Manfaat Daun Krokot Dan Tanamannya Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun krokot mungkin belum banyak yang mengetahui. Namun sebagaian masyarakat mungkin telah memanfaatkannya untuk di konsumsi sebagai sayur. Padahal jika di pelajari lebih lanjut, ternyata tanaman yang termasuk ke dala jenis rumput liar ini nyatanya memiliki dampak yang baik untuk kesehatan. Adapun untuk informasi selangkapnya anda bisa simak informasi yang berikut ini.


Krokot memiliki nama latin Portulaca Oleraceae adalah sejenis rumput yang mungkin masih bisa anda temukan secara mudah di lingkungan sekitar. Tanaman yang masih tergolong ke dalam klasifikasi plantae ini masih sau keluarga dengan potulaka gradiflora. Selain krokot, tanaman ini juga memiliki beberapa nama lokal lainnya di sejumlah daerah di Indonesia diantaranya adalah kjiburen, krajeb, kretepan, gelang pasir dan sebagainya.

Tanaman yang satu ini memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan. Namun bagi anda yang belum mengtahui bentuk dari tanaman ini secara spesifik, berkut adalah ciri-ciri tumbuhan krokot selengkapnya.

  • Batang: Berbentuk bulat, tumbuh tegak dan sebagiannya lagi terletak di permukaan tanah tanpa mengeluarkan akar. Batangnya berwarna coklat keunguan dengan panjang 10-50 cm. Batanglembut memiliki rasa sedikit asam dan juga asin. Tangkainya sendiri pendek berbentuk bulat telur sungsang dan bagian ujungnya bulat melekuk ke dalam. Pangkal batangnya membaji dengan tei yang rata, yang panjangnya 1-4 cm dan lebar 5-14 mm.
  • Daun: berwarna hijau dengan batang kemerahana. Warna permukaan atas daun hijau tua, sedangkan permukaan bawahnya berwarna merah tua. Daunnya tebal, berdaging, datar dan letaknya saling berhdapan dan tersebar.
  • Bunga: Berkelompok 2-6 buah yang keluar dari ujung percabangan . Mahkota daunnya berjumlah 5 buah, berwarna kuning kecil-kecil. Bunga ini akan mekar pada pagi hari antara pukul 08.00-11.00 dan layu menjelang sore.
  • Buah dan biji: Bauhnya berbentuk kotak, bijnya banyak berwarna hitam coklat mengkilap.Tanaman ini bisa di perbanyak dengan biji.

Dan berikut akan kami perjelas lagi dengan penampakan beberapa fotonya.


Kandungan serta manfaat daun krokot dan tanamannya bagi kesehatan

Menurut informasi yang bayak kami dapatkan bahwasannya din dalam daun krokot terkandung berbagai senyawa alami yang sangat baik bagi kesehatan. Adapun salah satu kandungan daun krokot yang palimng tinggi adalah omega. selain itu, di dalam 100 gram daun krokot segar juga mengandung 225-300 mg asam linolenat, yang mana berfungsi untuk menurunkan kolesterol darah.

Adapun di dalam satu cangkir daun krokot yang sudah di rebus, mengandung 90 mg kalsium, 560 mhg kalium, 2000 IU vit. A, serta beberapa jenis asam amoni yang baik untuk kesehatan. Namun selain dari pada itu, di dalam 1 cangkir daun krokot rebus juga mengandung 910 mg asam oksalat, yang mana merupakan senyawa alami yang dapat meningkatkan resiko kencing batu.



Adapun khasiat daun krokot beserta batang, bunga dan akarnya untuk kesehatan diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Mengobati diare
Khasiat daun krokot yang pertama adalah berperan sebagai obat diare alami. Daun yang satu ini bermanfaat untuk meredakan diare sehingga tidak mengganggu pencernaan anda kembali.

2. Mengatasi masalah pencernaan dan disentri
Untuk mengatasinya, anda bisa menyiapkan 50 gr herba krokot kemudian di uapkan selama 3-5 menit kemudian tumbuk halus dan di peras sehingga terkumpul air perasannya kurang lebih 150 cc, minum sebanyak 50 cc sehari 3 kali hingga sembuh.

2. Mengobati bisul
Untuk mengobati penyakit kulit yang satu ini, anda bisa setiap harinya mengonsumsi teh krokot sebanyak sepertiga cangkir secara teatur, hingga bisul yang anda alami mengempis, kering atau hilang sama sekali.

