Waspadai Penyebab Kanker Serviks Yang Renggut Nyawa Julia Perez

Share dan Tag Temanmu di :

Penyebab kanker serviks sebaiknya perlu anda ketahui sejak dini. Hal tersebut memungkinkan anda untuk lebih bisa lebih berhati-hati dan waspada akan penyakit mematikan yang telah merenggut nyawa artis ranah hiburan Indonesia Julia Perez.


Setelah berjuang selama beberapa tahun melawan penyakitnya, Julia Perez atau yang lebih akrab di sapa Jupe itu menghembuskan napas terakhirnya pada sabtu (10/06/2017) di Rumah Sakit Cipto Mangun Kusumo. Seperti yang telah kita ketahui bersama melalui banyak media, pedangdut sekaligus presenter tersebut meninggal di sebabkan oleh penyakit kanker serviks  yang selama ini di deritanya.

Kepergian Julia Perez sendiri, seharusnya harus bisa membuat para wanita untuk lebih membuka mata para wanita agar  bisa lebih menjaga kesehatan organ intim wanita dari berbagai pemicu kanker serviks. Lalu apa penyebab kanker leher rahim tersebut? dan adakah berbagai faktor peingkat resikonya? Selengkapnya bisa anda temukan pada informasi berikut ini.

Penyebab kanker serviks dan berbagai peningkat resikonya yang renggut nyawa Julia Perez

Pada dasarnya, kanker serviks sendiri di mulai pada saat sel-sel yang sehat mengalami mutasi genetik atau perubahan pada DNA. Mutasi gen ini kemudian mengubah sel yang normal menjadi sel abnormal. Umumnya, kanker akan tumbuh dan berkembang biak pada kecepatan tertentu, sedangkan sel kanker tumbuh dan berkembang secara pesat tanpa terkendali. Sel-sel abnormal tersebut pada akhirnya terus bertambah dan membentuk sebuah tumor. Selepas itu, sel kanker yang muncul tersebut emudian menyerang jaringan di sekitarnya.


Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan wanita terkena penyakit kanker leher rahim ini. Namun diantara sekian penyebab tersebut, para penelitian menemukan bahkan hingga 99,7% kanker serviks di sebabkan lantaran HPV (Human Papillomavirus), yang merupakan salah satu virus , yang memiliki lebih dari pada 100 jenis.

Adapun berbagai faktor penyebaran virus tersebut bisa melalui faktor internal maupun eksternal yang meliputi pola hidup, kebiasaan hingga faktor pernikahan juga bisa menjadi faktor penting terdapat peningkatan resiko terinfeksinya jenis virus tersebut. Dan berikut adalah beberapa penyebab timbulnya HPV tersebut yang telah kami rangkum dari beberapa sumber seperti berikut ini.

  • Melakukan hubungan seks yang tidak aman

Menurut pakar kesehatan seksual, dr Andri Wanananda MS menyebutkan bahwasanya HPV bisa di tularkan melalaui hubungan seks. Baik itu seks per vagina maupun secara oral bia sama-sama menularkannya. Bahkan HPV tidak hanya dapat menyerang wanita melainkan jupa pada penis pria yang dapat menyebabakan HIV.

Namun tak semua jenis HPV menyebabkan kanker serviks. Karena pasalnya HPV sendiri di kategorikan ke dalam 2 jenis yaitu High Risk HPV, yang mana merupakan jenis HPV penyebab kanker leher rahim. Sedang yang satunya lagi adalah Low Risk HVP. Jnies HPV yang satu ini biasanya pmenyebaba warat atau penyakit kutil kelamin.

Nah, dengan adanya hubungan seksual, maka pria pengidap virus HPV pada penisnya akan menularkan kepada wanita , yang  pada akhirnya menyebabkan kanker serviks. Sehingga penggunaan kondom, menurut dr. Andri bisa mencegah penularan HVP melalui hubungan seks ini.

  • Kondisi organ reproduksi itu sendiri

Menurut Kepala Komisi Penanggulangan Kanker Nasional (KKPKN) Prof DR dr Soehartati Gondhowiardjo SpRad(K)Onk menuturkan, bahwasannya kondisi organ reproduksi juiga memiliki kontribusi pada penularan HPV ini. Hal tersebut bisa terjadi akibat pernikahan yang terlalu dini. dimana keadaan organ reproduksi belum matang dan menyebabkan resiko terjangkitnya penularan HPV lebih meningkat.

  • Memiliki pasangan seksual lebih dari satu

Perilaku seks yang sering bergonta ganti pasangan (multipartner) juga bisa meningkatkan munculnya resiko kanker serviks. Maka dari itu, kepedulian terhadap diri sendiri sangatlah penting untuk bisa di lakukan untuk mencegah kanker serviks terjadi.

  • Kurangnya menjaga kebersihan organ reproduksi

Organ reproduksi yang juga tidak terjaga kesehatannya bisa menyebabkan oragan ini terpapar HPV dan mengakibatkan kanker serviks. Salah satu gejala yang dapat muncul akibat kanker serviks adalah keputihan abnormal. Yang mana keputihan akan nampak tidak biasa seperti berwarna kuning kehijauan, berbau serta gatal Padahal dalam kondisi normal, keputihan biasanya berwarna bening atau putih, lalu tidak berbau serta tidak memicu rasa gatal di area intim. Maka sangat penting sekali untuk menjaga area intim agar tetap bersih.

Selain dari pada itu, beberapa faktor lainnya yang di anggap sebagai penyebab kanker serviks yang diantaranya seperti perokok aktif dan juga menggunakan alat kontrasepsi berupa pil kb dalam jangka waktu yang panjang. Sekinian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semboga bermanfaat dan bisa memberikan wawasan agar kita bisa mencegah penyakit pembunuh wanita no.1 di dunia ini.

By Nida Saripah - Penyakit Selasa, 13 Juni 2017 09:50:04

Related Post :
Penyakit
Mengenal Penyakit Infeksi HSV…

Herpes genital atau HSV…

Manfaat
Kismis Si Kecil Yang…

Informasi tentang kandungan gizi…

Manfaat
Manfaat Toge Selain untuk…

Toge merupakan sebagai salah…

Tips
Cara Membuat Kopi Hijau…

Cara membuat kopi hijau…

Alami
Obat Flu Tradisional Dan…

Flu atau disebut juga…

Kesehatan
Inilah Daftar Makanan Sehat…

Selain mengkonsumsi obat dari…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Penyakit
Perhatikan ! Ini Bedanya Sakit Amandel Dan Radang Tenggorokan

Informasi tentang perbedaan sakit amandel…

Penyakit
Waspadai ! 8 Jenis Kanker Ini Dapat Menyerang Wanita

Selain kanker serviks, ada berbagai…

Kirim Pertanyaan
Top