Ketahui Ciri-Ciri Kanker Serviks Dan Cara Mendeteksinya Sejak Dini

Share dan Tag Temanmu di :

Ciri-ciri kanker serviks sebaiknya di ketahui sejak dini khususnya bagi para wanita. Hal tersebut menjadi bentuk kewaspadaan dan pencegahan anda akan penyakit mematikan no satu di dunia bagi para wanita.


Meski seminggu hampir berlalu, ranah hiburan tanah air masih berkabung seiring berpulangnya Julia Perez, sosok aktris yang selalu tampil ceria dan menghibur di setiap kesempatan dan penampilan. Jupe sendiri mengehmbuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Cipto Mangung Kusumo (RSCM), pada sabtu 10 juni 2017, akibat penyakit kanker serviks.

Berita tersebutpun sontak menggemparkan dan lebih menyadarkan masyarakat akan lebih waspada akan penyakit yang mematikan ini. Pasalnya, masalah kanker serviks sendiri nyatanya bukanlah kasus langka. Hal tersebut pun terbukti dari banyaknya penderita kanker serviks, baik di Indonesia maupun di luar negri.

Tanda gejala dan Ciri-ciri kanker serviks yang perlu anda ketahui sejak dini

Kanker serviks adalah kanker yang terjadi pada leher rahim (mulut rahim). Leher atau mulut rahim sendiri merupakan bagian rahim terbawah yang menjadi peralihan antara V dan juga rahim. Dan seperti yang telah di sampaikan pada kesempatan sebelumnya, bahwasannya penyebab kanker serviks sendiri di sebabkan oleh oleh menyebarkan sejenis virus HPV high risk di dalam tubuh.


Adapun kebanyakan wanita yang terkena kanker ini sering kali tidak menyadari bahwa mereka telah mengidap kanker yang mematikan ini. Hal tersebut memang di karenakan gejala kanker serviks stadium awal sering kali tidak muncul, setelah sel kanker telah melakukan invanis ke dalam jaringan yang lebih dalam dan menyebar ke jaringan organ di sekitarnya.

Namun meski begitu, terdapat beberapa ciri-ciri kanker serviks yang juga bisa muncul pada stadium awal. Sehingga apabila anda mengalami beberapa diantaranya segera bertindak aktif untuk segera memeriksakannya ke dokter. Adapun beberapa tanda kanker servik sejak dini adalah sebagai berikut:

1. Adanya flek atau pendarahan di luar jadwal menstruasi

Keluarnya  bercak darah atau pendarahan ringan diluar jadwal menstruasi merupakan gejala awal yang perlu di curigai. Namun tidak semua kondisi tersebut mengarah pada kanker serviks. Beberapa kondisi juga dapat menjadi penyebab kondisi tersebut, seperti seorang wanita mengalami stres, kondisi tubuh yang kurang fit, menggunakan kontrasepsi, gejala keguguran dan lainnya. Namun, sebagai langkah kehati-hatian, kita harus menyikapi pendarahan tersebut sebagai bentuk kecurigaan  kita terhadap gejala kanker serviks, terlebih jika di sertai dengan beberapa gejala lainnya yang mana akan kami uraikan sebagai berikut.

2. Masa menstruasi lebih panjang dan darah dari pada biasanya

Jika biasanya darah haid yang keluar tidak sebanyak seperti sekarang dan durasi haid yang anda alami salama 5-7 hari, namun pada seorang wanita yang di curigai adanya masalah pada rahim maka masa menstruasi juga akan menjadi lebih panjang. Seperti halnya ada tumor, gangguan pembekuan darah dan termasuk di dalamnya kanker mulut rahim (serviks).

3. Mengalami nyeri selama berhubungan seksual

Pada saat seorang wanita mengalami suatu perubahan yang ganas pada mulut rahimnya, maka organ tersebut akan menjadi lebih sensitif akibat proses peradangan dan kematian sel (nekrosis). Sehingga akaibatnya akan mudah tersa nyeri saat di sentuh seperti halnya saat melakukan hubungan intim bersama pasangan.

4. Mengalami nyeri di sekitar panggul

Gejala yang satu ini sering kali hampir tak terduga. Biasanya rasa tak nyaman dan nyeri di sekitar panggul tersebut terjadi akibat proses peradangan pada leher rahim

5. Mengalami pendarahan pasca menopause

Saat seorang wanita mengalami masa menopause maka artinya merka tidak akan mengalami haid lagi. Maka dari itu, jika terjadi kembali pendarahan setelah masa ini, maka akan di curigai bahwa darah tersebut berasal dari kanker serviks.

6. Mengalami keputihan abnormal

Pada keputihan normal, cairan yang keluar bening, tidak berbau dan juga tidak menimbulkan rasa gatal. Namun pada keputihan abnormal, cairan yang keluar berwarna hijau kekuningan, bercampur nanah bahkan berwarna coklat seperti darah kotor.

Selain dari pada itu, beberapa kondisi juga sering kali dianggap sebagai gejala-gejala kanker serviks yang diantaranya adalah kehilangan nafsu makan, kelelahan, berat badan turun tanpa alasan yang jelas, sakit punggung, nyeri atau bengkak pada kaki hingga mudah mengalami patah tulang. Adapun untuk cara mendeteksinya biasanya prosedur medis dapat di lakukan kapanpun untuk mendeteksi ada atau tidak adanya sel kanker yang bersarang di tubuh kita.

Nah, itulah informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar ciri-ciri kanker serviks dan cara mendeteksinya. Semoga apa yang kami informasikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat dan lebih meningkatkan kewaspadaan kita tehadapa pnyakit memamtikan ini.

By Nida Saripah - Penyakit Rabu, 14 Juni 2017 11:26:48

Related Post :
Penyakit
Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi yang…

Meskipun jarang menunjukkan gejala,…

Kesehatan
Menakjubkan ! Ternyata Ini…

Tidak hanya daging buahnya…

Penyakit
Kenali Penyakit Polio Serta…

Mengenal penyakit polio serta…

Manfaat
Kandungan dan Manfaat Terong…

Kandungan dan manfaat terong…

Kesehatan
Bahaya Obesitas Bagi Kesehatan…

Bahaya obesitas bagi kesehatan…

Kesehatan
Kenali Gejala Klamidia Serta…

Mengenal berbagai gejala penyakit…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Waspadai Penyakit Alzheimer Jika Mulai Sering Lupa

Sering mengalami kelupaan terhadaap sesuatu…

Penyakit
Awas! Jangan Abaikan Gejala Saraf Kejepit Berikut Ini!

Meskipun umum terjadi, namun Anda…

Penyakit
Wajib Tahu! Ciri-ciri Peredaran Darah Tidak Lancar

Wajib tahu! Ciri-ciri peredaran darah…

Kirim Pertanyaan
Top