Berbagai Khasiat Dan Manfaat Daun Gandarusa Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun gandarusa kini tengah mulai menjadi perbincangan di kalangan para ahli. Pasalnya  tanaman yang yang satu ini baru-baru ini di ketahui memiliki manfaat sebagai alat kontrasepsi bagi pria. Hal ini sendiri nyatanya telah sejak lama di gunakan oleh masyarakat lokal papua. Adapun selain dari pada itu masih banyak lagi khasiat lainnya yang bisa anda simak dalam uraian singkat berikut ini.


Gandarusa memiliki nama latin Justicia gendarussa atau Gendarussa vulgaris adalah sejenis tumbuhan semak yang sering kali di jumpai di tanah kosong  seperti pekarangan, bahkan sebagiannya lagi menjadikan tanaman ini sebagai tanaman hias karena memiliki bentuk yang cukup unik. Di berbagai derah di Indonesia sendiri, tanaman ini memiiki nama panggilan berbeda-beda seperti gandarisa, besi-besi, trus, puli handarusa, tetean dan lainnya.

Adapun karakterisitik maupun ciri-ciri dari tanaman gandarusa ini adalah dapat di kenali dari bentuk pohon yang bergerombol, batang berwarna hitam, coklat keunguan dengan ketinggian kira-kira mencapai hingga 2 meter. Daunya hijau memanjang, dengan ujung runcing dengan warna hijau muda serta akarnya tunggang dan berserabut. Adapun untuk ciri lebih singkatnya anda bisa cek pada gambar di bawah ini.


Kandungan dan manfaat daun gandarusa bagi kesehatan

Dari berbagai sumber yang kami dapatkan, banhwasannya daun gandarusa sendiri memiliki berbagai kandungan yang sangat berguna bagi kesehatan diantaranya seperti, alkaloid, polifenol, minyak atsiri, justicin dan kalium. Dan dari berbagai senyawa tersebutlah terkumpul berbagai khasiat dari daun gandarusa yang diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Kontrasepsi hirmonal bagi pria

Di papua, masyarakatnya telah lama menggunakan daun ini sebagai alat kontraspsi pria. Dan memang ternyata tanaman gandarusa sendiri memiliki efek anti-spermatozoa atau mmatikan sperma. Riset yang di lakukan para ahli pada orang papua telah membuktikan akan hal tersebut. Bahkan saat ini penemuan tersebut telah di patenkan.

2. Pereda nyeri

Dan gandarusa sendiri mengandung sifat analgetik yang berarti dapat menjadi pereda nyeri. Daunya yang berasa sedikit pedas, asam dan getir, membantu melancarkan peredaran darah, perada rasa mual dan juga sebagai anti-rematik.

3. Obat pelancar kencing

Efek antidireutik juga nyatanya di miliki oleh daun gandarusa ini. Hal tersebut berarti menandakan bahwasannya daun ini bisa di jadikan sebagai obat alami untuk mengatasi susah kencing, Untuk itu, penderitanya bisa mengonsumsi air rebusan daun gandarusa secara teratur sekitar 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil terbaiknya.

4. Mengobati rematik

Daun gandarusa juga bisa di manfaatkan sebagai obat rematik alami. Caranya cukup dengan meminum air rebusa  daun gandarusa ini secara tertur 2 kali sehari. Maka perlahan tapi pasti rematik anda bisa sembuh.

5. Menurunkan panas

Efek analgetik yang terkandung dalam daun ini juga nyatanya bisa menurunkan panas. Carnya cukup dengan mengonsumsi air rebusan daun gandarusa maksimal 2x sehari hingga panas turun. Selain itu, daunnya juga bisa di pergunakan untuk mengompres badan dengan cara menumbuknya hingga halus yang selanjutnya di balurkan secara merata pada tubuh.

6. Mengatasi sakit kepala

Caranya cukup dengan mengonsumsi air rebusan daun gandarusa sebanyak 2x sehari agar bisa merangsang muntah.

7. Membantu melancarkan peredaran darah

Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, anda bisa meminum secara tertur maksimal 2x sehari. Maka dengan begitu, peredaran dalam tubuh anda dapat lancar.

8. Sebagai obat luar

Kegunaan daun gandarusa juga dapat di gunakan sebagai obat luar untuk berbagai macam keluhan seperti obat bisul, obat memar, terkilir, keseleo, luka terpukul, memar, bengkak, borok, eksim dan patah tulang. Untuk caranya sendiri, anda bisa menumbuk daun gandarusa hingga lumat dan tapalkan di daerah luka. Kondisi tulang yang patah harus dalam kondisi benar posisinya dan sudah terfiksasi dengan kayu.

9. Mengobati sakit telinga

Cara pemanfaatnnya bisa dengan menteskan air rebusan daun gandarusa ke dalam telinga

10. Mengobati kelumpuhan wajah

Cara pengaplikasiannya bisa dengan menggunakan air rebusan daun ini untuk mencuci muka. Lalu, pijit-pijit pada bagian wajah yang sakit.

11. Mengobati sakit mata

Untuk mengobati sakit mata, anda bisa menggunakan air rebusan daun ini untuk mencuci mata. Selain itu, anda juga bisa meminum air rebusan daun gandarusa secara teratur 2x sehari.

Namun di balik itu, daun gandarusa juga memiliki beberapa efek samping di karenakan kandungan kalium, alkaloid yang terdapat di dalamnya cukup beracun, sehingga di perlukan pengolahan yang tepat agar kandungan racun yang terdapat di dalamnya lekas hilang. Selain itu, ramuan ini tidak di sarankan di konsumsi oleh wanita hamil karena dapat mengganggu kehamilan.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar khasiat dan manfaat daun gandarusa bagi kesehatan. Semoga pa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi anda. Salam sehat!

By Nida Saripah - Daun Kamis, 08 Juni 2017 11:40:38

Related Post :
Kesehatan
Inilah Jenis-jenis Susu Yang…

Jenis-jenis susu yang baik…

Ibu Dan Anak
Mewaspadai Serangan Penyakit Musim…

Pada musim hujan, tubuh…

Alami
Obat Nyeri Haid Alami…

Obat nyeri haid alami…

Alami
Obat Liver Alami Dan…

Obat liver alami dari…

Kesehatan
Fakta Seputar Manfaat Dan…

Fakta seputar manfaat dan…

Kesehatan
Mengetahui Gejala dan Cara…

Mengetahui gejala dan cara…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Daun
Ini Dia Manfaat Dari Daun Kencur Untuk Kesehatan

Beragam manfaat dan khasiat daun…

Kirim Pertanyaan
Top