Tips Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi Secara Efektif Dan Aman

Share dan Tag Temanmu di :

Tips mengatasi biang keringat berikut mungkin bisa membantu para bunda yang kini tengah mengahadapi masalah mengatasi biang keringat pada si kecil, di samping penggunaan obat biang keringat pada bayi. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? selengkapnya bisa anda simak dalam uraian berikut ini.


Biang keringat adalah salah satu permasalahan kulit yang umumnya di alami oleh bayi maupun balita. Biang keringat sendiri sering kali muncul di leher, ketiak, selangkangan atau pangkal paha, dada bagian atas, kepala, dahi, punggung, perut, lipatan kulit bayi dan lainnya.

Cuaca yang lembab dan panas hingga si kecil mengalami demam merupakan hal-hal yang sering kali dianggap sebagai penyebab biang keringat. Adapun penyebab biang keringat lebih sering menjangkiti anak-anak lantaran anak-anak sendiri memiliki pori-pori kulit yng lebih kecil di banding dengan pori-pori orang dewasa dan saluran keringat mereka belum berkembang dengan sepenuhnya.

Tips mengatasi biang keringat pada bayi secara aman dan efektif

Meski biang keringat bisa sembuh dan hilang dengan sendirinya (terkecuali jika biang keringat yang di alami mengalami infeksi). Namun, beberapa tips berikut bisa meringankan rasa gatal dan tidak nyaman yang di alami oleh si kecil akibat dari biang keringat tersebut. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Hindari udara panas dan lembab

Cara mengatasi biang keringat bisa bunda mulai dengan memindahkan si kecil dari tempat yang panas dan lembab menuju ke tempat maupun ruangan yang jauh lebih sejuk dan juga teduh. Jika bunda di rumah menggunakan AC maupun kipas angin, di sarankan sebaiknya tidak mengarahkannya secara langsung ke tubuh anak. Dan apabila hendak mengajak si kecil keluar jangan lupa untuk membawa kipas dan juga topi untuk si buah hati.

2. Memilih pakaian  nyaman

Kami menyarankan untuk memilihkan pakaian serat alami untuk di kenakan pada si kecil. Hindari pula memakaikan pakaian dari bahan kain sintetis, seperti halnya poliester dan nilon karena itu hanya akan memerangkap panas. Selain dari ada tu, pada saat si kecil tengah mengalami biang keringat sebaiknya longgarkan pakaian yang di kenakan si kecil, atau bahkan tidak memakaikan pakaian atau popok pada si kecil.

3. Jangan terlalu sering mengendongnya

Tips selanjutnya untuk mengatasi biang keringat pada bayi adalah tidak terlalu sering menggendongnya. Hal tersebut di karenakan si kecil harus di hadapkan dengan 2 sumber panas, yaitu cuaca dan juga bunda. Melainkan menganjurkan untuk menidurkan si kecil di ranjang dan membiarkannya berbaring, merangkak berjalan-jalan sendiri pada saat bangun. Semakin jarang di gendong, justru tidak akan mengalami kepanasan.

4. Banyak mengonsumsi air

Si kecil juga pastikan banyak mengonsumsi banyak air, Hal tersebut guna untuk mengganti cairan yang hilang melalaui keringat, agar bayi tidak mengalami dehidrasi.

5. Menjaga kulit bayi agar tetap dingin

Bunda bisa mendinginkan kulit si kecil yang tengah mengalmi biang keringat dengan menggunakan kain basah. Bunda juga bisa memandikan si kedil sebagai cara alami unruk mengatasi biang keringat pada bayi Biarkan kulit si kecil kering dengan sendirinya daripada menggunakan handyuk

6. Gunakan lotion atau krim

Jika di perlukan bunda juga bisa menggunakan produk semisal lotion calamine  pada kulitnya. Namun, jngan sampai mengoleskan lotion pada kulit di dekat mata si kecil. Namun jika biang keringat yang si kefil alami cukup parah maka segera gunakan krim hidrokortison sesuai dengan anjuran dokter. Di sarankan tidak menggunakan lotion maupun salep yang hanya dapat membuat ruam menjadi parah.

Beberapa tips dan cara mengatasi biang keringat pada bayi tersebut bisa anda coba sendiri di rumah.  Sekali lagi kami informasikan di sini bahwasannya biang keringat bisa hilang dengan sendirinya. Namun Bunda juga tidak usah ragu-ragu untuk segera menemui dokter apabila suhu tubuh si kecil lebih dari pada 38 celsius derajat yang mana ruam juga tak kunjung hilang, mejadi semakin parah bahkn mengalami infeksi.

By Nida Saripah - Tips Kamis, 08 Juni 2017 09:40:05

Related Post :
Penyakit
Tanda-Tanda Infeksi Paru yang…

Meskipun memiliki gejala yang…

Manfaat
Ini Dia Manfaat Temu…

Berikut adalah manfaat temu…

Kesehatan
Ketahui Efek Samping Kerokan…

Tehnik pengobatan kerokan dikatakan…

Daun
Khasiat Manfaat Daun Sukun…

Khasiat dan manfaat daun…

Tips
Cara Mudah Mengencerkan dan…

Cara mudah mengencerkan dan…

Tips
Tips Dan Cara Mencegah…

Berikut adalah tips dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Tips Mudah Mengobati Luka Bakar Secara Alami di Rumah

Jika Anda mengalami luka bakar,…

Tips
Cara Menurunkan Kadar Lemak dalam Darah Tanpa Obat

Berikut ini beberapa cara mencegah…

Tips
Tips Tingkatkan Kinerja Otak untuk Hindari Alzheimer

Meningkatkan kinerja otak sangat penting…

Kirim Pertanyaan
Top