Berbagai Manfaat Daun Kitolod Dan Bunganya Untuk Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun kitolod dan bunganya bagi kesehatan, tentunya telah banyak di ketahui bahkan di manfaatkan oleh masyarakat. Namun bagi anda yang belum mengetahuinya sama sekali anda bisa menyimak informasi selengkapnya hanya disini.


Kitolod adalah salah satu jenis tanaman obat herbal yang cukup mudah untuk di ketahui dan tumbuh liar di  selokan, pinggir sunga, pematang sawang, pinggir danau dan di tempat lainnya yang memiliki kelembaban cukup tinggi di dataran sekitar 1000 mdpl. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Isotoma Longiflora ini mengandung lobelin dan isotomin yang cukup tinggi di dalamnya

Adapun kandungan daun kitolod ini di ketahui di antaranya seperti saponin, alkaloid, polifemol dan saponin. Sehingga siapa sangka tanman ang sering terabaikan ini  terbukti secara efektif dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti halnya iritasi mata, sakit hinggi hingga kanker.

Adapun bagi anda yang belum mengatyhui atau mengenal tumbuhan ini dengan baik, berikut adalah anatomi atau karakteristik dari tanaman kitolod ini sendiri diantaranya adalah sebgai berikut:

- Kitolod memiliki batang yang tegak, menopang daun, bunga dan buahnya hingga ketinggian 60 cm, dan pada pangkalnya memiliki getah yang beracun.
- Daun kitolod tunggal, berbentuk meruncing dan sisi-sisinya sedikit bergerigi.
- Perkembang biakan tanaman bisa di lakukan secara vegtative (stek) dan generative (bij).

Adapun untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat secara langsung foto dari tanaman kitolod bagi kesehatan.


Berbagai manfaat daun kitolod dan bunganya bagi kesehatan
Adapun berbagai khasiat daun kitolod dan bunganya bagi kesehatan adalah sebagai berikut.

1. Menjadi obat mata alami
Salah satu kegunaan bunga kitolod adalah sebagai obat mata yang mengalami iritasi hingga sebagai obat mata minus alami. Penggunaan kitolod sebagai obat mata sendiri telah terbukti aman secara ilmiah.

Adapun untuk cara menggunakannya sendiri anda bisa mengambil beberapa bunga kitolod  hngga ke pangkal tangkai bunganya. Kemudian rendam dengan menggunakan air bersih selama beberapa menit. Setelah itu, teteskan air dari ujung tangkai bunganya ke mata anda sebanyak 2-3 tetes. Awalnya mata akan terasa perih dan sepat. Dan ulangi cara ini sebanyak 3x dalam sehari.

2. Mengobati sakit gigi
Bagi anda yang kini tengah mengalami sakit gigi, anda bisa segera mengatasinya dengan herba kitolod khususnya baian daunnya. Caranya cukup dengan menumbuk 2 lembar daun kitolod hingga halus dan letakan ke dalam gigi yang berlubang. Namun, cara ini sebenarnya hanya bertindak sebagai penghilang rasa sakit saja, Sehingga untuk penyembuhannya anda bisa melakukan pencabutan atau penambalan gigi.

3. Mengobati asma dan radang tenggorokan
Daun kitolod juga sering kali di gunakan mengatasi radang tenggorokan, bronkitis hingga menjadi obat asma herbal. Adapun untuk cara memanfaatkannya adalah dengan merebus 2-3 helai daun kitilod yang bersih. Setelah itu, airnya di saring dan di minum hingga 2x sehari.

4. Antibiotik luka
Herbal daun kitolod juga dapat berperan sebagai antibiotik alami untuk mengobati luka ringan seperti lecet atau robek. Adapun cara penggunaannya sendiri sama halnya seperti penggunaan sakit gigi. Daun kitilod di tubuk hingga halus  dan balurkan pada luka dan aerah di sekitarnya. Adapun cara ini tidak di anjurkan pada luka berat seeprti halnya luka sobek  yang terlalu dalam karena jika daun tertinggal di dalam luka untuk waktu yang lama maka dapat menyebabkan infeksi.

5. Mengobati katarak
Katarak adalah salah satu jenis penyakit yang memerlukan operasi medis untuk medapat kesembuhannya. Namun patut untuk anda ketahui, bahwasannya tanaman kelas rendah seperti kitolod dapat membantu mengatasi katarak. Untuk cara pemanfaatannya sendiri, anda bisa mengambil selembar daun kitilod. Patahkan tulang daunnya, tekan hingga mengeluarkan air dan campur airynua sengan 5 sendok makana air bersih. Kemudian teteskan ke mata yang mengalami mata katarak.

6. Mengobati kanker
Banyak yang mempercayai bahwasannya daun kitilod juga mampu membantu penyembuhan kanker. Caranya sendiri adalah dengan merebus 3 lemabar daun kitilod segar (tanpa pangak batang) dengan 5 glas air hingga menyisakan 1 gelas air. Setelah dingin anda bisa mengonsumsinya 1 gelas 1 hari.

Nah selain dari pada itu, masih banyakk manfaat daun kitolod dan bunganya untuk kesehatan yang tak bisa kami sampaikan secara keseluruhan. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda.

By Nida Saripah - Daun Selasa, 13 Juni 2017 11:49:11

Related Post :
Tips
Cara Agar Minus Pada…

Berbagai tips dan cara…

Tips
Inilah Pertolongan Pertama Pada…

Pertolongan pertama pada serangan…

Kesehatan
Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi…

Menghindari makanan penyebab kolesterol…

Tips
Tips Mengobati Asam Lambung…

Tips mengobati asam lambung…

Manfaat
Tak Disangka! Ini Manfaat…

Selain daging buahnya, bijinya…

Ibu Dan Anak
Masalah yang Sering Timbul…

Pada tahap pertumbuhan gigi,…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Durian Bagi Kesehatan Tubuh

Selain buah durian, ternyata khasiat…

Daun
Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Peterseli Untuk Kesehatan

Selain menjadi masakan, Khasiat dan…

Kirim Pertanyaan
Top