Kebaikan yang Bisa Didapat Jika Tidur 8 Jam Sehari

Share dan Tag Temanmu di :

Setiap makhluk hidup pasti memerlukan waktu beristirahat untuk mengembalikan kembali energi yang telah digunakan untuk beraktivitas. Tidur yang cukup merupakan salah satu bentuk istirahat yang sangat disarankan. 

Tidur merupakan kondisi istirahat alami, dan penting untuk kesehatan. Bagi orang dewasa disarankan untuk tidur secara cukup, yaitu 7-8 jam sehari. Secara harfiah tidur yang cukup menguntungkan dalam semua aspek kehidupan mulai dari pencegahan penyakit hingga bisa membuat Anda merasa lebih bahagia. 


Selain itu, tidur secara cukup juga bisa memberikan Anda beragam keuntungan. Berikut ini beberapa kebaikan yang bisa didapat jika tidur 8 jam sehari, diantaranya adalah :

  • Lebih bahagia

Ketika merasa lelah, kita sering kali menjadi pemarah. Tugas-tugas yang mudah akan menjadi lebih sulit untuk dilakukan dan membuat Anda lebih mudah frustasi. Hal ini tentu menyebabkan Anda sering emosi dan mudah marah. Jadi, cobalah untuk tidur secara cukup. 

  • Hidup lebih lama

Tidur yang cukup dapat membuat jantung lebih sehat dan otak lebih bahagia, sehingga akan membantu meningkatkan harapan hidup. Sebuah studi yang diterbitkan oleh Sleep melaporkan bahwa mereka yang tidur kurang dari 6 jam per malam 12% lebih mungkin untuk mengalami kematian dini. Namun, bukan berarti Anda harus tidur terlalu lama. Pasalnya studi yang sama melaporkan, mereka yang tidur terlalu banyak atau lebih dari 8 jam hingga 10 jam per malam 30% mengalami peningkatan risiko kematian dini.

  • Mengatur pola makan

Tidur selama 8 jam sehari ternyata dapat membantu Anda untuk mengatur selera makan dan berat badan dengan mudah. Ketika tidur, tubuh memproduksi leptin dengan jumlah yang cukup. Leptin sendiri adalah hormon yang memungkinkan otak untuk tahu kapan waktunya untuk makan dan berhenti. Namun, jika Anda kurang tidur, maka Anda akan kesulitan untuk mengatur kadar hormon dan ketidakseimbangan yang mengarap ke nafsu pada makanan.

  • Mendapatkan tubuh ideal

Sebuah studi menunjukkan bahwa dibandingkan dengan mereka yang tidur selama 8 jam sehari, orang-orang yang memiliki waktu tidur kurang dari 6 jam memiliki massa tubuh yang lebih berat. Hal ini disebabkan karena kurang tidur menyebabkan adanya perubahan hormonal yang terjadi akibat kurang tidur, sehingga Anda tidak memiliki tubuh yang ideal.

  • Kulit Sehat

Selain bermanfaat untuk kesehatan, ternyata tidur cukup juga dapat memberikan kebaikan untuk kulit. Tidur memberi waktu bagi tubuh untuk meremajakan kulit. Sebuah laporan dari Clinical and Experimental Dermatology menemukan, tidur yang cukup dan berkualitas dapat membantu memperbaiki kondisi kulit yang rusak karena sinar ultraviolet.

  • Kehidupan seks yang lebih baik

Waktu tidur yang kurang bisa membuat libido menurun. Bukan hanya karena merasa terlalu lelah, namun hal tersebut juga bisa membuat Anda tidak ingin melakukan seks sama sekali. Tentu saja hal ini tidak baik bagi Anda yang sudah berumah tangga. Jadi, mulai dari sekarang, ubahlah kebiasaan tidur Anda agar lebih baik lagi. 

Mengingat akan banyaknya kebaikan yang bisa didapat jika tidur 8 jam sehari, maka sudah seharusnya kita bisa mengubah pola tidur Anda dengan menghentikan kebiasaan begadang dan tidur lebih awal untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. 

By Sri Maryati - Kesehatan Sabtu, 10 Juni 2017 09:56:07

Related Post :
Manfaat
Kandungan Gizi dan Manfaat…

Singkong yang biasa digunakan…

Kesehatan
Jangan Spelekan Karang Gigi…

Jangan spelekan karang gigi…

Penyakit
Penyakit
Ini Yang Bisa Anda…

Ini yang bisa anda…

Kesehatan
Gaya Hidup Sehat untuk…

Ada banyak cara yang…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Ini khasiat dan manfaat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya

  • Penyakit Liver kronis

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa sakit liver itu selain perut buncit kaki juga bengkak? Sebabnya apa? Krn banyak minum?


Kesehatan
5 Jenis Terapi Untuk Penyandang Autisme

Autisme memang tidak dapat disembuhkan.…

Kesehatan
Bahaya Akibat Terlalu Sering Makan Jeroan Bagi Kesehatan

Bahaya akibat terlalu sering makan…

Kesehatan
Hindari Makanan Ini saat Alami Gangguan Pencernaan

Ketika mengalami gangguan pencernaan, terdapat…

Kirim Pertanyaan
Top