Cara Menghindari Bau Mulut Meski Sedang Berpuasa

Share dan Tag Temanmu di :

Bau mulut merupakan salah satu gangguan yang seringkali dikeluhkan ketika berpuasa. Tentu saja hal ini bisa menurunkan kepercayaan diri seseorang, terutama ketika harus berkomunikasi dengan orang lain. 

Ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan bau mulut ketika berpuasa, seperti diantaranya terdapat banyak bakteri yang dapat mengubah sisa-sisa makanan menjadi sulfur gas yang menyebabkan bau mulut, serta kurangnya produksi saliva selama berpuasa yang menyebabkan bakteri berkembang biak dengan cepat, sehingga akan timbul bau tidak sedap.


Namun, Anda tidak perlu khawatir. Karena ada beberapa cara menghindari bau mulut meski sedang berpuasa yang bisa Anda lakukan, seperti diantaranya adalah :

Hindari makanan pemicu gangguan pada lambung

Gangguan yang terjadi pada usus, lambung, atau organ pencernaan lain bisa diketahui bisa memicu bau mulut. Hal ini memang sering terjadi pada bulan Ramadhan, dimana perut kosong dan asam lambung meningkat. Terlebih lagi adanya regurgitasi asam lambung, yaitu asam lambung yang keluar ke arah kerongkongan dan menyebabkan bau yang khas seperti protein dan zat besi. 

Selain itu, faktor asupan makanan juga memiliki peranan penting dalam memicu bau mulut. Terdapat beberapa jenis makanan yang bisa menimbulkan bau mulut ketika masuk ke lambung, diantaranya seperti jengkol, petai, durian, dan obat-obatan tertentu, seperti obat maag

Disamping itu, buah dan sayur yang memiliki kandungan gas tinggi juga tidak direkomendasikan untuk disantap ketika sahur. Buah durian, sayur nangka, petai dan jengkol merupakan beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari agar terhindar dari bau mulut. 

Perbanyak minum air putih

Minum banyak air putih saat makan aatu menjelang tidur sangat dianjurkan untuk mengurangi kotoran pada gigi. Hal ini disebabkan karena jika tidak ada aktivitas didalam mulut dan air ludah tidak keluar, maka bakteri akan berkembang dan menjadi asam. Reaksi ini membat bakteri berkembang dan memicu bau mulut.

Sikat lidah dan gosok gigi dengan tepat

Menggosok gigi dan lidah sangat penting untuk dilakukan. Bau mulut yang dihasilkan dar makanan dan minuman sebenarnya hanya bersifat sementara, tetapi ini akan sulit dihilangkan jika kita tidak mengetahui cara menggosok gigi dengan benar. Menggosok gigi palingb aik dilkaukan didepan kaca agar bisa dipastikan semua permukaan gigi tersikat bersih.

Gosok semua permukaan gigi, mulai dari bagian atas, samping, dan akar gigi. Gunakanlah sedikit pasta gigi karena ini hanya digunakan untuk menyegarkan. Gosok dengan sikat yang lunak selama 3 menit. Cara menyikat gigi yang benar yaitu maju-mundur, atas-bawah, dan diputar melingkari semua permukaan gigi.

Cek kondisi kesehatan gigi dan mulut

Selain memperhatikan makanan dan perawatan gigi, Anda juga harus rutin mengecek kondisi kesehatan gigi dan mulut. Pasalnya, ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan bau mulut menjadi tidak sedap, seperti sinusitis, infeksi pada mulut, gigi berlubang, dan lainnya.

Semoga beberapa cara menghindari bau mulut meski sedang berpuasa yang telah dijelaskan diatas bisa bermanfaat dan membantu untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut serta terhindar dari bau mulut meskipun sedang berpuasa.

By Sri Maryati - Tips Senin, 05 Juni 2017 10:01:56

Related Post :
Ibu Hamil
Tips Berpuasa saat Hamil…

Tentunya menjalankan puasa saat…

Penyakit
Bahaya Sariawan Terus Menerus…

Bahaya sariawan terus menerus…

Ibu Dan Anak
Demam Pada Anak Naik…

Berbagai penyebab demam pada…

Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Timun…

Timun suri disebut juga…

Ibu Hamil
Tips Keselamatan Berenang Pada…

Tips keselamatan berenang pada…

Penyakit
Penyakit Infekasi Lambung Gejala…

Penyakit infeksi lambung beserta…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Cara Pencegahan yang Tepat untuk Hindari Down Syndrome

Setiap orangtua pasti memiliki anak…

Tips
Tips Mudah Atasi Mata Kering Secara Alami

Tidak hanya menggunakan obat tetes…

Tips
Tips Cara Menggosok Gigi Yang Benar

Menggosok gigi merupakan salah satu…

Kirim Pertanyaan
Top