Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil Agar Badan Tetap Fit Dan Sehat

Share dan Tag Temanmu di :

Tips berpuasa bagi ibu hamil berikut bisa anda aplikasikan selama menjalankan ibadah puasa seperti saat sekarang ini, sehingga anda bisa berpuasa dengan nyaman tanpa harus merasakan khawatir akan kondisi kesehatan dan sang janin yang tengah berada di rahim anda. Adapun berbagai tipsnya bisa nda simak dalam uraian berikut ini.


Puasa ramadahan merupakan salah satu bentuk ibadah wajib bagi muslim yang telah baligh dan berakal tak terkecuali ibu hamil. Namun, islam sendiri memperbolehkan ibu hamil untuk berbuka (tidak berpuasa) selama ia menghawatirkan kurangnnya asupan nutrisi pada janin yang tengah berada di dalam rahimnya, dan mengganti  puasa tersebut di bulan lainnya. Meski begitu, beberapa ibu hamil memilih untuk tetap menjalankan ibadah puasa sebagaimana mestinya. Sebelum itu, anda perlu mendapatkankan persetujuan dari dokter agar puasa yang anda lakukan di nyatakan aman selama kehamilan.

Selain telah mendapatkan persetujuan dari dokter, anda juga harus tetap memperhatikan dan memenuhi asupan nutrisi janin dan jangan sampai mengabaikannya pada saat berbuka dan sahur. Hal tersebut dapat menunjang hasil penelitian pada ibu hamil yang berpuasa dan ibu hamil yang tidak berpuasa dengan asupan nutrisi yang sama, tidak mengalami perbedaan  baik dari  segi kehatan baupun kecerdasan otak janin.

Pada saat kehamilan telah memasuki trimester kedua atau ketiga, biasanya memiliki tingkat kekuatan yang lebih tinggi untuk melakukakan puasa ketimbang dengan ibu hamil yang baru memasuki timester pertama kehamilan. dengan tanda-tanda awal kehamilan yang mungkin cukup mengganggu. Di samping itu, terdapat beberapa kiat maupun tips yang bisa anda lakukan untuk untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh anda agar tetap fit selama menjalankan ibadah puasa.

Tips berpuasa bagi ibu halmi agar badan tetap fit dan sehat

1. Pilih menu yang memiliki nutrisi cukup saat sahur

Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi janin dan menjaga kesehatan anda selama berpuasa, maka pilihlah berbagai menu yang kaya akan kandungan nutrisi seperti halnya karbohidrat kompleks, protein nabati maupun hewani  dan jugalemak. Kosumsi juga buah dan sayuran sehingga membuat pencernaan anda tetap lancar dan terhindar dari wasir pada ibu hamil.

2. Makan dengan porsi sedikit namun sering setelah berbuka dan juga ketika sahur

Pada beberapa ibu hamil, sering kali kehilangan nafsu makan pada saat berpuasa. Sehingga menyebabkan makan sedikitpun mudah kenyang. Namun anda perlu ingat, bahwasannya ada kesehatan janin yang harus selalu terjaga, sehingga anda dapat mengaturnya dengan porsi kecil namun sering sesuai dengan gizi yang di butuhkan.

3. Memperbanyak mengonsumsi air putih

Kekurangan mengonsumsi dapat membuat anda menjadi dehidrasi. Anda bisa membagi asupan air setelah berbuka puasa dan juga ketika sahur. Dalam arti kebutuhan 8 gelas air setiap hari, 4 gelas pada saat sahur dan 4 gelas air putih lainnya setelah berbuka. Tak usah meminumnya 4 gelas sekaligus, anda bisa membaginya dalam beberapa kesempatan.

4. Istirahat yang cukup

Mengatur waktu istirahat juga sangat penting bagi ibu hamil selama berpuasa. Anda bisa mensiasatinya dengan membuat makanan sahur padat bergizi dan mudah untuk di lakukan dengan sehingga tidak memerlukan waktu yang banyak, namun tetap memiliki nutrisi yang tinggi.

5. Jika di perlukan anda bisa mengonsumsi vitamin

Tidak semua jenis vitamin dapat di konsumsi oleh ibu hamil. Selain kandungan yang di miliki oleh vitamin itu sendiri, anda juga sebaiknya mengkonsultasikan kebutuhan  porsi vitamin tersebut kepada dokter anda, sehingga keperluan vitamin dapat bermanfaat secara maksimal unruk kesehatan anda juga janin.

6. Minum susu khusus untuk ibu hamil

Jika biasanya anda mengonsumsi susu hamil ketika malam hari, saat berpuasa anda bisa menggantinya pada saat setelah berbuka puuasa dan juga sehabis sahur. Adapun susu hamil ini sendiri sangat baik untuk menunjang perkembangan janin anda.

7. Berolahraga

Meski tengah berpuasa, anda perlumenyisipkan sedikit waktu untuk melakukan olahraga ringan. seperti halnya melakukan yoga sambil menunggu waktu berbuka ataupun berbagai jenis olahraga lainnya yang memiliki intensitas yang ringan.

Nah, itulah bebetapa tips berpuasa pada ibu hamil agar badan tetap sehat dan bugar. Semoga apa yangtelah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat dan menambah kekhusuan anda selama menjalankan ibadah puasa.

By Nida Saripah - Ibu Hamil Kamis, 15 Juni 2017 09:15:51

Related Post :
Obat Kimia
Obat Untuk Penyakit TBC…

Obat untuk penyakit TBC…

Penyakit
Waspada! Ini Faktor Penyebab…

Berikut adalah berbagai faktor…

Kesehatan
Alami
Manfaat Luar Biasa Dari…

Manfaat luar biasa jeruk…

Alami
Bahan Alami untuk Bantu…

Selain dapat meningkatkan kolesterol,…

Ibu Dan Anak
Tips Sederhana Mencegah Flu…

Tips sederhana mencegah flu…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • makanan yang baik untuk ibu hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 3 bulan. Agar kebutuhan gizi selama kehamilan terpenuhi atau tercukupi, makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil?

  • Normalkah ibu hami sering pusing?

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Tante saya sedang hamil 3 bulan, saat ini tante saya sering merasakan pusing. Apakah hal tersebut masih terbilang wajar atau merupakan gejala penyakit? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Mengatasi sakit kepala saat hamil secara alami

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Kakak saya sedang hamil 6 bulan, belakangan ini kakak saya sering mengeluhkan sakit kepala. Apakah kondisi yang dialami kakak saya berbahaya untuk kesehatannya dan kesehatan janinnya? Dan bagaimana cara mengatasi…

  • Diare Pada Ibu Hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya kini sedang hamil dengan usia kehamilan 32W. Namun sudah 4 hari ini saya mengalami diare dengan frekuaensi 7-10 kali selama sehari. Saya sudah memeriksakan kondisi saya ke bidan dan…

  • Mengalami Keputihan Selama Kehamilan

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 12w. Namun semenjak itu pula saya sering kali mengalami keputihan berwarna putih kental, dan juga kadang-kadang menyebabkan gatal pada daerah selangkangan saya. Apakah itu berrbahaya untuk kehamilan…


Ibu Hamil
Cara Menghilangkan Varises Pada Ibu Hamil Secara Alami

Cara menghilangkan varises pada ibu…

Ibu Hamil
Ibu Hamil
Kirim Pertanyaan
Top