10 Cara Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Share dan Tag Temanmu di :

Menjaga kesehatan mata tidak hanya dapat dilakukan oleh orang yang tidak pernah memiliki gangguan atau penyakit pada mata. Tapi menjaga kesehatan mata juga harus dilakukan oleh orang yang mengidap gangguan atau penyakit pada mata. Supaya penyakit pada mata tidak semakin parah.


Mungkin sebagian orang tidak mengetahui bahwa seiring dengan bertambahnya usia maka ada perubahan yang terjadi pada mata. Oleh karena itu, usahakan jaga kesehatan mata meskipun tidak pernah mengidap penyakit pada mata.

10 Cara Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Konsumsi makanan sehat dan bernutrisi

Cara untuk menjaga kesehatan mata yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bernutrisi. Terutama makanan yang mengandung nutrisi baik untuk menunjang kesehatan mata diantaranya makanan yang mengandung vitamin A, C, E, omega 3, lutein dan zinc. Beberapa makanan yang memiliki kandungan nutrisi tersebut diantaranya wortel, sayuran hijau, ikan, telur, buah-buahan dan kacang-kacangan.

Menggunakan kacamata hitam

Salah satu manfaat menggunakan kacamata hitam adalah membantu melindungi mata supaya terhindar dari paparan sinar matahari. Berbagai penyakit pada mata yang ditimbulkan akibat sinar matahari yaitu pinguekula, karsinoma sel skuamosa, nevus konjungtiva dan melanoma.

Gunakan pelindung mata

Cara menjaga kesehatan mata tidak hanya mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi saja. Tapi juga harus menggunakan pelindung mata saat kerja di industi atau proyek tertentu. Oleh karena itu bagi anda yang bekerja di pabrik, proyek bangunan, menggunakan mesin-mesin berat, dan di pertambangan, maka sebaiknya gunakan pelindung mata supaya anda tidak mengalami cedera ataupun gangguan pada mata.

Tidur yang cukup

Dengan tidur maka akan mengistirahatkan mata. Oleh karena itu tidur yang cukup tidak boleh kurang dan tidak juga terlalu lama. Bila mata sudah merasa ngantuk karena seharian bekerja, maka sebaiknya tidur. Perlu anda ketahui bahwa mata juga memerlukan istirahat supaya rileks dan tentunya segar saat melakukan aktivitas esok harinya.

Jangan sering mengucek mata

Mengucek mata biasanya ketika mata terasa perih dan gatal. Sesekali boleh saja mengucek mata, tapi bila sering mengucek mata maka akan menyebabkan iritasi yang berbahaya pada mata. Bagi anda yang sering mengucek mata, sebaiknya mulai sekarang hilangkan kebiasaan ini karena sering mengucek mata bisa menyebabkan mata merah, pendarahan dan iritasi pada mata.

Jaga jarak pandang

Agar terhindar dari gangguan pada mata seperti mata minus maka sebaiknya jaga jarak pandang. Janganlah terlalu dekat berada di depat layar komputer dan jangan terlalu dekat juga ketika nonton tv. Jarak minimal mata dari layar televisi yaitu 2 meter, dan jarak minimal dari layar komuter yaitu 30 cm.

Jangan membaca sambil tiduran

Cara lainnya untuk menjaga kesehatan mata yaitu hindari membaca sambil tidur. Terlebih bagi anda yang suka melakukan membaca sambil tidur sebaiknya mulai dari sekarang jangan membaca sambil tidur. Karena sering membaca sambil tidur akan menambah nilai silindris mata.

Jangan membaca dalam cahaya lampu yang redup

Selain jangan membaca sambil tiduran, cara lainnya untuk menjaga kesehatan yaitu jangan membaca dalam cahaya lampu yang redup. Sebab dapat menyebabkan ketegangan mata. Oleh karena itu, bagi anda yang pernah maupun sering membaca dalam cahaya lampu yang redup, mulai sekarang hindari kebiasaan ini supaya anda terhindar dari gangguan pada mata.

Jangan menggunakan lensa kontak terlalu lama

Bagi anda yang suka menggunakan lensa kontak, sebaiknya jangan terlalu lama atau lebih dari 19 jam menggunakannya. Karena bisa mengakibatkan kerusakan pada mata.

Lakukan pemeriksaan mata secara rutin

Pemeriksaan mata pada dokter spesialis mata tidak hanya dilakukan oleh orang yang mengalami gangguan pada mata saja, tapi juga dapat dilakukan oleh orang yang memiliki mata yang sehat. Terlebih untuk anda yang berusia lebih dari 40 tahun. Dan untuk anda yang merasakan gatal pada mata, mata merah, mengalami pembengkakan pada mata, penglihatan menjadi buram bahkan kabur serta sulit membedakan warna. Maka sebaiknya segera periksakan pada dokter spesialis mata.

Itulah cara untuk menjaga kesehatan mata. Semoga dapat bermanfaat.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Selasa, 13 Juni 2017 11:17:54

Related Post :
Kewanitaan
Mengenal Jenis-jenis Keputihan Dan…

Keputihan normal ataupun keputihan…

Kesehatan
Jenis Makanan Pemicu Penyakit…

Berikut adalah beberapa makanan…

Kesehatan
Ini Bahayanya Bila Terlalu…

Selain menyebabkan obesitas, ini…

Penyakit
Pengobatan Ganglion Di Pergelangan…

Berikut adalah prosedur pengobatan…

Kesehatan
Makanan Yang Tidak Boleh…

Makanan yang tidak boleh…

Penyakit
Komplikasi Dan Bahaya Sakit…

Ketahui komplikasi dan bahaya…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya

  • Penyakit Liver kronis

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa sakit liver itu selain perut buncit kaki juga bengkak? Sebabnya apa? Krn banyak minum?

  • Hipertensi

    0 Balasan

    Kesehatan

    Apakah aman jika saya di beri obat amlodipine dn candesartan untuk diminum bersamaan karema tekanan darah saya tinngi


Kesehatan
Cara Meningkatkan Kualitas Sperma Pria Secara Alami Dan Cepat

Tips dan cara meningkatkan kualitas…

Kesehatan
Mengenal Gejala Penyebab Dan Cara Menangani Batuk Kering

Informasi tentang penyebab dan gejala…

Kesehatan
Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Kanker Tulang

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi…

Kirim Pertanyaan
Top