Tanda dan Gejala Menopause Dini Pada Wanita

Share dan Tag Temanmu di :

Tanda dan Gejala Menopause Dini Pada Wanita

Sibuknya aktivitas sehari-hari sering membuat lupa terhadap perubahan yang terjadi dalam 10 tahun terakhir pada tubuh. Tetapi jam biologis tubuh tidak bisa dihambat dan tiba-tiba tanda menopause mulai datang. Rata-rata masa menopause mulai dari usia 52 tahun namun ada juga wanita yang mengalami perimenopause yaitu masa transisi yang terjadi diawal 40 th atau pertengahan 30 tahun fase yang sangat dipengaruhi perubahan hormon terutama hormon estrogen yang meningkat dan menurun secara tidak teratur. Kemungkinan tiba-tiba menstruasi anda terlambat dan ketika dicek bukan tanda kehamilan melainkan tandap paling sering dialami dimasa perimenopause.


Berikut ini berbagai gejala perimenopause yang terjadi pada tubuh wanita menjelang ketidaksuburan permanen, antara lain:

  • Vagina kering

Adanya perubahan hormon membuat dinding vagina mengalami pengurangan jumlah cairan yang diproduksi dan elastisitasnya. Sebagian wanita dapat merasa hal tersebut sangat tidak nyaman tapi banyak juga yang baru menyadari saat melakukan hubungan intim.

Efek dari perubahan hormon akan mempengaruhi ovarium melepas sel telur bisa membuat haid sebentar atau lebih lama bahkan tidak terjadi sama sekali dalam beberapa bulan bisa jadi merupakan tanda gejala awal perimenopause.

  • Perubahan suasana hati

Meskipun anda orang yang sabar namun dimasa premenopause bukan tidak mungkin akan merasa mudah emosi sesaat, marah, atau cemas serta perubahan tempramen akibat hormon yang naik turun. Selain itu, kualitas tidur pun dapat berpengaruh pada berubahnya suasana hati. Maka dari itu, cobalah berolahraga secara rutin dan lakukan pola makan sehat untuk memastikan tingkat gula darah anda stabil untuk membantu masalah tersebut.

  • Infeksi saluran kemih

Pada umumnya wanita rentan terjangkit infeksi saluran kemih karena anatominya tapi resiko akan meningkat saat perimenopause dan anda akan menyadari dari frekuensi buang air kecil serta merasakan rasa sakit saat berkemih sehingga harus melakukan pemeriksaan lebih lanjut dari ahli kesehatan.

  • Kegerahan

Secara umum dalam perimenopause tiba-tiba terjadi merasa kepanasan dan berkeringat dengan waktu yang beragam siang dan malam sehingga menyebabkan insomnia atau gangguan tidur pada wanita.

Kurangnya kemampuan menahan urin pun sering dialami oleh wanita karena elastisitas otot-ototnya telah menurun maka anda bisa mensiasatinya dengan rutin melakukan latihan dasar panggul.

By Ana Rediana - Kewanitaan Sabtu, 10 Juni 2017 08:52:09

Related Post :
Kesehatan
Sayur dan Buah Yang…

Sayur dan buah yang…

Kesehatan
Berbagai Fakta Seputar Bahaya…

Berbagai fakta seputar bahaya…

Ibu Dan Anak
Cara Merawat Area Organ…

Area organ intim bayi…

Ibu Hamil
Bolehkah Ibu Hamil Makan…

Bolehkah ibu hamil makan…

Kesehatan
Wajib Tahu! Ini Pantangan…

Wajib tahu! ini larangan…

Tips
Hindari Makanan Pemicu Naiknya…

Menghindari makanan pemicu naiknya…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Telat haid

    0 Balasan

    Kewanitaan

    Malam ka mau bertanua untuk mengkonsumsi obat ovary ituu untuk perkiraan datang haidnya berapa lama ya ?

  • mengapa haid tidak lancar setelah melahirkan?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Sore dok, saya merupakan seorang wanita menikah berusia 25 tahun. 5 bulan ke belakang saya baru melahirkan anak pertama saya. Namun yang mau saya tanyakan, mestruasi saya kini tidak lancar,…

  • timbul benjolan disekitar miss V

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Selamat pagi, Baru beberapa hari ini saya mengetahui jika terdapat benjolan di sekitar miss V. benjolannya agak kecil dan terasa perih. apakah itu akan berbahaya ? bagaimana cara mengatasinya ?…

  • Mengapa Siklus Haid Tidak Teratur?

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Pagi bu bidan, Saya merupakan wanita yang sudah menikah dan saya memakai alat kontrasepsi suntik Kb sudah hampir 5 bulan. Pada bulan pertama dan kedua, siklus haid saya lancar. Namun…

  • Vagina Terasa Sakit Setelah Berhungan Bersama Suami

    1 Balasan

    Kewanitaan

    Siang dok, saya merupakan pasangan baru menikah 2 bulan yang lalu. Namun semenjak pertama kali berhubungan dengan suami hingga sekarang, sedudah itu vagina saya sering kali nyeri dan juga kram.…


Kewanitaan
Jangan Sering Memakai Pantyliner! Ini Bahayanya

Berbagai bahaya memakai pantyliner untuk…

Kewanitaan
Jangan Terkecoh! Ini Cara Membedakan PMS Dan Tanda Kehamilan

Jangan terkecoh!! Ini cara membedakan…

Kewanitaan
Benarkah Penderita Kista Ovarium Sulit Hamil?

Benarkah Penderita Kista Ovarium Sulit…

Kirim Pertanyaan
Top