Khasiat Dan Manfaat Daun Tembelekan Bagi Kesehatan Tubuh

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun tembelekan ternyata memberikan dampak positif yang cukup banyak bagi kesehatan. Adapun untuk khasiat daun tembelakan selengkapnya bisa anda simak dengan menyimak informasi berikut ini.


Tembelekan memiliki nama latin Lantana Camara. Tumbuhan yang tegolong ke dalam famili verbenaceae ini merupakan tumbuhan yang berasal dari Amerika Tropis yang di perkaya dengan berbagai zat penting di dalamnya. Tanaman ini sendiri tergolong ke dalam tanaman perdu atau setengah merambat, bercabang banyak, ranting berbentuk segi empat, serta terdapat varietas yang berduri dan varietas yang tidak berduri tumbuh setinggi kurang lebih 2 m.

Daunnya sendiri berbentuk tunggal, duduk saling berhadapan, berbentuk bulat telur ujung meruncing pinggir bergerigi tulang daun menyirip, permukaan atas berambut banyak sehingga terasa kasar dengan perabaan permukaan, sedang bagain bawahnya memiliki rambut yang jarang. Sedangkan bunganya berada dalam rangkaian yang bersifat rasemos, yang memiliki berbagai warna cantik seperti putih, merah muda, kuning jingga dan sebagainya. Adapun buahnya seperti buah buni berwarna hitam mengkilat apabila sudah matang.

Di negara kita, tanaman tembelekan ini memiliki nama panggilan masing-masing di daerahnya seperti Kembang satek, saliyara, tahi ayam, tahi kotok, cente (sunda), kembang telek, obio, puyengan, tembelek, tembelekan, tetrapan (jawa), kamanco, mainco, tamanjho (Madura), bunga pagar, kayu singapur, lai ayam (Sumatera), Wu se mei (China).

Kandungan daun tembelekan beserta tanamannya

Meski di Indonesia tanaman ini di anggap gulma seperti halnya daun patikan kebo, namun ternyata di dalamnya mengandung berbagai senyawa yang berguna bagi kesehatan. Seperti halnya saja daunnya sendiri, mengandung minyak menguap (humulene), lantadene A dan B. Selain itu, daunnya juga mengandung sifat antipruritus, antiswelling, dan emetikum.


Pada bunga dan akar tembekan juga terkandung bebebrapa jumlah senyawa aktif yang juga baik untuk kesehatan. Pada akarnya, terdapat sifat anti-toksik, antipiretik, dan analgesic dan hemostatik. Sedangkan pada bunganya hanya bersifat hemostatik saja. Adapun tem,belan juga mengandung unsur senyawa akuif lainnya seperti terpidene, asam lantonalat, B caryophyllene, asam lantat, p-cymene dan a pinene.

Manfaat daun tembelekan beserta akar dan bunganya bagi kesehatan

Secara morfologi dan klasifikasi tanaman, kegunaan daun tembelan sendiri cukup banyak khususnya dalam hal pengobatan tradisional berupa teh herbal maupun pasta. Adapun untuk khasiat daun tembelekan sendiri di antaranya adalah:

  • Dapat menghilangkan rasa gatal (antipruritus)
  • Menghilangkan pembengkakan (Antiswelling)
  • Penyakit kulit
  • Demam tinggi
  • Rematik dan juiga memar

Adapun untuk pemanfaatannya adalah sebagai pemakain luar, dengan cra melumatkan daun tembelekan segar, kemudian tempelkan pada bagian kulit atau tubuh yang bermasalah. Selain itu, anda juga bisa merebusnya dan air rebusan di pakai untuk mencuci pada penyakit kulit, bisul, luka berdarah, memar hingga keputihan.

Selain daunnya beberapa bagian tumbuhan tembelek lainnya juga berkhasiat. Seperti halnya manfaat akar tembelek dapat mengobati influenza, TBC kelenjar, rematik dan fluoralbus (keputihan). Sedangkan manfaat bunga tembelekan sendiri bisa di manfaatkan untuk mengobati TBC dengan batuk berdarah dan asthamitis. Untuk pengobatan TBC paru dengan batuk darah, anda bisa merebus 6-10 gr bunga tembelek yang kering hingga mendidih. Konsumsi air rebusnnya secara rutin hingga kondisi anda membaik.

Catatan!

** Dalam pemakaian yang melebihi dosis, maka dapat menyebabkan mual dan pusing.

** Ramuan herba ini sangat tidak di anjurkan di konsumsi oleh ibu hamil karena di kira mampu menyebabkan keguguran.

Nah, itulah informasi yang dapat kmi sampaikan pada kesempatan kali ini seputar khasiat dan manfaat daun tembelekan bagi kesehatan. Semoga apa yang telah kami sampaikan bermanfaat dan menambah wawasan anda seputar dunia herbal. Salam sehat!

By Nida Saripah - Daun Kamis, 15 Juni 2017 12:24:09

Related Post :
Kesehatan
Pilihan Olahraga yang Tepat…

Meskipun mengidap penyakit osteoarthritis,…

Tips
Cara Mencegah dan Mengobati…

Komedo merupakan salah satu…

Manfaat
Manfaat Buah Semangka Untuk…

Manfaat buah semangka untuk…

Penyakit
Ini Bahaya Dari Komplikasi…

Ini bahaya dari komplikasi…

Tips
Tips Cara Mengatasi Kapalan…

Tips cara mengatasi kapalan…

Tips
Obat Sariawan Alami di…

obat sariawan alami di…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?

  • obat herbal utnuk penyakit kanker payudara

    0 Balasan

    Daun

    slamat sore,,, untuk pengobatan alami kanker payudara dgn menggunakan daun meniran or daun sirsak,, kl daun meniran diminum brp gelas sehari -- dan bagaimana cara meramunya direbus brp banyak daunnya…


Daun
Daun
Kirim Pertanyaan
Top