Manfaat Mengonsumsi Daging Unta Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Dilansir dari Wikipedia, daging merupakan bagian lunak pada hewan yang terbungkus kulit dan melekat pada tulang yang menjadi bahan makanan. Sebagian besar daging tersusun dari jaringan otot, ditambah dengan lemak yang melekat padanya, urat, serta tulang rawan.

Sebagai komoditas dagang, daging biasanya disematkan untuk yang berasal dari daging hewan (mamalia dan reptil) saja. Daging jenis ini juga disebut daging merah, dan diperdagangkan dalam bentuk potong-potongan. Sedangkan ikan, amfibi, hewan laut, dan unggas tidak termasuk komoditas daging, karena dapat diperdagangkan secara utuh. Daging non-komoditas ini disebut juga daging putih. 


Ada beragam jenis daging yang bisa dikonsumsi, salah satunya adalah daging unta. Bagi masyarakat Indonesia sendiri, mungkin jarang sekali menemukan daging unta. Namun, hewan yang satu ini sering dijadikan sebagai salah satu hewan kurban di daerah Timur Tengah. 

Unta merupakan hewan yang unik, karena hanya bisa hidup di habitat gurun pasir. Biasanya unta digunakan sebagai binatang pekerja untuk dimanfaatkan tenaganya seperti kuda. Disamping itu, susu dan daging unta juga banyak dimanfaatkan untuk kesehatan sebagai obat sesak nafas atau penyakit asma.

Unta dapat menyediakan daging yang cukup banyak. Untuk unta dromedari janta dapat memiliki tubuh dengan massa 300-400 kg, sedangkan daging unta baktrian jantan bisa mencapai 650 kg. Namun, daging unta betina memiliki massa yang lebih ringan. 

Daging bagian punggung, rusuk, dan pinggang merupakan bagian yang paling dicari, bagian punuk lebih jarang. Disebutkan daging untqa memiliki rasa seperti daging sapi yang kasar, dan unta yang lebih tua memiliki daging yang lebih alot. Daging unta dapat menjadi lunak jika dimasak lebih lama. 

Diketahui daging unta memiliki manfaat bagi kesehatan dan dapat membantu dalam pengobatan penyakit. Berikut ini manfaat mengonsumsi daging unta bagi kesehatan yang harus diketahui :

  • Mengobati asma

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa daging unta dapat membantu mengatasi sesak nafas atau penyakit asma. Selain daging, ternyata hati unta juga memiliki manfaat yang baik sebagai obat asma. Terdapat dua jenis hati unta, yaitu kering dan basah. Namun, hati unta yang dalam kondisi kering lebih banyak dijual karena bisa lebih tahan lama. 

Cara mengonsumsi hati unta untuk mengatasi asma bisa dengan cara menggoreng hati unta dengan sedikit minyak atau dipanggang. Kemudian haluskan hati unta hingga menjadi serbuk. Konsumsu serbuk hati unta ini dua kali sehari dengan dosis 1 sendok makan. 

  • Sumber protein

Sama halnya dengan daging merah pada umumnya, daging unta juga diyakini memiliki kandungan protein yang tinggi, Protein sangat bermanfaat bagi tubuh sebagai pembentuk otot dan regenerasi sel otot yang rusak. 

  • Mengendalikan kolesterol

Daging unta tidak memiliki kandungan lemak jenuh atau lemak jahat yang dapat menyebabkan penumpukan kolesterol. Kolesterol sendiri dapat memicu terjadinta penyakit berbahaya seperti penyempitan pembuluh darah dan penyakit jantung. 

  • Rendah lemak

Sebenarnya unta memiliki kandungan lemak yang tinggi, namun ini tidak tersebar di seluruh dagingnya. Karena ada hal unik dari unta, yaitu unta mengumpulkan hampir semua lemaknya di bagian punuk. Hal inilah yang membuat daging unta memiliki kadnungan lemak yang sangat rendah dan sangat bermanfaat bagi mereka yang sedang menghindari kolesterol.

Itulah beberapa manfaat mengonsumsi daging unta bagi kesehatan tubuh yang perlu diketahui. Semoga informasi yang kami sampaikan bisa bermanfaat bagi Anda. 

By Sri Maryati - Manfaat Rabu, 14 Juni 2017 14:04:43

Related Post :
Kesehatan
Jenis Makanan Pembakar Lemak…

Daftar makanan pembakar lemak…

Kesehatan
Sayur dan Buah yang…

Mata minus memiliki tingkat…

Penyakit
Waspada! Ini Penyebab Dan…

Waspada! ini penyebab dan…

Kesehatan
Hal-hal yang Harus Wanita…

Hal-hal yang harus wanita…

Manfaat
Menakjubkan! Ini Khasiat Lada…

Tahukah anda apa saja…

Kesehatan
Kesalahan Saat Diet Yang…

Sebelum anda menjalani program…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Khasiat Ikan Gabus Bantu Penyembuhan Luka Operasi Caesar

Selain mengonsumsi obat dokter, khasiat…

Manfaat
Kebaikan yang Bisa Didapat Jika Rutin Konsumsi Jeruk

Jeruk merupakan salah satu sumber…

Manfaat
Kandungan Gizi Buah Pir Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Tidak hanya enak untuk dikonsumsi…

Kirim Pertanyaan
Top