Manfaat Konsumsi Makanan Yang Mengandung Serat

Share dan Tag Temanmu di :

Salah satu manfaat konsumsi makanan yang mengandung serat adalah dapat melancarkan buang air besar. Oleh sebab itu bila anda yang sedang mengalami masalah susah buang air besar, tidak perlu konsumsi obat susah buang air besar. Untuk melancarkan BAB bisa dengan cara alami yaitu dengan mengonsumsi makanan yang mengandung serat.


Tidak hanya itu, manfaat konsumsi makanan yang mengandung serat juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh manusia secara menyeluruh. Namun mungkin sebagian orang hanya mengetahui manfaat serat sangat baik untuk pencernaan saja. Padahal banyak manfaat serat untuk kesehatan tubuh.

Jadi tidak hanya mineral dan vitamin saja nutrisi yang sangat penting bagi tubuh manusia. Tapi serat juga merupakan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh. Hanya saja kebutuhan serat pada pria dan wanita berbeda-beda. Anjuran mengonsumsi serat pada wanita disetiap harinya adalah 25 gram. Sedangkan anjuran konsumsi untuk pria disetiap harinya adalah 38 gram.

Manfaat Konsumsi Makanan Yang Mengandung Serat

Melancarkan pencernaan

Manfaat serat untuk melancarkan pencernaan sudah diketahui oleh sebagian besar orang. Hanya saja ada orang yang mengkonsumsi makanan yang mengandung serat di setiap harinya, ada juga orang yang kurang konsumsi makanan yang mengandung serat. Oleh karena itu, supaya tidak mudah mengalami masalah pencernaan seperti susah buang air besar, maka sebaiknya cukupi asupan serat dari makanan.

Kesehatan usus

Tidak hanya bermanfaat dapat menjaga kesehatan pencernaan saja, manfaat konsumsi makanan yang mengandung serat juga bisa menjaga kesehatan usus. Sehingga anda pun tidak mudah terkena jenis penyakit yang menyerang usus termasuk polip usus.

Mencegah diabetes tipes 2

Manfaat konsumsi makanan yang mengandung serat adalah dapat mencegah diabetes tipe 2. Hal ini dikarenakan makanan yang mengandung serat tinggi bisa memperlambat penyerapan gula di dalam darah. Sehingga, penuhi kebutuhan serat disetiap harinya maka anda akan mempunyai risiko lebih kecil mengalami diabetes tipe 2.

Menurunkan kadar kolesterol tinggi

Manfaat konsumsi makanan yang mengandung serat juga dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh. Kolesterol tinggi dapat menyebabkan diabetes, stroke dan resiko penyakit jantung. Bila hal ini tidak ingin terjadi, maka sebaiknya lakukan pengobatan medis maupun pengobatan alami untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Selain itu, anda juga harus menerapkan pola makan sehat seperti konsumsi makanan yang mengandung serat.

Melancarkan buang air besar

Salah satu cara untuk melancarkan buang air besar adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung serat.  Oleh karena itu anda harus memenuhi kebutuhan serat di setiap harinya, supaya bab selalu lancar.

Masih banyak lagi manfaat serat untuk kesehatan tubuh diantaranya membantu meningkatkan energi pada tubuh, mencegah serangan jantung, menurunkan tekanan darah tinggi, dan mencegah inflamasi.

Daftar makanan yang mengandung serat

Setelah mengetahui manfaat serat untuk tubuh, ketahui juga daftar makanan yang mengandung serat. Berikut ini adalah makanan yang mengandung serat diantaranya:

  • Sayur-sayuran. Sayuran yang mengandung serat diantaranya brokoli, bayam, daun selada, seledri, pare, kangkung, okra, wortel, kentang dan asparagus.
  • Buah-buahan. Buah-buahan yang mengandung serat diantaranya apel, pisang, pir, pepaya, jambu biji, buah berry, kiwi dan mangga.
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian. Kacang-kacangan dan biji-bijian yang mengandung serat diantaranya: jagung, gandum, beras merah, kacang hijau, kacang merah, kacang polong, edamame, kacang pinto, almond dan kacang lentil.

Itulah informasi tentang manfaat serat untuk tubuh, beserta daftar makanannya. Sehingga anda harus memenuhi asupan serat setiap harinya. Bila anda kurang konsumsi serat atau bahkan jarangn konsumsi makanan yang mengandung serat maka akan menyebabkan sembelit, kadar gula darah menjadi tidak stabil dan gangguan pencernaan. Selain itu, kurang serat serat juga bisa menimbulkan penyakit. Penyakit yang timbul akibat kurang serat yaitu diabetes, obesitas, kolesterol, batu empedu dan kanker usus.

By Rizka Ardiana - Manfaat Jum'at, 02 Juni 2017 10:11:24

Related Post :
Penyakit
Mengenal Gejala Penyebab Dan…

Mengenal tanda dan gejala,…

Tips
Cara Menurunkan Kadar Lemak…

Berikut ini beberapa cara…

Penyakit
Faktor Yang Dapat Meningkatkan…

Meski penyebab kanker rahim…

Tips
Tips Cara Mencegah Dan…

Informasi tentang tips cara…

Kulit
Cara Mencegah Dan Mengatasi…

Cara mencegah dan mengatasi…

Penyakit
Waspada! Ini Bahaya Sindrom…

Waspada!! ini bahaya sindrom…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    0 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…

  • Sesak nafas

    1 Balasan

    Manfaat

    Cocokkah diminum untuk menghilangkan lendir diparu paru dan sesak nafas ?

  • Manfaat Dan Efek Samping Suntik Filler Di Wajah

    1 Balasan

    Manfaat

    Pagi dok, Kemarin teman saya suntik filler dan hasilnya bagus sekali. saya sangat tertarik untuk melakukannya namun masih ragu. Sebenarnya, apa sih manfaat suntik filler di wajah secara keseluruhan? dan…


Manfaat
Manfaat Tak Terduga Dari Buah Cempedak Untuk Kesehatan

Sama seperti buah-buahan lainnya, buah…

Manfaat
Manfaat Suplemen Natur-E untuk Kesehatan Kulit

Manfaat suplemen Natur E untuk…

Manfaat
Manfat Kulit Buah Lemon untuk Atasi Nyeri Sendi

Sebelum pergi ke dokter, Anda…

Kirim Pertanyaan
Top