Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Ubi Jalar Untuk Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun ubi jalar mungkin masih jarang di ketahui. Karena pada umumnya kita hanya memakan bagian umbinya saja. Namun, selain umbinya yang berfungsi sebagai  bahan pangan alternatif, bagian daunnyapun nyatanya juga layak untuk di konsumsi. Biasanya daunnya ini sering kali di jadikan sebagai tumisan atau lalapan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, karena di dalam daun ubi jalar juga nyatanya mengandung nilai gizi yang cukup tinggi. Adapun bagi anda yang ingin mengetahui informasi selengkapnya, ada baiknya bagi anda menyyimak informasi berikut ini.


Beberapa penelitian telah  membuktikan bahwasannya jenis vitamin yang larut yang larut terdapat di dalam umbi dan daun ubi jalar, namun hingga saat ini masih minim informasi terkait bagaimana sebenarnya vitamin ini bisa terdapat di sana. Vitamin C, vitamin B adalah beberapa di antara jenis vitamin yang larutdi dalam air. Dalam arti, tubuh tidak menyimpan kelebihannya dan membuangnya melalui urin. Maka dengan deminkian baik umbi maupun daunnya bisa di konsumsi dalam jumlah banyak.

Salah satu penelitian yang kenal terkait dengan daun ubi jalar adalah penelitian yang di lakukan oleh Wimer Barerra dan David Picha dari Louisiana State Universiti Agricultural Center. Mereka menerbitkan sebuah studi penelitian di HortScience, yang mana menunjukkan bahwasannya daun ubi jalar matang dan muda dapat memberikan sejumlah besar vitamin B, vitamin B6, riboflavin, vitamin A, vitamin K, asam askorbat (AA), vitamin C,  thiamine, fenol serta beberapa vitamin penting lainnya.

Khasiat dan manfaat daun ubi jalar bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh

Setelah mengetahui berbagai kandungan yang terdapat di dalam, sekarang gliran kita untuk mengetahui berbagai khasiat dari daun ubi jalar yang diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Mengurangi resiko penyakit jantung

Manfaat dari daun ubi jalar yang pertama adalah dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Hal tersebut di karenakan di dalam nya terkandung vitamin B6 yang nyatanya di kenal cukup ampuh dalam mengurangi resiko penyakit jantung. Bahkan kandungan yang terdapat di dalam daun umbi jara juga 3x lipat lebih besar di banding dengan sayuran hijau lainnya, 5x lipat jumlah vitamin C serta kandungan riboflavin yang terkandung di dalamnya sebanyak 10x lipat.

2. Membantu kepadatan tulang

Di dalam daun umbi jalar juga nyatanya di ketahui mengandung vitamin K  yang dapat memabntu tubuh untuk mempertahankan kalsium pada tulang hingga mengurangi kemungkinan terserang osteoporosis. Bahkan sebuah studi menyakatakan bahwa asupan vitamin K yang cukup tinggi dapat mencegah hilangnya kepadatan tulang pada penderita osteoporosis. Vitamin K juga sangat penting saat pembentukan tulang hingga menurunkan rekio patah tlang pada wanuita menopause.

3. Meredakan nyeri saat haid

Dari banyaknya kandungan vitamin K pada ubi jalar, ini juga berfungsi untuk mengatur hormon  saat meredakan nyeri haid. Selain itu, vitamin K juga berguna dala membekukan darah dan mencegah pendarahan ang berlebih saat menstruasi. Nah, terlebih jika tubuh kekurangan vitamin K, maka nyeri kram saat haid akan lebih sakit di banding orang yang tidak mengalami kekurangan vitamin K.

4. Membantu pembekuan darah

Bagi anda yang memiliki kondisi tubuh hemofilia, anda di sarankan untuk mengonsumsi haun umbi jalar. Hal tersebut di karenakan pada daun umbi jalar sendiri dapat membantu prosespembekuan darah yang di dukung oleh 12 jenis protein vitamin, yang salah satu nya adalah vitamin K. Jenis vitamin ni dapat embantu pembekuan darah untuk memulihkan luka  dan memar di kulit dengan sangat cepat.

5. Membantu meningkatkan kualitas penglihatan

Selain vitamin K, di dalam daun ubi jalar juga terdapat kandungan vitamin A yang takal bermanfaatnya. Vitamin A dapat membantu mencegah degenerasi makula yang merupakan penyebab utama terjadinya kebuitaan. Bahkan dalam suatu studi menunjukkan, bahwasannya asupan vitamin C, vitamin A dan zat besi serta vitamin E dan juga tembaga yang terkandung dalam ubi jalat sangat membantu untuk mengurangi kemungkinan degenerasi makula sebesar 25%.

6. Membuat kulit dan rambut menjadi semakin sehat

Vitamin A yang mana juga terdapat di dalam daun ubi jalar juga salah satu komponen yang penting untuk pertumbuhan regenerasi kulit dan untuk penyembuhan luka. Selain itu, kandungan daun ubi yang satu ini juga dapat membantu dalam pembentukan glikoprotein yang merupakan kombinasi dari protein dan gula yang berguna dalam mengikat sel pembentukan jaringan lunak di kulit anda. Daun umbi-umbian ini juga menghasilkan produksi kolagen yang mana membantu memberikan kilau sehat pada kulit dan rambut anda.

Selain dari pada itu masih banyak kegunaan daun ubi jalar bagi kesehatan tubuh yang diantaranya seperti:

  • Mempercepat penuaan bisul
  • Menyembuhkan demam berdarah atau DBD
  • Mencegah mabuk perjalanan
  • Mengobati mata rabun
  • Meringankan sakit tenggorokkan
  • Mengeluarkan cacing di dalam tubuh
  • Mengatasi sembelit atau susah BAB
  • Obat herbal untuk kencing manis atau diabetes melitus
  • Mengontrol gula darah
  • Mengobati radang pada lambung
  • Melancarkan sistem pencernaan
  • Mengatasi asam urat
  • Mengobati bronkitis
  • Bersifat anti kanker
  • Baik untuk janin, ibu hamil dan menyusui

Adapun cara memanfaatkannya, untukpnangana luar anda bisa membubuhkannya hingga halus dan menempelkannya pada bagian kulit yang bermasalah. Adapun untuk pengobatan dalam, anda bisa mengonsumsi air rebusan daun ubu jalar, jus daun ubi jalar, atau mengonsumsinya sebagai lalapan dalam porsi yang tidak berlebihan.

Nah, itulah beberapa khasiat dan manfaat daun ubi jalar bagi kesehatan secara menyeluruh. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat dan menambah wawsan pengetahuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan kita semua.

By Nida Saripah - Daun Sabtu, 03 Juni 2017 09:02:05

Related Post :
Penyakit
Gejala Penyebab Ejakulasi Dini…

Gejala penyebab ejakulasi dini…

Kesehatan
Kaki Terasa Ngilu? Ini…

Selain terasa sakit dan…

Tips
Resep Obat Ginjal Tradisional…

Resep Obat Ginjal Tradisional…

Manfaat
Kandungan Gizi Buah Bit…

Informasi lengkap tentang buah…

Tips
Lakukan Hal Ini Jika…

Ketika telinga kemasukan semut,…

Ibu Hamil
Kenali Penyebab Dan Cara…

Kenali berbagai penyebab dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Sintrong Untuk Kesehatan

Khasiat dan manfaat daun sintrong…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun Kedondong Bagi Kesehatan

Khasiat dan manfaat daun kedondong…

Kirim Pertanyaan
Top