Cara Mencegah Menopause Dini Pada Wanita Secara Alami

Share dan Tag Temanmu di :
Cara Mencegah Menopause Dini Pada Wanita Secara Alami

Hampir semua wanita merasa takut menghadapi masa menopause padahal suka tidak suka fase ini pasti akan dialaminya. Secara umum menopause terjadi pada rentan 1 hingga 10 tahun sebelum wanita berhenti haid.


Menurut para ahli, menopause merupakan keadaan tidak terjadinya haid berturut-turut selama 12 bulan. Fase tersebut mulai muncul gejala siklus haid akan lebih lama dari biasanya hingga akhirnya berhenti secara permanen. Saat menjelang menopause biasanya disebut dengan istilah pra menopause, fase ini dialami oleh wanita rata-rata usia 51 tahun namun meski menopause bisa terjadi pada usia awal 30 tahun bahkan akhir 60 tahun.

Sampai saat ini tidak alat ukur yang paling tepat untuk memprediksi kapan wanita akan mengalami menopause. Namun menurut beberapa ahli menyebutkan bahwa menopause dapat dicegah dengan menjalani pola dan gaya hidup sehat saat di usia masih muda. Adapun wanita yang mengalami menopause pada usia 48 tahun hingga 50 tahun lebih cepat dari rentan waktu yang disebut dengan menopause dini, hal ini terjadi karena tidak normalnya situasu sehingga mengganggu fungsi ovarium seperti terjadi trauma, infeksi, radiasi, operasi indung telur dan juga bisa karena pengaruh obat yang dikonsumsi dalam jangka panjang.

Berikut ini Cara Mencegah Menopause Secara Alami


Walaupun masa menopause sebuah fase alamiah yang tidak bisa dihindari namun para wanita bisa melakukan berbagai cara untuk mencegah kedatangannya. Tidak sedikit wanita diusia menjelang 50 tahun masih mengalami haid bahkan bisa hamil dan beberapa wanita lain diusia yang sama mengalami menopause dan tidak lagi haid.

1. Mengkonsumsi madu dan royal jelly
Jika anda sering mengkonsumsi madu dan royal jelly akan merasakan manfaat saat usia semakin bertambah yakni untuk menghambat masa menopause. Dalam madu terkandung asam lemak, protein, enzim, asam amino, mineral, essensial, dan vitamin B kompleks. Kandungan-kandungan tersebut dapat membantu kelancaran regenerasi sel, meningkatkan daya ingat, memperbaiki sisem reproduksi, mencegah osteoporosis, dan menjaga kesehatan otak juga menghambat penuaan.

2. Konsumsi daun kemangi
Setangkai daun kemangi memiliki kandungan senyawa yang dibutuhkan tubuh untuk merangsang produksi homron estrogen dan androgen sehingga dipercaya memiliki khasiat untuk mencegah dan menunda menopause dini. Selain itu, daun kemangi banyak mengandung anetol, zat stigamaasterol dan senyawa boron yang dapat merangsang pembentukan sel telur dan zat triptofan yang mampu menunda terjadinya menopause.

3. Ramuan alami untuk mencegah menopause
Ramuan alami ini berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menyeimbangkan hormon. Jika dikonsumsi secara teratur maka produksi hormon estrogen wanita menjadi teratur.

Bahan-bahan yang harus disiapkan:
  • 25 gr tumbuhan jari temugiring.
  • 25 gr jari kunyit.
  • 3 butir lada hitam.
  • 2 buah cabai jawa.
  • Adas sebanyak seujung sendok teh.
  • 5 butir cengkeh.
  • kayu manis.
  • 500 cc air.
Cara membuatnya:
Bahan-bahan diatas dikumpulkan dan dibersihkan sampai bersih lalu semua bahan tersebut ditumbuk hingga halus kemudian diseduh dengan air telah mendidih lalu air rebusan disaring dan siap diminum selagi dingin.

Konsumsilah ramuan alami tersebut seminggu 2 kali secara teratur maka menopause dini akan terhambat karena ramuan alami tersebut memiliki khasiat untuk mengurangi gejala-gejala fisik yang biasanya mengganggu selama masa menopause.

By Ana Rediana - Kesehatan Selasa, 13 Juni 2017 08:30:52

Related Post :
Alami
Mengalami Alergi Dingin? Obati…

Mengalami Alergi Dingin? Obati…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Khasiat dan manfaat daun…

Alami
Cara Alami Mengobati Luka…

Cara alami mengobati luka…

Daun
Khasiat Manfaat Daun Ashitaba…

Khasiat manfaat daun ashitaba…

Kesehatan
Menu Makanan Sahur Dan…

Menu makanan sahur dan…

Tips
Tips Dan Cara Mudah…

Tips dan cara menghilangkan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Pantangan Makanan dan Minuman Bagi Penderita Fistula Ani

Pantangan makanan dan minuman bagi…

Kesehatan
Sering Sakit Pundak? Kenali Berbagai Penyebabnya

Berikut ini informasi tentang penyebab…

Kesehatan
Obat Alami Menghilangkan Keloid Dengan Cepat dan Aman

Obat alami menghilangkan keloid dengan…

Kirim Pertanyaan
Top