Manfaat Daging Domba Bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas mengenai manfaat daging kambing bagi kesehatan. Dan pada artikel ini, kami akan memberikan informasi seputar manfaat daging domba bagi kesehatan yang perlu diketahui. 

Mungkin sebagian dari kita menganggap bahwa kambing dan domba merupakan jenis binatang yang sama. Meskipun memiliki banyak kesamaan, namu, kedua jenis binatang ini berbeda. Berikut ini beberapa perbedaan yang bisa dilihat antara kambing dan domba, yaitu :


Kambing (Capra)

  1. Terdapat kelenjar bau di keempat kakinya
  2. Berbau kuat (prengus) khususnya pada jantan
  3. Berjenggot pada jantan
  4. Tidak ada celah bibir atas
  5. Perputaran tanduknya ke kiri
  6. Ekornya mencuat ke atas
  7. Jumlah kromosom 2n = 60
  8. Lebih menyukai dain-daunan (slektif)

Domba (Ovis)

  1. Tidak memiliki kelenjar bau yang terdapat di keempat kakinya
  2. Tidak berbau tajam
  3. Tidak berjenggot
  4. Terdapat celah bibir atas
  5. Tanduknya berputar (seperti sekrup) ke arah kanan
  6. Ekornya lurus ke bawah
  7. Jumlah kromosom 2n = 54
  8. Lebih menyukai rumput (tidak selektif)

Walaupun begitu, kedua jenis hewan ini memiliki daging yang cukup banyak diminati. Konsumsi daging domba memang masih kurang populer jika dibandingkan dengan daging kambing. Hal ini disebabkan karena faktor harga atau faktor ekonomis dan juga usaha peternakan yang masih lebih sedikit. 

Tidak jauh berbeda dengan daging kambing, daging domba juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Hal tersebut disebabkan karena keduanya memiliki kandungan gizi yang tidak jauh berbeda. 

Berikut ini kandungan nutrisi dan manfaat daging domba bagi kesehatan yang perlu diketahui, diantaranya adalah :

Tinggi protein

Sudah bukan rahasia lagi jika kandungan protein yang ada dalam daging merah sangat tinggi dan juga bermanfaat bagi tubuh. Terbukti dari 100 gram daging domba, didalamnya terkadnung sekitar 17,1 gram protein. Bagi Anda yang ingin atau sedang membentuk otot, maka mengonsumsi daging domba bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda. 

Energi

Anda bisa mendapatkan asupan energi yang cukup dari daging domba. Pasalnya, dalam 100 gram daging domba terkandung 206 kkal dari jumlah energi yang diperlukan perhartinya, yaitu 2000 kkal. Dengan asupan energi tersebut, maka tubuh akan menjadi lebih kuat untuk beraktivitas, daya tahan tubuh meningkat, dan Anda tidak akan merasa cepat lelah.

Tinggi kalsium

Anda pasti sudah tahu apa manfaat dari kalsium. Ya, kalsium memiliki manfaat untuk memperkuat dan menjaga kesehatan tulang dan gigi, mencegah osteoporosis dan gangguan lainnya pada tulang. Didalam 100 daging domba setidaknya terdapat 10 mg kalsium yang bisa Anda dapatkan. 

Selenium

Daging domba dan semua jenis daging merah lainnya memiliki kandungan selenium. Selenium yang ada pada daging domba ini berfungsi untuk menghasilkan antioksidan bagi tubuh yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas, mengurangi risiko tubuh terserang penyakit tertentu, serta menyehatkan kulit dan organ tubuh.


Fosfor

Daging domba juga mengandung fosfor yang sangat tinggi. Sama halnya dengan kalsium, fosfor juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, terutama untuk menjaga kesehatan tulang dan menjaga osteoporosis. Didalam 100 gram daging domba terkandung 1,91 mg fosfor yang baik untuk tubuh.

Vitamin

  • Vitamin B1

Didalam 100 gram daging domba terkandung 0,15 mg vitamin B1. Jumlah ini mungkin lebih sedikit, namun perlu diketahui bahwa vitamin ini berperan untuk menambah energi, menjaga daya tahan tubuh, membantu oksidasi, serta mencegah kulit kering atau bersisik. 

  • Vitamin B2

Vitamin B2 atau riboflavin ini juga dimiliki oleh daging domba. Manfaat dari vitamin ini yaitu untuk menjaga kesehatan mata, menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan syaraf, serta mencegah bibir pecah-pecah dan sariawan.

  • Vitamin B12

Vitamin B12 atau kobalamin memiliki manfaat yang sama seperti yang telah disebutkan sebelumnya, yaitu menjaga kesehatan syaraf, meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu pembentukan sel darah merah yang bisa mencegah anemia

Manfaat lain

  • Meningkatkan kolesterol baik

Mitos yang menyebutkan bahwa daging kambing dan domba memiliki kandungan kolesterol yang tinggi adalam benar. Namun, kandungan kolesterol yang dimilikinya ini merupakan jenis kolesterol baik atau HDL. HDL ini mampu menekan dan mencerna lemak, serta melawan kolesterol jahat dalam tubuh.

Meskipun manfaat daging domba bagi kesehatan cukup banyakk, namun Anda harus memperhatikan porsi daging domba yang dikonsumsi. Jangan sampai Anda mengonsumsinya secara berlebihan. Karena hal tersebut juga tidak baik bagi tubuh. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Manfaat Kamis, 08 Juni 2017 09:50:43

Manfaat Daging Domba Bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Dibandingkan daging kambing, daging domba memang kurang populer. Namun, kandungan nutrisi dan manfaat daging domba bagi kesehatan tidak perlu diragukan lagi.
Manfaat - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan



Manfaat
Manfaat dan Efek Samping Mengonsumsi Daging Biawak

Mengenal manfaat dan efek samping…

Manfaat
Manfaat Sehat Daun Bawang yang Perlu Diketahui

Manfaat daun bawang tidak hanya…

Manfaat
Mengenal Sayuran Bok Choy Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Informasi lengkap tentang sayuran bok…

Tambah Pertanyaan
Top