Mengetahui Beragam Manfaat Daging Kelinci Bagi Tubuh

Share dan Tag Temanmu di :

Memiliki rupa yang lucu dan menggemaskan, kelinci seringkali dipilih menjadi salah satu hewan peliharaan yang cukup banyak digemari. Namun, siapa sangka, ternyata dibalik kelucuannya kelinci menyimpan begitu banyak manfaat dalam dagingnya. Bahkan, daging kelinci juga mengandung gizi tinggi yang diperlukan oleh tubuh. 

Maka tak heran jika banyak masyarakat yang mengambil daging kelinci untuk dikonsumsi sebagai alternatif pengobatan. Akan tetapi, daging kelinci belum begitu populer, padahal mutu gizinya lebih baik dibandingkan dengan daging lainnya. 

Daging kelinci berbeda dengan daging ternak ruminansia. Daging kelinci memiliki serat halus dan warna sedikit pucat, sehingga dapat dikelompokkan dalam golongan daging putih seperti halnya daging ayam. Daging putih memiliki kadar lemak rendah glikogen yang tinggi. 


Dengan kandungan kolesterol dan natrium rendah yang dimilikinya, maka daging kelinci sangat direkomendasikan sebagai menu makanan sehat bagi penderita penyakit jantung, usia lanjut, dan bagi mereka yang memiliki masalah dengan berat badan berlebih. 

Berikut ini beragam manfaat daging kelinci bagi tubuh yang perlu diketahui, diantaranya :

Menjaga kesuburan dan vitalitas

Bagian otak kelinci diketahui bisa mempengaruhi kesuburan dan vitalitas pria dan wanita. Sehingga energi yang ada bisa terserap dengan baik berdasarkan jumlah protein yang dikonsumsi. Namun, selain itu, ternyata daging kelinci juga sangat disarankan bagi wanita yang ingin menjaga kesuburan. 

Mengobati asma

Bagi Anda yang menderita penyakit asma, daging kelinci menjadi rekomendasi terbaik untuk mengobatinya. Hati dan jantung kelinci merupakan bagian daging kelinci yang dianjurkan dikonsumsi oleh penderita asma. Hal ini disebabkan karena zat ketotifen yang terkandung didalamnya berperan untuk mencegah asma yang kambuh secara tiba-tiba. Alangkah baik jika Anda mengolah hati dan jantung kelinci dengan cara direbus atau dipanggang untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal. Meskipun terasa lebih nikmat, hindarilah pengolahan daging kelinci dengan cara digoreng.

Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung yang diderita oleh manusia memiliki hubungan yang erat dengan kolesterol jahat dalam darah. Untuk menekan kolesterol jahat dalam darah, Anda bisa mengonsumsi daging kelinci yang notabene mengandung kolesterol tak jenuh atau kolesterol baik. Disamping itu, kandungan natrium yang juga dimilikinya sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. 

Baik bagi kesehatan lanjut usia

Kandungan protein yang ada dalam daging kelinci sangat baik untuk menjaga kesehatan lansia. Hal ini berguna agar para lansia lebih sehat dan bugar, sehingga memiliki harapan usia yang lebih panjang. Selain mengonsumsi daging kelinci, juga harus dibarengi dengan mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan agar keseimbangan nutrisi tubuh tetap terjaga.

Untuk masa pertumbuhan anak

Daging kelinci juga baik dan disarankan dikonsumsi oleh anak-anak. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, daging kelinci memiliki kandungan protein yang selain baik untuk menjaga kesehatan lansia juga dapat membantu memaksimalkan pertumbuhan anak. 

Membantu program diet sehat

Bagi Anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan, alangkah baiknya untuk memasukkan daging kelinci dalam menu diet sehat Anda. Ini disebabkan karena daging kelinci rendah kolesterol. Sehingga tidak menyebabkan penambahan berat badan yang signifikan.

Kaya nutrisi bagi tubuh

Daging kelinci merupakan daging yang memiliki kandungan lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan. Selain itu, daging kelinci juga memiliki kandungan nutrisi lainnya yang baik bagi kesehatan, seperti diantaranya adalah protein, kolesterol, dan natrium.

Selain seperti yang telah disebutkan sebelumnya, daging kelinci juga memiliki manfaat sehat lainnya, seperti :

  1. Menekan bahaya kolesterol jahat
  2. Sebagai sumber pembangun
  3. Mengatasi alergi makanan atau cuaca
  4. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
  5. Melegakan sistem pernafasan

By Sri Maryati - Manfaat Sabtu, 03 Juni 2017 10:17:02

Related Post :
Alami
Jangan Panik! Atasi Mimisan…

Sebelum memutuskan memerikskan diri…

Tips
Tips Dan Cara Mengatasi…

Tips dan cara mengatasi…

Kesehatan
Pantangan Makanan Bagi Penderita…

Pantangan makanan bagi penderita…

Alami
Obat Insomnia Alami Paling…

Obat insomnia alami dari…

Penyakit
Mengenal Berbagai Jenis Penyakit…

Berikut ini adalah berbagai…

Alami
Cara Cepat Mengobati Luka…

Cara cepat mengobati luka…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Mengetahui Manfaat Ekstrak Cacing untuk Obati Tipes

Ekstrak cacing merupakan obat tradisional…

Manfaat
Manfaat
Manfaat Daging Cumi-Cumi Bagi Tubuh dan Cara Penyajiannya

Dibalik tekstur dagingnya yang kenyal,…

Kirim Pertanyaan
Top