Penyebab Dan Gejala Penebalan Dinding Rahim Pada Wanita

Share dan Tag Temanmu di :

Penyebab dan gejala penebalan dinding rahim sebaiknya perlu anda ketahui sejak dini, khususnya bagi anda para wanita. Sehingga anda bisa menjadi lebih waspada lagi terhadap penyakit yang satu ini.


Rahim adalah organ reproduksi pada wanita yang mana bertanggung jawab untuk beberapa fungsi reproduksi termasuk di dalamnya menstruasi, implantasi, kehhamilan, persalinan dan juga pengiriman. Namun, organ khusus wanita ini nyatanya juga tidak  lupuut dari berbagai permasalahan kesehatan yang salah satunya adalah penebalan dinding rahim.

Dalam istilah medis, penyakit penebalan dinding rahim sering kali di sebut dengan istilah Hiperplasia endometrium, merupakan penyakit pada sistem reproduksi wanita, yang menimbulkan permsalahan berupa terjadinya penebalan atau pertumbuhan yang berlebihan dari dinding rahim atau endometrium (lapisan yang mengelupas pada saat menstruasi).

Kondisi ini sendiri terjasdi akibat tumbuhnya jumlah sel-sel secara abnormal sehingga embentuk sebuah pertumbuhan yang berlebihan. Konidisi ini pula membuat para wanita pada umumnya menjadi sulit untuk hamil atau memperoleh keturunan, bahkan meski penyakit hiperplasia endometrium ini bukan penyakit sejenis kanker, namun penyakit ini bisa menjadi pemicu kanker rahim di kemudian hari jika tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Penyebab dan gejala penebalan dinding rahim

Memiliki terlalu banyak hormon estrogen tanpa diimbangi dengan hormon progesteron, merupakan hal yang disebut-sebut sebagai penyebab penebalan dinding rahim pada wanita. Jika ovulasi tidak terjadi, maka progesteron tidak akan di buat, dan lapisan rahim tidak meluruh. Sedangkan endometrium akan terus tumbuh sebagai respon terhadap estrogen. Jumlah sel-sel penyusunnyapun menjadi lebih banyak melebihi kondisi ini (hiperplasia).

Namun untuk bisa memahami secara lebih dalam bagaimana berkembangnya hiperlapsia endometrium, maka ada baiknya jika kita memahami terlebih dahulu bagaimana perubahan hormonal selama siklus menstruasi mempengauhi lapisan rahim.

Pada awal siklus menstruasi berlangsung, indung telur menghasilkan estrogen , yang mana hormon ini  mengarah terhadap pertumbuhan lapisan rahim, sehingga rahim menebal guna mempersiapkan diri untuk kehamilan. Dan di tengah siklus, telur kemudian di lepaskan dari salah satu indung telur (ovulasi). Dan setelah proses ovulasi berlangsung, tak jarang kadar hormon lainnya seperti progesteron juga meningkat. Progesteron ini mempersiapkan endometrium untuk menerima dan memlihara telur yang dibuahi.

Jika khamilan terjadi, maka keua hormon ininakan segera menurun penurunan progesteron sendiri memicu terjadinya menstruasi, atau peluruhan lapisan endometrium. Dan setelah lapisan rahim ini benar-benar keluar berwujudkan darah haid dengan tuntas. Dan maka siklus mentruasi akan di mulai kembali dan juga akan terulang.

Adapun selain dari pada itu, beberapa kondisi berikut juga dapat meningkatkan resiko terjadinya penebalan dinding rahim yang diantaranya adalah:

  • Wanita yang berusia 35 tahun ke atas
  • Memiliki kulit tubuh putih
  • Belum pernah hamil sebelumnya
  • Usia yang lebih tua saat menopause
  • Usia dini saat menstruasi di mulai
  • Memiliki riwayat kesehatan tertentu seperti diabetes melitus, sindrom ovarium, penyakit kantung empedu, dan lainnya
  • Mengalami kegemukan atau obesitas
  • Merokok
  • Memiliki keluarga dengan riwayat kesehatan menderita kanker ovarium, usus, atau kanker rahim.

Lalu apa tanda-tanda penebalan dinding rahim?

Adapaun ciri-ciri orang yang mengalami penebalan dinding rahim yang paling menonjol adalah terjadinya pendarahan uterus ang abnormal, yang dapat diartikan sebagai berikut:

  • Pendarahan terjadi selama periode menstruasi yang lebih berat atau lebih lama di bandingkan dengan biasnya.
  • Siklus haid yang lebih pendek dari 21 hari (di hitunmg dari hari pertama periode menstruasipada hari pertama atau periode haid berikutnya.
  • Terjadinya pendarahan setelah menopause.
  • Pendarahan yang terjadi di luar jadwal menstruasi.

Dan sebagai akibat dari pendarahan tersebut, menyebabkan wanita kehilangan banyak darah sehingga bisa menyebabkan anemiadengan serangkaian gejalanya seperti lemah, letih, lesu, pusing, berkkunang-kunang dan wajah tampak pucat. Bahkan pada beberapa kasusus, kondisi penebalan dinding raghim sendiri menimbulkan ketidak nyamanan atau rasa sakit pada daearah rahim serta rasa sakit saat berhubungan intim bersama suami. Jika anda merasa mengalami beberapa gejala di atas sebaiknya pengobatan penebalan dinding rahim segera di lakukan dengan cara memeriksakan kondisi kesehatan anda terlebih dahulu ke dokter kandungan.

Nah ituh informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar penyebab dan gejala penebalan dinding rahim pada wanita. Sepatutunya setelah anda menyimak informasi tersebut anda menjadi lebih waspada dan lebih meningkatkan kualitas pola hidup sehat anda. Adapun bagi anda yang kini tengah mencari produk obat penebalan dinding rahim alami, anda  bisa mendapatkannya disini. Terimakasih telah menyimak informasi kami hingga selesai semoga apa yang di sampaikan bermanfaat dan menjadi wawasan bagi anda.

By Nida Saripah - Penyakit Sabtu, 10 Juni 2017 10:08:08

Related Post :
Obat Kimia
Obat Pelawan Efek Samping…

Obat Pelawan Efek Samping…

Obat Kimia
Obat Clozapine Untuk Menangani…

Psikosis merupakan sekumpulan gejala…

Manfaat
Mengetahui Manfaat Teh Cengkeh…

Cengkeh merupakan salah satu…

Manfaat
Menilik Manfaat Sehat Dibalik…

Sinom merupakan minuman tradisional…

Kesehatan
Benarkah Bahan Makanan Organik…

Bahan makanan organik dipercaya…

Penyakit
Penyebab Penyakit Alzheimer Dan…

Penyebab penyakit alzheimer sampai…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Mengenal Polisitemia Vera Serta Gejala Dan Pengobatannya

Walaupaun polisitemia vera merupakan penyakit…

Penyakit
Penyebab Dan Cara Pencegahan Gonore (Kencing Nanah)

Penyebab dan cara pencegahan gonore…

Penyakit
Pengobatan Alami Untuk Penyakit Hidrosefalus Pada Orang Dewasa

Berikut adalah kisah tentang pengobatan…

Kirim Pertanyaan
Top