vitamin C, vitamin B1 (hiamin), riboflavin, niacin, vitamin B-6 (pyridoxamine), folat, vitamin B-12, vitamin A, vitamin E (tocopherol), vitamin D dan vitamin K.

Dengan kandungan nutrisi yang lengkap tersebut, maka tak heran jika daging ayam juga memiliki khasiat yang cukup banyak bagi kesehatan tubuh. Berikut ini merupakan beberapa manfaat daging ayam bagi kesehatan tubuh manusia yang perlu diketahui, diantaranya yaitu :

  • Sumber protein

Daging ayam merupakan salah satu sumber makanan yang kaya akan kandungan protein. Protein sangat penting untuk membantu program diet sehat. Protein yang terdapat pada ayam merupakan asam amino yang bermanfaat untuk membantuk blok otot. Nilai yang disarankan kebutuhan protein dalam diet harian adalah 1 gram per 1 kg berat badan, atau 0,4 gram protein per pon berat badan. 

  • Mencegah anemia

Kandungan zat besi yang ada dalam daging unggas cukup tinggi. Seperti yang diketahui, zat besi merupakan penyusun utama sel-sel darah merah. Dengan demikian, mengonsumsi daging ayam dapat membuat kadar trombosit dalam tubuh tetap stabil sehingga terhindar dari penyakit anemia.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan mineral penting yang ada dalam daging ayam dapat membuat tubuh menjadi lebih kebal terdapat serangan berbagai jenis penyakit. Sehingga, jika kita sedang mendeita flu atau sakit yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh, maka sangat dianjurkan untuk mengonsumsi sup ayam hangat atau panas untuk meringankan sakit yang dialami.

  • Mengurangi risiko penumpukan kolesterol

Jumlah lemak jenuh dan kolestero yang ditemukan dalam daging merah, seperti daging sapi, domba, atau lainnya jauh lebih tinggi daripada daging ayam, ikan dan sayuran. Dengan begitu, American Heart Association telah menyarankan untuk mengonsumsi daging ayam atau ikan sebagai pengganti daging merah untuk menurunkan risiko perkembangan penyakit jantung, kolesterol, dan lainnya. 

AHA juga menyebutkan bahwa mengonsumsi ayam atau ikan juga harus dibatasi, karena mengonsumsi daging ayam dalam jumlah yang berlebihan bisa meningkatkan perkembangan penyakit jantung. 

  • Memperkuat tulang dan menambah massa otot

Memang manfaat daging merah untuk menambah massa otot sekaligus meningkatkan berat badan tidak perlu diragukan lagi. Mereka yang membentuk otot melalui gym biasanya akan disarankan untuk mengonsumsi raging ayam rebus. Hal ini disebabkan karena daging ayam rebus mampu membantu menaikkan massa otot dengan kandungan protein tinggi yang dimilikinya. Dan perlu diingat, pastikan Anda menggunakan daging ayam tanpa lemak.

  • Mencegah kanker

Daging ayam ternyata merupakan salah satu sumber niacin, salah satu bagian dari vitamin B yang dapat membantu membasmi kanker adn menghindari kerusakan sel DNA (penyebab kanker). 

  • Menghilangkan stres

Daging ayam memiliki kandungan vitamin B5 atau asam pantotenat, yaitu zat yang dapat memberikan efek tenang pada syaraf manusia. Ketika mengalami stres, alangkah baiknya Anda mencoba hidangan daging ayam sebagai menu makanan Anda. 

Selain beberapa manfaat daging ayam bagi kesehatan tubuh manusia yang telah disebutkan diatas, ternyata masih banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari daging ayam. Mengonsumsi daging ayam secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan mencegah serangan beragam jenis penyakit. Namun, perlu diingat, jangan mengonsumsi daging ayam secara berlebihan. Karena segala sesuatu yang berlebih tidak baik dan dapat menimbulkan dampak negatif bagi tubuh. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Manfaat Kamis, 01 Juni 2017 13:11:31

Related Post :
Kewanitaan
Rekomendasi Terapi Pengobatan Penebalan…

Penebalan dinding rahim merupakan…

Penyakit
Cara Mencegah dan Mengobati…

Cara mencegah dan mengobati…

Penyakit
Penyebab Gejala dan Jenis-jenis…

Penyebab gejala dan jenis-jenis…

Alami
Cara Alami Melancarkan Peredaran…

Cara alami melancarkan peredaran…

Kesehatan
Awas! Penyebab Sering Kentut…

Penyebab sering kentut atau…

Kesehatan
Kebaikan yang Akan Didapatkan…

Tertawa bisa membuat siapapun…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Ketahui! Ini Dia Ragam Manfaat Sehat Biji Wijen

Informasi tentang ragam manfaat biji…

Manfaat
Beragam Manfaat Jambu Biji Merah Bagi Kesehatan

Jambu biji memiliki nama ilmiah…

Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Buah Plum Untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi dan manfaat buah…

Kirim Pertanyaan
Top