Manfaat Daging Belut Bagi Kesehatan dan Efek Sampingnya

Share dan Tag Temanmu di :

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan belut. Belut merupakan ikan yang menjadi salah satu bahan makanan di dunia. Hewan yang bisa ditemukan di area pesawahan atau di area berlumpur ini sering kali dijadikan sebagai bahan makanan. 

Belut termasuk ke dalam kelompok ikan dan saat ini cukup banyak dikonsumsi oleh masyarakat, khususnya di pedesaan. Kandungan protein yang cukup tinggi, mineral, vitamin, dan juga lemak pada belut sama seperti kandungan yang terdapat pada ikan laut, karena belut diketahui merupakan bagian dari jenis ikan laut. 


Beberapa kandungan gizi yang dimiliki oleh belut diantaranya adalah :

Kalori 303 cal

Protein 14 gr

Lemak 27 gr

Karbohidrat 0 g

Fospor 200 mg

Kalsium 20 mg

Zat besi 20 mg

Vitamin A 1600 SI

Vitamin B 0,1 mg

Vitamin C 2 mg

Air 58 gr 

Manfaat Daging Belut Bagi Kesehatan Tubuh

Meskipun memiliki rasa yang nikmat, ternyata manfaat daging belut bagi kesehatan belum terlalu banyak diketahui. Padahal, manfaat belut ini sangat baik bagi kesehatan dan dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dengan cara yang nikmat. Berikut ini beberapa manfaat daging belut bagi kesehatan yang perlu diketahui :

  • Kalori

Kalori yang ada didalam belut ampuh sebagai asupan kalori yang tinggi dan membantu memenuhi kebutuhan tubuh agar mampu beraktivitas. Hal ini bisa diterapkan jika Anda menyandingkan belut dengan nasi yang kaya akan kandungan karbohidrat.

  • Zat Besi

Kandungan zat besi yang dimiliki oleh belut sangat diperlukan untuk mencegah anemia gizi, yang ditandai dengan tubuh yang mudah lemah, letih, dan lesu. Zat besi juga bermanfaat untuk membentuk hemoglobi darah yang berfungsi membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Tidak hanya itu, zat besi juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah terserang berbagai jenis infeksi. 

  • Fosfor

Belut juga mengandung fosfor yang memiliki fungsi utama sebagai pemberi energi dan kekuatan pada metabolisme lemak dan karbohidrat, sebagai penunjang kesehatan gigi dan gusi, untuk sintesis DNA serta penyerapan dan pemakaian kalsium. Bagi Anda yang ingin memiliki tulang yang kuat, serta terhindari dari pengeroposan tulang (osteoporosis), maka daging belut ini layak menjadi pilihan utama untuk dikonsumsi. 

  • Arigin

Kanker merupakan penyakit yang cukup berbahaya dan mematikan. Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang cukup banyak ditakuti oleh wanita. Namun, penyakit ini bisa dicegah dengan mengonsumsi belut secara rutin. Hal ini disebabkan karena didalam belut terkadnung arigin yang berfungsi untuk melakukan penghambatan terhadap pertumbuhan sel kanker payudara. Dan bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan jantung, belut ini juga baik menjadi menu harian Anda. Mengonsumsi belut bisa menurunkan risiko terkena serangan jantung dan penyempitan pembuluh darah. 

  • Kaya vitamin

Mengonsumsi belut ternyata juga baik untuk menjaga kesehatan mata, perkembangan fungsi jaringan saraf, membantu membentuk protein, hormone, serta membantu menormalkan tekanan darah pada otak terutama anak-anak.

Meskipun memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, namun ternyata daging belut juga memiliki efek samping jika dikonsumsi dengan cara yang tidak tepat. Bagi penderita kolesterol, sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi belut. Pasalnya, belut memiliki kandungan lemak yang tinggi, sehingga kurang baik bagi penderita kolesterol. 

Jika Anda ingin mengonsumsi belut namun takut dengan kansungan asam lemak dan kolesterolnya yang tinggi, maka sebaiknya Anda mengolahnya dengan cara dipanggang. Pengolahan ini dapat menjadikan kadnungan asam lemak dan kolesterol pada belut menjadi lebih kecil karena proses pembakaran.

By Sri Maryati - Manfaat Rabu, 07 Juni 2017 14:08:04

Related Post :
Kesehatan
Salah Membersihkan Telinga Bisa…

Salah membersihkan telinga dengan…

Tips
Tips Mengobati Asam Lambung…

Tips mengobati asam lambung…

Tips
Cara Mengatasi Gagal Ginjal…

Selain dengan mengonsumsi obat…

Alami
Obat Gatal Pada Kulit…

Obat gatal pada kulit…

Manfaat
Khasiat Manfaat Daun Cocor…

Khasiat manfaat daun cocor…

Penyakit
Mengenal Penyebab Penyakit Batu…

Informasi tentang penyebab batu…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Ini Dia Manfaat Menakjubkan Teh Hitam Bagi Kesehatan

Berbagai kandungan gizi teh hitam…

Manfaat
Manfaat
Kandungan Gizi Dan Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan

Informasi tentang ikan salmon, kandungan…

Kirim Pertanyaan
Top