5 Hal Terkait Penyakit Leukemia yang Patut Diketahui

Share dan Tag Temanmu di :

Hampir semua bagian yang ada dalam tubuh dapat mengalami gangguan, termasuk darah. Leukemia atau kanker darah menjadi salah satu masalah kesehatan yang dapat menyerang darah, tepatnya di sumsum tulang dimana sel-sel darah yang baru dibentuk. 

Gejala awal dari penyakit leukemia seringkali jarang diketahui sehingga penyakit terlanjur berkembang dan menimbulkan berbagai komplikasi. Mengetahui informasi seputar leukemia dan gejala awalnya sangat penting dan bisa menjadi salah satu kunci suksesnya pengobatan bagi penderita leukemia sekaligus mempertahankan kualitas hidupnya di kemudian hari. 


Berikut ini 5 hal terkait penyakit leukemia yang patut diketahui, diantaranya adalah :

  • Leukemia bukan penyakit tertular

Leukemia bukanlah penyakit infeksi yang mudah menular. Leukemia sendiri merupakan tipe keganasan atau kanker darah yang menyerang jaringan pembentul sel-sel darah, termasuk sumsum tulang dan kelenjar getah bening. 

Jaringan tersebut normalnya menghasilkan sel-sel darah dalam jumlah yang normal, termasuk sel darah putih. Sel darah putih atau leukosit ini berfungsi sebagai tentara yang memerangi berbagai kuman dan virus penyebab penyakit. Pada penderita leukemia, jumlah sel darah putih yang diproduksi sangat berlebih dan fungsinya tidak normal. Sel-sel ini justru menyerang sel normal sehingga banyak menyebabkan kerusakan di tubuh. 

  • Gejalanya hampir sama dengan penyakit biasa

Menurut dokter spesialis penyakit dalam dan hematologi onkologi medis dari RD Dharmais, Hilman Tadjoedin, gejala leukemia hampir menyerupai penyakit biasa, yaitu demam, lemas, pucat, gusi membengkak, sakit kepala, nyeri tulang, dan berat badan menurun. Jika beberapa gejala tersebut timbul tidak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter.

  • Leukemia dapat diturunkan

Hingga saat ini tidak ada penjelasan pasti mengenai penyebab leukemia. Walaupun begitu, beberapa faktor diketahui dapat meningkatkan risiko seseorang terkena leukemia di kemudian hari. Salah satunya adalah riwayat leukemia di keluarga, terutama orangtua dan saudara kandung. 

Selain itu, riwayat kemoterapi, paparan terhadap zat kimia tertentu, down syndrome, dan merokok juga diketahui dapat berpengaruh terhadap risiko leukemia. Orang yang memiliki faktor risiko tersebut diharapkan akan lebih waspada jika gejala awal leukemia terjadi.

  • Beda jenis leukemia, beda pula tingkat keberhasilan pengobatannya

Diketahui terdapat 4 jenis leukemia yang sejauh ini dikenal dalam dunia medis, yaitu Acute Myeloid Leukemia (AML), Chronic Myeloid Leukemia (CML), Acute Lymphocytic Leukemia (ALL), Chronic Lymphocytic Leukemia (CLL).

Keempat jensi leukemia tersebut dibedakan berdasarkan kecepatan perkembangan penyakit dan tempat berkembangnya. Akut berarti perkembangan leukemia berlangsung cepat sehingga tubuh hampir tidak memiliki cadangan sel darah putih normal sebagai tentara untuk membentengi diri. 

Sebaliknya, pada jenis leukemia kronik, perjalanan penyakit berlangsung lebih lambat, sehingga umumnya tubuh memiliki cukup tentara untuk memerangi kuman penyakit. Hal inilah yang menjadi dasar suksesnya pengobatan pada penderita leukemia. 

  • Penderita leukemia dapat menjalani kehidupan normal

Hal terakhir terkait leukemia yang patut diketahui yaitu bahwa penderita leukemia bisa menjalani kehidupan secara normal. Selain jenis leukemia, keberhasilan pengobatan juga dipengaruhi oleh derajat penyakit ketika awal diketahui dan usia ketika didiagnosis. Semakin dini penyakit ini didiagnosis dan dilakukan terapi, maka tingkat keberhasilan pengobatan leukemia pun akan semakin baik.

By Sri Maryati - Kesehatan Kamis, 15 Juni 2017 10:38:33

Related Post :
Obat Kimia
Obat Pereda Bronkitis Akut…

Obat Pereda Bronkitis Akut…

Penyakit
Kenali Penyebab Milia Dan…

Kenali penyebab dan jenis…

Penyakit
Perhatikan ! Ini Bedanya…

Informasi tentang perbedaan sakit…

Kesehatan
Kaki Bengkak? Ini Penyebab…

Beragam penyebab kaki bengkak…

Tips
Cara Tepat Mengatasi Tekanan…

Cara tepat mengatasi tekanan…

Kesehatan
Waspada! Ini Bahaya Jalani…

Bahaya jalani program diet…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya

  • Penyakit Liver kronis

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa sakit liver itu selain perut buncit kaki juga bengkak? Sebabnya apa? Krn banyak minum?

  • Hipertensi

    0 Balasan

    Kesehatan

    Apakah aman jika saya di beri obat amlodipine dn candesartan untuk diminum bersamaan karema tekanan darah saya tinngi


Kesehatan
Manfaat Telur Bebek Untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

Manfaat telur bebek untuk kesehatan…

Kesehatan
Buah-buahan Untuk Menurunkan Asam Lambung

Buah-buahan untuk menurunkan asam lambung…

Kesehatan
Tubuh Gemetar Setelah Minum Kopi? Mungkin Ini Penyebabnya

Minum kopi memang dapat membantu…

Kirim Pertanyaan
Top