3. Mengobati kencing darah
Untuk mengobati kondisi kesehatan yang satu ini anda bisa menyiapkan terlebih dahulu 100 gram krokot yang telah dalam bentuk herba dan di godok bersama herba daun sendok sebanyak 25 gr. Saring airnya dari ampas herbahangatkan dan minum. Lakukan cara ini hingga kencing darah anda berhenti.

4. Mengatasi jantung berdebar
Apabila anda sering kali mengalami jantung berdebar, amaka anda bisa mencoba alternatif pengobatannya menggunakan tanaman krokot. Caranya yaitu, siapkan 4 batang krokot di cuci lalu di giling. Tambahkan dengan setengah cangkir air putih matang dan satu sendok madu. Setelah itu peras dan saring kemudian airnya minum. Lakukan 2x sehari sehingga gejala janung berdebar anda berkurang bahkan berhenti sama sekali.

5. Mengobati demam
Caranya cukup mudah yaitu dengan menggunakan 2 batang krokot dicuci bersih kemudioan rebus, namun tidak perlu sampai matang. Makan selagi hangat, dan lakukan hingga demam turun.

6. Mengobati sakit kuning (hepatitis) dan radang gusi
Untuk mengobati keluhan tersebut, anda bisa menyiapkan terlebih dahulu herba krokot sebanyak 200 gr di godok hingga mendidih. Dan setelah dingin anda bisa, mengonsumsinya. Lakukan cara ini hingga sakit anda mereda.

7. Mengatasi borok dan radang kulit
Untuk mengatasi keluhan yang satu ini, anda bisa menyiapkan terlebih dahulu segenggam daun herba daun krokot segar, kemudian di cuci bersih, di tumbuk halus dan tambahkan sedikit garam ke dalamnya. Kemudian tapalkan pada bagian kulit yang bermasalah.

8. Radang usus buntu akut
Untuk mengobati radang usus, anda bisa siapkan terlebih dahulu segenggam herba krokot segar, di cuci bersih kemudian di peras sampai terkumpul airnya kurang lebih sebanyak 30 ml. Tambahkan gula putih secukupnya dan air matang yang sudah dingin sampai menjadi 100 ml, minum dan lakukan cara ini sebanyak 3x dalam sehari.

9. Mengatasi keputihan
untuk mengatasi keputihan, anda bisa mengolah 200 gr krokot dengan cara di juice dan ambil airnya kemudian masukan putih telur lalu di tim. Makan selagi hangat.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi manfaat daun krokot bagi kesehatan diantaranya seperti mengatasi asam urat, perasaan cemas, mengobati penyakit cacingan, melancarkan sirkulasi darah, melancarkan haid, mengobati mastitis, mengatasi pegal linu, mencegah wasir dan anemia, menyehatkan paru-paru danmasih banyak lagi yang lainnya. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini bermanfaat dan menammah wawasan bagi anda semua.

By Nida Saripah - Manfaat Sabtu, 10 Juni 2017 15:47:01

Related Post :
Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Inilah khasiat dan manfaat…

Penyakit
Faktor-Faktor Risiko yang Bisa…

Ada beberapa faktor resiko…

Penyakit
Penyebab Gusi Bengkak dan…

Penyebab gusi bengkak dan…

Manfaat
Manfaat Es Krim Ternyata…

Tingkat kesuburan pada wanita…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Khasiat dan manfaat daun…

Manfaat
Manfaat Daun Sambung Nyawa…

Manfaat daun sambung nyawa…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    0 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…

  • Sesak nafas

    1 Balasan

    Manfaat

    Cocokkah diminum untuk menghilangkan lendir diparu paru dan sesak nafas ?

  • Manfaat Dan Efek Samping Suntik Filler Di Wajah

    1 Balasan

    Manfaat

    Pagi dok, Kemarin teman saya suntik filler dan hasilnya bagus sekali. saya sangat tertarik untuk melakukannya namun masih ragu. Sebenarnya, apa sih manfaat suntik filler di wajah secara keseluruhan? dan…


Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Buah Blackberry Bagi Kesehatan

Beragam manfaat buah blackberry bagi…

Manfaat
Manfaat Bunga Kamboja Untuk Kesehatan

Kamboja merupakan salah satu bunga…

Manfaat
Kandungan dan Manfaat Labu Untuk Kesehatan Mata

Kandungan dan Manfaat Labu Untuk…

Kirim Pertanyaan
Top