Obat Bacitracin Pencegah Infeksi Bakteri Pada Luka Ringan

Share dan Tag Temanmu di :

Bacitracin, Obat Pencegah Infeksi Bakteri Pada Luka Ringan
Anda yang terkena irisan akibat benda tajam atau terkena luka bakar kecil, bacitracin bisa diandalkan sebagai pencegah terjadinya infeksi bakteri. Untuk kondisi-kondisi tersebut, jenis bacitracin yang digunakan adalah obat oles dan semprot (topikal). Cara kerja obat ini yakni dengan menghentikan terjadinya pertumbuhan bakteri dalam luka. Selain obat oles dan semprot, bacitracin juga diproduksi dalam obat suntik yag bisa dipakai untuk pengobatan pneumonia pada bayi serta infeksi bakteri staphylococcus. Tergolong sebagai antibiotik, bacitracin tidak akan efektif untuk mengatasi infeksi karena jamur atau virus.



Perempuan hamil, menyusui, serta orang dengan riwayat penyakit ginjal harus menggunakan bacitracin sesuai dengan anjuran dokter. Obat ini efektif hanya untuk luka kecil di kulit. Sebaiknya tidak digunakan untuk luka yang cukup besar dan dalam. Tindakan pencegahan infeksi pada luka parah dan pemberian bacitracin suntik hanya harus dilakukan oleh dokter. Harap hati-hati saat menggunakan bacitracin oles dan semprot jangan sampai mengenai hidung, mulut, mata, atau tertelan karena obat ini hanya untuk lapisan terluar kulit.

Artikel terkait seputar darah:

Obat pengencer darah di apotek
Obat anti efek samping
Obat alami darah tinggi
Obat diabetes alami

Dilarang menggunakan obat ini bersama dengan obat-obatan lain termasuk obat herbal karena bisa menyebabkan efek samping yang membahayakan. Sebelum menerima suntikan bacitracin, usahakan dokter tahu jika Anda sedang menjalani terapi antibiotik suntik lain, menjalani kemoterapi, sedang mengonsumsi obat antivirus, obat pencegah kegagalan transplantasi organ, serta obat gangguan usus. Reaksi mencampurnya bacitracin dengan obat lain dikhawatirkan akan menyebabkan ginjal rusak.


Berikut dosis bacitracin berdasarkan bentuk obatnya:
-Untuk semprot dan oles dosisnya dilakukan satu sampai tiga kali sehari pada kulit yang mengalami luka kecil dengan tujuan untuk mencegah infeksi.
-Bacitracin suntik untuk bayi dengan berat badan kurang dari 2,5 kilogram, dosis yang diberikan 450 unit/kilogram dua kali sehari atau 300 unit/kilogram tiga kali sehari.
-Bacitracin suntik untuk bayi dengan berat badan lebih dari 2,5 kilogram, dosis hariannya 500 unit/kilogram dua kali sehari atau 330 unit/ kilogram tiga kali sehari.


Baca anjuran pakai yang ada pada kemasan bacitracin topikal. Sementara untuk bacitracin suntik, sudah jelas harus dilakukan langsung oleh dokter. Jika setelah seminggu menggunakan bacitracin topikal namun tetap ada infeksi, segera konsultasi dengan dokter.


Bacitracin topikal biasanya tidak menyebabkan efek samping. Namun pada beberapa kasus, ada pula yang mengalami ruam, gatal, bintik-bintik, serta alergi pada kulit. Efek samping yang lebih serius dan harus segera berkonsultasi ke dokter jika merasakannya adalah berupa sesak nafas serta sulit menelan.

By Diane Rosse A.Md.Keb - Obat Kimia Jum'at, 17 Juni 2016 14:53:47

Related Post :
Kesehatan
Faktor Yang Bisa Memicu…

Ada banyak faktor yang…

Tips
5 Cara Mudah Ini…

Saat lebaran, biasanya orang-orang…

Kesehatan
Olahraga untuk Usir Lemak…

Perut buncit atau naiknya…

Kesehatan
Benarkah Jambu Biji Bisa…

Trombosit turun merupakan salah…

Manfaat
Manfaat Kolang Kaling Untuk…

Manfaat kolang kaling untuk…

Penyakit
Ini 5 Penyebab Alergi…

Ini penyebab alergi pada…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Waspada Obat Pelangsing Perut Berbahaya

Waspada Obat Pelangsing Perut Berbahaya…

Obat Kimia
Obat Anti Inflamasi Fenilbutazon Untuk Mengatasi Cidera

Obat fenilbutazon untuk mengatasi sakit…

Obat Kimia
Obat Pengencer Dahak di Apotek Acetylcysteine

Obat Pengencer Dahak di Apotek…

Kirim Pertanyaan
Top