Waspada Leukemia Penyakit Penyebab Suami Ririn Meninggal

Share dan Tag Temanmu di :

Akhir pekan kemari mungkin menjadi har yang paling menyedihkan bagi Mario atau akrab disapa Markoneng yang merupakan manajer artis. Pasalnya, tidak sampai 24 jam, ia harus berada dalam dua peristiwa duka cita. Ia harus merelakan salah satu artisnya, Julia Perez yang meninggal dunia akibat kanker serviks yang dialaminya pada hari Sabtu (10/6) pukul 11.12 WIB. Disisi lain, salah satu artis yang juga ia manajeri, Ririn Ekawati harus kehilangan suaminya, Ferry Wijaya yang menghembuskan nafas terakhirnya pada Minggu (11/6), pukul 00.15 WIB.


Suami Ririn Ekawati diketahui meninggal akibat penyakit leukemia yang belum lama dideritanya. Leukemia merupakan jenis kanker pada darah atau sumsum tulang yang ditandai oleh perbanyakan secara tidak normal atau transformasi maligna dari sel-sel pembentuk darah di sum-sum tulang dan jaringan limfoid. Penyakit ini umumnya terjadi pada sel darah putih (leukosit).

Penyebab dan Gejala Penyakit Leukemia yang Perlu Diketahui

Seperti yang diketahui, sel darah putih atau leukosit memiliki peran yang sangat penting dalam sistem imunitas tubuh, bahkan inilah sel utama dari sistem imun. Walaupun begitu, jumlah leukosit yang banyak bukan berarti lebih bagus. Ini justru dapat merugikan tubuh, karena sel putihyang terbentuk bukanlah sel yang normal sehingga tidak memiliki fungsi sebagaimana leukosit normal.

Penyebab dasar dari leukemia belum diketahui secara pasti. Namun, diduga mutasi DNA dalam sel darah putih menyebabkan perubahan tindakan setiap sel. Selain itu, perubahan lain dalam sel darah putih akibat faktor gen dan lingkungan juga diperkirakan turut berperan dalam timbulnya leukemia. 

Berikut ini beberapa faktor yang diduga dapat meningkatkan risiko kanker darah, diantaranya adalah :

Genetika atau faktor keturunan

Penderita down syndrome atau gangguan genetikan lainyang langka dapat meningkatkan risiko leukemia akut. Sedangkan leukemia limfatik sering diturunkan dalam keluarga dan biasanyad ialami oleh pria. Selain itu, riwayat keluarga yang mengidap leukemia juga bisa memperbesar risiko Anda mengalami penyakit yang sama.

Merokok

Seperti yang telah diketahui, merokok merupakan kebiasaan yang dapat memicu timbulnya berbagai penyakit, termasuk meningkatkan risiko kanker darah terutama leukemia mielogen akut.

Pernah mengalami pengobatan kanker

Kemoterapi atau radioterapi tertentu diduga dapat memicu timbulnya penyakit leukemia atau kanker darah.

Pernah mengalami pajanan terhadap radiasi tingkat tinggi atau zat-zat kimia tertentu

Misalnya orang yang pernah terlibat dalam kecelakaan yang berhubungan dengan reaktor nuklir atau mengalami pajanan zat kimia seperti benzena.

Walaupun begitu, sebagian besar orang yang memiliki risiko tinggi tersebut tidak mengalami leukemia. Disisi lain, penderita leukemia sering kali ditemukan justru pada orang yang tidak memiliki risiko tersebut.

Setiap penderita leukemia biasanya mengalami indikasi yang berbeda, tergantung pada jenis kanker darah yang diidapnya. Indikasi-indikasi kanker juga cenderung sulit dikenali karena cenderung mirip dengan kondisi lain, seperti flu. Maka dari itu, kita harus mewaspadai beberapa gejala umum yang tidak kiat membaik atau mereda, seperti diantaranya :

  1. Demam dan menggigil
  2. Sakit kepala
  3. Muntah-muntah
  4. Lemas atau kelelahan yang berkepanjangan
  5. Penurunan berat badan
  6. Keringat berlebih, terutama pada malam hari
  7. Muncul bintik-bintik merah pada kulit
  8. Nyeri pada tulang atau sendi
  9. Pembengkakan pada limfa noda, hati, atau limpa
  10. Mudah mengalami pendarahan (seperti sering mimisan) atau memar
  11. Muncul infeksi yang parah atau sering terjadi

Jika Anda atau orang-orang disekitar Anda mengalami gejala tersebut, maka sebaiknya segera hubungi dokter dan periksakan diri untuk memastikan penyebab dari gejala tersebut. 

By Sri Maryati - Kesehatan Selasa, 13 Juni 2017 13:06:24

Related Post :
Penyakit
Pengobatan Keracunan Makanan Dan…

Pengobatan keracunan makanan pada…

Tips
Cara Ampuh Menghilangkan Varises…

Cara ampuh menghilangkan varises…

Kesehatan
Penyebab Penderita Stroke Susah…

Penyebab penderita stroke susah…

Tips
Patut Dicoba! Cara Mengempeskan…

Patut Dicoba! Cara mengempeskan…

Kesehatan
Diagnosis Virus Zika Dan…

Virus Zika adalah sebuah…

Kesehatan
Benarkah Makan Es Krim…

Es krim merupakan salah…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Kesehatan
Kesehatan
Kirim Pertanyaan
Top