Antibiotik untuk Infeksi Paru Picu Gangguan Pendengaran

Share dan Tag Temanmu di :

Antibiotik merupakan salah satu jenis obat yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri, seperti infeksi paru. Namun, ternyata sering mengonsumsi antibiotik dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan.

Sebuah penelitian dari Oregon Health adn Science University, Amerika Serikat, mengungkapkan beberapa dampak negatif tersebut, yaitu dapat meningkatkan risiko gangguan pendengaran permanen serta kerusakan ginjal.  


Para peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengatasi penggunaan antibiotik aminoglikosida, kelas obat yang mencakup kanamisin, gentamisin dan amikasin. Obat ini digunakan untuk menghentikan infeksi bakteri pada paru-paru, seperti TBC. 

Pada pasien yang baru menggunakannya, antibiotik untuk infeksi paru picu gangguan pendengaran hingga 20%. Bahkan jika obat ini digunakan selama beberapa bulan dan tahun, gangguan pendengaran bisa mencapai 100%. 

Seorang profesor kimia biologi dan THT di Kresge Hearing Research Institute, Jochen Schacht, Ph.D., telah menghabiskan waktu puluhan tahun untuk mempelajari mengapa kelas obat tersebut menyebabakn kerusakan telinga atau ototoxicity.

Akibat adanya efek samping tersebut membuat dokter rabu-rabu untuk meresepkan obat-obatan tersebut kepada pasien. Selain itu, kerusakan pendengaran juga membuat pasien menghentikan pengobatan sebelum resep antibiotik selesai, hal ini berisiko terhadap kebalnya bakteri terhadap pengobatan. 

Schacht telah menemukan bahwa obat-obatan tersebut memproduksi radiklal bebas yang merusak sel rambut ditelinga bagian dalam. Sel rambut tersebutlah yang peka terhadap sinyal suara dan sekalinya rusak, maka sel rambut tersebut tidak dapat tumbuh kembali. 

Menurut Schacht, meskipun aminoglikosida merupakan jenis antibiotik yang berharga dan obat-obatan yang sangat diperlukan, namun perlu ada jenis antibiotik baru yang dapat mengurangi bakteri yang telah resisten terhadap obat.

Kini para peneliti tengah mengembangkan pendekatan baru untuk merancanga ntibiotik yang dapat membunuh bakteri super tersebut tanpa membahayakan sel rambut sensorik halus pada telinga bagian dalam. Sehingga diperlukan hipotesis baru yang memungkinkan untuk merancang obat antibakteri dan memperhatikan dampaknya pada sel rambut. Dengan cara ini, para peneliti mencoba untuk menghindari menciptakan antibiotik yang berbahaya bagi pendengaran. 

Disamping itu, tim peneliti berharap untuk meluncurkan percobaan klinis dari apramycin, antibiotik yang terbukti mengatasi bakteri penyebab infeksi paru-paru tanpa meninggalkan efek samping. 

Sebuah tim dari Swiss, Inggris, dan University of Michigan telah menunjukkan kemampuan apramycin melalui berbagai tes pada hewan. Hal ini dipublikasikan secara online dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Science.

Selain itu, Schacht juga telah memimpin uji klinis di Cina yang menunjukkan penurunan besar dalam gangguan pendengaran jika aspirin diberikan pada saat yang sama dengan antibiotik aminoglikosida. Penelitian lebih lanjut mengenai antibiotik ini sangat diperlukan untuk mengetahui berbagai dampak dan kemungkinan yang terjadi akibat konsumsi obat tersebut.

By Sri Maryati - Kesehatan Jum'at, 09 Juni 2017 11:15:07

Related Post :
Kesehatan
Cara Tepat Menggunakan Daun…

Berikut ini cara tepat…

Manfaat
Kebaikan Manfaat Daun Katuk…

Selain terkenal sebagai bahan…

Kesehatan
Daftar Merek Pembalut Dan…

Berikut adalah daftar merek…

Kesehatan
Mengenal Penyakit Langka Hemofilia…

Meskipun terlihat memesona ketika…

Penyakit
Tips Cara Meningkatkan Nafsu…

Pola makan setiap orang…

Kesehatan
Perawatan Khusus Pasca Operasi…

Perawatan khusus pasca operasi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Terapi Jus Sayur dan Buah untuk Mengatasi Rematik

Selain dengan mengonsumsi obat-obatan, ada…

Kesehatan
Nutrisi Vitamin D untuk Bantu Jaga Kadar Kalsium

Memenuhi kebutuhan vitamin D sangat…

Kesehatan
Berbagai Makanan Sehat Untuk Sendi dan Tulang Lebih Kuat

Berbagai makanan sehat untuk sendi…

Kirim Pertanyaan
Top