Kandungan Gizi dan Manfaat Kesehatan Daging Bebek

Share dan Tag Temanmu di :

Anda mungkin sering mendengar atua mengonsumsi telur bebek. Telur bebek ini biasa diolah menjadi telur asin yang enak untuk dikonsumsi. Namun, selain telurnya, daging bebek juga sering digunakan sebagai salah satu bahan dasar untuk masakan. Bahkan, saat ini sudah cukup banyak rumah makan yang menyediakan menu daging bebek, baik itu bebek goreng, bebek bakar, rica-rica daging bebek, dan lainnya. 


Meskipun tidak sepopuler daging ayam, tetapi daging bebek ini cukup banyak diminati. Selain memiliki rasa yang nikmat, daging bebek juga memiliki kandungan gizi dan manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini kandungan gizi dan manfaat kesehatan daging bebek yang perlu diketahui :

Protein lengkap

Dalam setiap 3,5 ons daging bebek terkadnung sekitar 58% protein yang diperlukan oleh orang dewasa sesuai dnegan pedoman United States Departement of Agriculture (USDA). Daging bebek membuat tambahan yang sehat untuk diet Anda dan menawarkan beberapa nutrisi penting untuk fungsi jaringan. 

Sama halnya dengan daging lainnya, daging bebek juga menyediakan protein lengkap. Dalam setiap 3,5 ons daging bebek yang diukur saat mentah tanpa kulit mengandung 18 gram protein yang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh untuk membantu menjaga jaringan tubuh dan membuat kulit lebih kuat dan sehat.

Kalori

Daging bebek memiliki kandungan kalori yang rendah jika lemak dan kulit dipisahkan dari daging. Dalam 3 ons penyajian tanpa tulang, tanpa kulit, dada bebek mengandung 110 kalori, sedangkan dalam 3 ons penyajian dada ayam tanpa kulit mengandung 142 kalori. Jika daging bebek dikonsumsi dengan kulit, bagaimanapun, memiliki kandungan kalori yang jauh lebih tinggi, yaitu sekitar 172 kalori per 3 ons penyajian. Daging kaki bebek dengan kulit juga memiliki kalori yang lebih tinggi, yaitu sekitar 182 kalori dalam setiap 3 ons. 

Lemak

Daging bebek memiliki kandungan lemak sehat. Komposisi lemak pada daging bebek mengandung 35,7% lemak jenuh, 50,5% lemak tak jenuh tunggal (tinggi dalam asam linoleat), dan 13,7% lemak tak jenuh ganda (yang mengandung lemak esensial omega 6 dan 3). Jadi, selama dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, daging bebek akan cukup untuk memasok kebutuhan lemak dalam tubuh.

Zinc dan selenium

Mengonsumsi daging bebek untuk diet juga dapat meningkatkan asupan mineral. Daging bebek berfungsi sebagai sumber makanan yang kaya akan selenium dan seng. Kedua mineral ini berparan dalam fungsi enzim dan mengaktifkan enzim yang diperlukan untuk metabolisme sel sehat.

Selain itu, zinc juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sedangkan selenium membantu fungsi toroid agar dapat berfungsi dengan baik. Dalam setiap 3,5 ons daging bebek terkandung 1,9 miligram seng (17% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk laki-laki dan 24% bagi wanita), serta 14 mikrogram selenium, atau seperempat dari keperluan asupan harian.

Vitamin

Bebek merupakan sumber vitamin B yang baik, menyediakan 25% menjadi 28% dari nilai harian riboflavin dan niasin, 15% menjadi 17% DV asam pantotenat dan tianin, 13% vitamin B6 dan 7% vitamin B12. Ini juga memasok jumlah yang lebih kecil folat dan vitamin A, E, dan K (2% hingga 5% DV).


Dengan kandungan yang dimilikinya, daging bebek memiliki beberapa manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dengan mengonsumsinya, seperti diantaranya :

  1. Meningkatkan kinerja otot
  2. Menjaga kesehatan fisik dan mental
  3. Mencegah anemia
  4. Mengobati suara serak
  5. Melancarkan sistem pencernaan
  6. Memperbaiki sistem imun
  7. Menambah berat badan secara sehat
  8. Membantu sistem metabolisme tubuh
  9. Mengaktifkan kerja enzim-enzim dalam tubuh
  10. Memperkuat gigi dan tulang
  11. Mencukupi kebutuhan protein
  12. Menjaga kestabilan tekanan darah
  13. Bersifat antioksidan bagi tubuh
  14. Menambah vitalitas pria
  15. Mempercantik kulit 

Dengan mengonsumsi daging bebek secara rutin, kita bisa mendapatkan manfaat kesehatan daging bebek dari kandungan gizi yang dimilikinya. Meskipun memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, namun kita harus memperhatikan cara pengolahannya. Selain itu, jangan mengonsumsi daging bebek secara berlebihan agar tidak menimbulkan dampak pada tubuh.

By Sri Maryati - Manfaat Senin, 05 Juni 2017 13:51:51

Related Post :
Kesehatan
Waspada! Kebiasaan di Bulan…

Sebenarnya, jika dilakukan dengan…

Alami
Obat Jantung Koroner Tradisional…

Obat jantung koroner tradisional…

Alami
Obat Panas Dalam Alami…

obat panas dalam alami…

Obat Kimia
Obat Penyakit Aritmia Jantung…

Amiodarone bisa menjadi solusi…

Kesehatan
Hal Yang Harus Dihindari…

Hal yang harus dihindari…

Penyakit
Diagnosis Penyakit TBC Dan…

Berbagai cara dan pemeriksaan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Manfaat
Manfaat Salak Untuk Mengatasi Morning Sickness

Salak adalah obat yang memiliki…

Manfaat
Manfaat Buncis Untuk Diabetes Hingga Menurunkan Kolesterol

Manfaat buncis untuk diabetes hingga…

Kirim Pertanyaan
Top