Cara Mendeteksi Penyakit Leukemia yang Perlu Diketahui

Share dan Tag Temanmu di :

Penyakit leukemia atau kanker darah akhir-akhir ini menjadi perbincangan karena merupakan penyakit yang menjadi penyebab meninggalnya suami dari Ririn Ekawati. Lalu, seberapa bahayakah penyakit leukemia tersebut ?

Seperti yang diketahui bahwa penyakit kanker merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya yang banyak ditakuti dan juga merupakan penyebab kematian tertinggi didunia. Terdapat banyak jenis penyakit kanker yang bisa timbul, termasuk kanker darah atau leukemia. 

Pada artikel sebelumnya kami sudah memberikan informasi seputar definisi, penyebab, dan gejala penyakit leukemia. Nah, kali ini kami akan memberikan informasi seputar cara mendeteksi penyakit leukemia yang harus diketahui agar kita bisa mencegah dan menghindari penyakit leukemia. Untuk informasi selengkapnya, silahkan simak uraian dibawah ini !

Cara Mendeteksi Penyakit Leukemia yang Perlu Diketahui


Pada tahap awal, penyakit leukemia jarang sekali menunjukkan gejala. Maka dari itu, dokter seringkali menemukan kasus ini melalui pemeriksaan darah rutin. Namun, selain melalui tes darah, Anda juga bisa melakukan beberapa cara lain untuk mendeteksi penyakit leukemia. Berikut ini cara mendeteksi penyakit leukemia atau kanker darah yang bisa Anda lakukan, diantaranya :

Pemeriksaan fisik

Pada tahap awal, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik terhadap pasien. Misalnya mencari tanda apakah kulit terlihat terlalu pucat karena sering mengalami anemia atau ada tidaknya pembengkakan pada sistem limfa dan hati. 

Tes darah

Dengan menganalisis sampel darah pasien, maka dokter bisa mendiagnosis apakah kadar sel darah putih atau platelet jumlahnya melebihi batas normal, yang biasanya memang dapat memicu leukemia. 

Biopsi

Biopsi merupakan satu-satunya cara pasti untuk mengetahui apakah didalam sumsum tulang pasien terdapat sel-sel leukimia. Hal ini membutuhkan anestesi lokal untuk membantu mengurangi rasa sakit. Dokter akan mengambil beberapa sumsum tulang dari tulang pinggul atau tulang besar lainnya. Ada dua cara yang biasa digunakan, yaitu :

  • Aspirasi sumsum tulang, yaitu menggunakan jarum berongga tebal yang diambil hanya sumsum tulang.
  • Biopsi sumsum tulang, yaitu menggunakan jarum berongga sangat tebal untuk mengangkat sepotong kecil tulang dan sumsum tulang.

Spinal tap

Dalam proses ini, dokter akan mengangkat beberapa cairan cerebrospinal (cairan yang mengisi ruang di sekitar otak dan sumsum tulang belakang). Menggunakan jarum panjang dan kecil untuk mengangkat cairan. Prosedur ini memerlukan waktu sekitar 30 menit dan dilakukan pembiusan lokal. Pasien harus berbaring beberapa jam setelahnya untuk mempertahankannya agar tidak mengalami sakit kepala. 

Sitogenetik

Laboratorium akan meneliti kromosom dari sampel sel darah, sumsum tulang, atau kelenjar getah bening. Jika kromosom abnormal ditemukan, maka tes dapat menunjukkan jenis leukemia yang dialaminya. Misalnya, orang dengan CML memiliki kromosom abnormal yang disebut kromosom Philadelphia. 

X-ray dada

Pemeriksaan X-ray dapat menunjukkan pembengkakan kelenjar getah bening atau tanda-tanda lain dari penyakit yang terdapat didalam dada. 

By Sri Maryati - Tips Rabu, 14 Juni 2017 08:15:06

Related Post :
Kesehatan
Pantangan Dan Jenis Makanan…

Pantangan dan jenis makanan…

Penyakit
Ketahui Komplikasi Penyakit Radang…

Radang panggul merupakan infeksi…

Kesehatan
Benarkah Sering Baca Berita…

Menurut sebuah survei, 65%…

Ibu Hamil
Benarkah Rumput Fatimah Bisa…

Benarkah Rumput Fatimah Bisa…

Alami
Obat TBC Tradisional Dari…

Obat TBC tradisional dari…

Manfaat
Manfaat Dan Kandungan Buah…

Buah blueberry memiliki nama…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Tips Sederhana Jaga Kesehatan Mata Bagi Pecandu Gadget

Penggunaan gadget dapat menimbulkan berbagai…

Tips
Susah Tidur? Begini Cara Mudah Mengatasinya

Cara mengatasi susah tidur secara…

Tips
Anda Pecinta Makanan Pedas? Ikuti Tips Kesehatan Berikut!

Makanan pedas diketahui memiliki manfaat…

Kirim Pertanyaan
Top