Khasiat dan Manfaat Daging Kambing Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Daging kambing termasuk salah satu jenis daging merah yang umum dikonsumsi di seluruh dunia. Namun, dibalik rasanya yang nikmat, banyak mitos yang menyebutkan bahwa daging kambing tidak baik bagi kesehatan dan juga diketahui dapat meningkatkan kadar kolesterol darah

Walaupun begitu, daging kambing dapat mengurangi risiko aterosklerosis dan penyakit jantung serta merupakan sumber asam loneleat terkonjugasi (CLA), yaitu asam lemak yang dapat membantu mencegah kanker dan kondisi peradangan lainnya yang baik.

Menurut situs pengawas makanan Amerika (USDA), dalam setiap 100 gram daging kambing terkandung 27 gram protein, 143 kkal kalori, 3 gram lemak yang cukup rendah, namun memiliki kandungan kolesterol tinggi, yaitu sekitar 75 gram. Sama halnya dengan daging kambing, daging kambing juga mengandung zat besi, vitamin B12, fosfor, dan juga selenium.


Dengan kandungan nutrisi yang dimilikinya, tentu daging kambing juga memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa khasiat dan manfaat daging kambing bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui, yaitu :

Meningkatkan kolesterol baik (HDL)

Kandungan niacin atau vitamin B3 yang ada dalam daging kambing merupakan zat yang dapat meningkatkan kandungan HDL dalam darah. Jadi, Anda tidak mperlu khawatir dengan lemak jahat yang ada dalam darah. Dalam 100 gram daging kambing terkandung 6.5 mg niacin atau 33% dari kebutuhan harian.

Mencegah anemia

Daging kambing merupakan salah satu daging yang termasuk dalam kelas daging merah. Seperti yang diketahui bahwa daging merah sangat penting dikonsumsi oleh penderita anemia, karena dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah.

Menjaga kesehatan jantung

Mengonsumsi daging kambing dapat membantu dalam menjaga denyut jantung, mengurangi risiko aterosklerosis, dan penyakit jantung koroner. 

Menjaga sistem saraf

Manusia memiliki sisten saraf yang kompleks, nah daging kambing termasuk salah satu sumber energi yang cukup besar serta memiliki kadnungan vitamin B12 yang baik untuk saraf. Kandungan vitamin B12 yang terdapat dalam 100 gram daging kambing sebanyak 4,4 mg atau sekitar 74% dari kebutuhan harian.

Baik untuk tulang

Kandungan Phosphorus yang terkandung didalam 100 gram daging kambing adalah 272 mg atau sekitar 27% dari kebutuhan harian. Zat ini merupakan salah satu zat yang dapat menjaga kekuatan dan kesehatan tulang.

Menjaga kesehatan mata

Kandungan riboflavin atau dikenal dengan sebutan vitamin B2 yang ada dalam daging kambing menjadi salah satu sumber gizi yang baik untuk kesehatan mata. Dalam 100 gram daging kambing terkandung 0.3 mg riboflavin atau 18% dari kebutuhan harian. 

Mengurangi risiko obesitas

Daging kambing mengandung protein tanpa lemak dalam jumlah yang tinggi serta jumlah lemak jenuh yang sangat rendah. Protein yang ditemukan dalam daging kambing bertindak sebagai agen penekan lapar dan menjaga perut kenyang lebih lama. Selain itu, kandungan vitamin B12 yang dimilikinya dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak. Dengan begitu, mengonsumsi daging kambing dapat membuat berta badan tetap terkontrol dan dapat mengurangi risiko obesitas.

Mengurangi risiko kanker

Daging kambing mengandung vitamin B kompleks, selenium, dan kolin yang sangat bermanfaat untuk mencegah kanker. 

Itulah beberapa khasiat dan manfaat daging kambing bagi kesehatan yang perlu diketahui. Selain itu, masih banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari daging kambing. Walaupun memiliki manfaat yang cukup banyak, bagi Anda yang menderita penyakit tekanan darah tinggi, kolesterol, dan penyakit diabetes sebaiknya membatasi konsumsi daging kambing. 

Jangan mengonsumsi daging kambing secara berlebihan. Seperti diketahui sebelumnya, daging kambing tinggi akan kandungan kolesterol dan juga bisa menimbulkan dampak negatif jika dikonsumsi oleh penderita hipertensi. 

By Sri Maryati - Kesehatan Jum'at, 02 Juni 2017 14:11:51

Related Post :
Manfaat
Ini Dia Manfaat Temu…

Berikut adalah manfaat temu…

Alami
Ramuan Tradisional Untuk Bantu…

Informasi tentang ramuan tradisional…

Manfaat
Kebaikan dan Manfaat Mengonsumsi…

Meskipun sering dianggap sebagai…

Kesehatan
Jenis Buah yang Aman…

Penderita diabetes seringkali menghindari…

Kesehatan
Berbagai Terapi Senam Otak…

Tidak hanya orang yang…

Ibu Dan Anak
Manfaat dan Bahaya Kebiasaan…

Menghisap jari atau menggigit…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Sering Sakit Pundak? Kenali Berbagai Penyebabnya

Berikut ini informasi tentang penyebab…

Kesehatan
Kesehatan
4 Jenis Pantangan Makanan Bagi Penderita Keloid

4 pantangan makanan bagi penderita…

Kirim Pertanyaan
Top