Kebaikan dan Manfaat Daging Kerbau Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan kerbau. Hewan ini umumnya berada dipedesaan karena memiliki kebiasaan berkubang di lumpur. Hewan yang memiliki nama latin Bubalus bubalis ini juga banyak dikembangkan di negara-negara didunia, seperti Asia. 

Kerbau dipelihara untuk diambil susu dan dagingnya. Daging kerbau termasuk daging yang memiliki serat tinggi dan berwarna merah pekat. Walaupun begitu, daging kerbau diketahui memiliki kandungan nutrisi yang lengkap serta manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.


Dibandingkan dengan daging sapi, daging kerbau memiliki kandungan protein yang lebih tinggi, yaitu 20,2% berbanding 19,2%. Selain itu, didalam 100 gram daging kerbau juga terkandung energi sekitar 84 kkl, akrbohidrat 0 gram, lemak 0,5 gram, kalsium 7 miligram, fosfor 151 miligram, dan zat besi 2 miligram. Didalam daging kerbau juga terkandung vitamin A sebanyak o IU, vitamin B1 0,02 miligram dan vitamin C 0 miligram.

Kandungan nutrisi lengkap yang dimilikinya ini tentu menjadikan daging kerbau kaya akan manfaat yang baik bagi kesehatan. Berikut ini kebaikan dan manfaat daging kerbau bagi kesehatan yang perlu diketahui :

  • Sumber energi

Kandungan protein hewani yang cukup tinggi dalam daging kerbay beserta lemak merupakan suatu zat yang dapat meningkatkan energi, sehingga stamina akan tetap terjaga dengan baik. 

  • Sebagai sistem imun

Mengonsumsi daging kerbau dapat membantu menjaga sistem imun dalma tubuh. Hal ini disebabkan karena daging kerbau kaya akan kandungan zat besi yang berfungsi dalam menjaga sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh akan tahan terhadap serangan berbagai jenis penyakit.

  • Metabolisme tubuh

Dengan mengonsumsi daging kerbau secara teratur, maka Anda bisa mendapatkan manfaatnya secara optimal, salah satunya mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Dalam daging kerbau terdapat banyak kandungan unsur fosfor yang bermanfaat dalam menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh.

  • Masa pertumbuhan

Daging kerbau juga memiliki manfaat dalam masa pertumbuhan otot dan tulang pada anak. Kadnungan protein yang terkandung didalamnya sangay baik untuk pertumbuhan otot dan tulang anak.

  • Pembentukkan massa otot

Manfaat daging kerbau bagi kesehatan selanjutnya yaitu mampu membantu dalam pembentukkan massa otot. Daging kerbau mengandung nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh, diantara nutrisi tersebut adalah protein yang mempunyai peran dalam pembentukkan massa otot sehingga menjadi lebih kuat. 

  • Menjaga kesehatan tulang

Kandungan kalsium tinggi yang terkandung dalam daging berfungsi dalam menjaga kesehatan tulang dan mencegah terjadinya tulang patah. Selain berfungsi dalam menjaga kesehatan tulang, kalsium juga berperan dalam mengoptimalkan fungsi otak.

  • Meningkatkan kecerdasan otak

Selain pada ikan, didalam daging kerbau juga banyak terkandung omega 3 yang berfungsi dalam meningkatkan kecerdasan otak dan juga berfungsi dalam memperbaiki sel-sel otak yang telah rusak. 

  • Menjaga kesehatan mata

Daging kerbau merupakan daging yang berserat tinggi dan berwarna merah. Dalam daging kerbau terkandung vitamin A, B, dan juga D yang cukup banyak. Vitamin-vitamin tersebut berfungsi dalam menjaga kesehatan mata yang akan meningkatkan ketajaman penglihatan.

  • Mencegah infeksi

Manfaat daging kerbau selanjutnya yaitu mencegah infeksi. Kandungan asam amino yang ada dalam daging kerbau berfungsi sebagai antibodi yang akan mencegah atau menghambat terjadinya infeksi.

  • Mencegah Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan jenis kanker yang paling ditakuti oleh kaum wanita. Namun, dengan mengonsumsi daging kerbau secara teratur, maka kanker payudara bisa dicegah. Hal ini disebabkan karena dalam daging kerbau terkandung asam linoleat yang berperan dalam mencegah perkembangan sel-sel kanker. 

  • Baik bagi ibu hamil

Bagi ibu hamil, mengonsumsi daging kerbau sangat baik karena mengadnung vitamin B12. Menurut beberapa ahli, vitamin B12 merupakan vitamin yang sangat baik untuk pertumbuhan janin. 

  • Kaya akan mineral

Kandungan mineral yang dimiliki daging kerbau, seperti zat besi, seng, dan selenium berfungsi untuk menjaga metabolisme dan membentuk jaringan baru dalam tubuh sehingga tubuh akan selalu tampak segar dan sehat.

By Sri Maryati - Manfaat Jum'at, 09 Juni 2017 14:55:12

Related Post :
Penyakit
Jenis Penyakit Paru-paru Serta…

Informasi tentang jenis penyakit…

Kulit
Tips Sehat Mencegah Penuaan…

Berikut adalah tips dan…

Kesehatan
Ketahui 4 Cara Menghilangkan…

Ketahui 4 cara menghilangkan…

Penyakit
Penyebab Gejala Varikokel dan…

Penyebab Gejala Varikokel dan…

Kesehatan
Inilah 10 Makanan Yang…

Makanan yang harus dihindari…

Alami
Obat Penurun Trigliserida Tinggi…

Pada saat ini tidak…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Buah Blackberry Bagi Kesehatan

Beragam manfaat buah blackberry bagi…

Manfaat
Manfaat
Khasiat dan Manfaat Daging Burung Puyuh bagi Kesehatan

Selain memiliki telur yang dapat…

Kirim Pertanyaan
Top