Mengetahui Beragam Manfaat Daging Kalkun Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Dibandingkan dengan hewan unggas lainnya, kalkun memang tidak terlalu populer. Sehingga jarang sekali masyarakat Indonesia yang mengonsimsinya. Berbeda dengan masyarakat di Negara Barat, khususnya di Amerika Serikat, biasanya mereka menghidangkan kalkun pada saat perayaan hari besar Thanksgiving.

Daging kalkun diketahui memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Daging kalkun termasuk jenis daging yang rendah kolesterol. Dalam 1 ons daging kalkun hanya terkandung 15-24 mg kolesterol, dibandingkan dengan daging sapi yang memiliki kolesterol sebanyak 20-30 mg dalam setiap 1 ons.

Dalam setiap sajian kalkun juga mengadnung vitamin B6, B12, niacin, riboflavin, dan asam pantothenic. Selain itu, daging kalkun juga mengandung beragam jenis mineral, seperti besi, zinc, potasium, dan selesium. 

Mengetahui Beragam Manfaat Daging Kalkun Bagi Kesehatan 


Daging kalkun memiliki rasa yang cukup lezat, sehingga cukup banyak disukai. Namun, disamping itu, dengan kandungan nutrisi yang dimilikinya, ternyata daging kalkun juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat daging kalkun bagi kesehatan yang perlu diketahui :

  • Mencegah kolesterol

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, daging kalkun memiliki kandungan kolesterol yang rendah. Selain itu, lemak yang terkandung dalam daging kalkun merupakan jenis lemak tak jenuh, sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi daging kalkun.

Dengan demikian, maka daging kalkun dapat membantu mencegah timbulnya penyakit kolesterol serta baik bagi kesehatan jantung. Walaupun begitu, disaranakn untuk mengonsumsi bagian daging putih, ini disebabkan karena daging putih pada kalkun dipercaya memiliki kendungan kolesterol yang lebih rendah dibandingkan dengan bagian daging yang gelap. Namun, Anda tetap bisa mengurangi kadar lemak pada daging kalkun dengan menghilangkan kulit dari daging kalkun tersebut.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan protein dan asam amino tinggi yang ada dalam daging kalkun dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan asupan nutrisdi yang seimbang dalam tubuh, maka tingkat kekebalan tubuh secara otomatis akan meningkat. Sehingga tubuh tidak akan mudah terserang oleh berbagai jenis penyakit dan virus.

  • Membantu mengatasi insomnia

Mengalami gangguan tidur, seperti insomnia tentu akan mengganggu kualitas hidup penderitanya. Namun, Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi daging kalkun. Kandungan tryptopan yang ada dalam daging kalkun dapat menghasilkan serotonin yang merupakan enzim yang dapat membuat suasana hati menjadi lebih tenang. Selain itu, juga terdapat enzim selenium yang dapat meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik. Vitamin B3 dan B6 yang terdapat dalam daging kalkun juga bisa membantu untuk mengendalikan emosi. 

  • Baik bagi penderita diabetes

Bagi Anda yang mengidap penyakit diabetes, daging kalkun merupakan daging yang aman untuk dikonsumsi. Hal ini disebabkan karena daging kalkun dapat membantu mengatur tingkat insulin dalam tubuh, sehingga aman bagi penderita diabetes. 

  • Mencegah kanker

Berbeda dengan jenis daging lainnya, daging kalkun justru diketahui merupakan jenis daging yang paling baik dikonsumsi, karena sangat rendah lemak. Disamping itu, daging kalkun juga diketahui memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi, sehingga dapat membantu tubuh menjadi lebih kuat dan tidak mudah terkena penyakit berbahaya, seperti salah satunya kanker. 

  • Membantu menurunkan berat badan

Bagi Anda yang ingin memiliki berat badan yang ideal, daging kalkun termasuk jenis daging yang dapat Anda konsumsi dalan diet sehat Anda. Pasalnya daging kalkun mengandung banyak protein yang dapat mengenyangkan serta memperlambat pencernaan, sehingga Anda bisa merasa kenyang lebih lama. 

  • Membantu membentuk tubuh

Daging kalkun banyak direkomendasikan bagi mereka yang tengah melakukan pembentukan otot tubuh. Hal ini disebabkan karena daging kalkun kaya akan protein dan rendah karbohidrat serta lemak, sehingga dapat membantu memenuhi nutrisi harian bagi Anda yang sedang melakukan proses pembentukan tubuh. Tidak hanya itu saja, kandungan nutrisi seperti vitamin dan mineral dalam daging kalkun juga bermanfaat dalam proses pembentukan tubuh.

Itulah beragam manfaat daging kalkun bagi kesehatan tubuh yang perlu diketahui. Mengonsumsi daging kalkun memang baik bagi kesehatan, namun Anda tetap harus memperhatikan porsi dan cara pengolahannya. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Manfaat Selasa, 06 Juni 2017 11:44:36

Related Post :
Kesehatan
Waspadai Efek Samping Dan…

Waspadai efek samping dan…

Kewanitaan
5 Fakta Khasiat Durian…

Buah durian bisa meningkatkan…

Tips
Tips Ampuh Atasi Sesak…

Berikut ini merupakan beberapa…

Kulit
Cara Alami Mendetoks Kulit…

Berikut adalah cara alami…

Kesehatan
Ada Benjolan Di Leher?…

Ada benjolan di leher?…

Ibu Dan Anak
Wajib Coba! 8 Buah…

Selain ASI bayi yang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Ini Dia Berbagai Manfaat Sehat Konsumsi Kacang-kacangan

Berbagai manfaat kacang-kacangan bagi kesehatan…

Manfaat
Manfaat
Mengenal Manfaat Dari Bunga Kecombrang Bagi Kesehatan

Beragam kandungan dan manfaat bunga…

Kirim Pertanyaan
Top