Jenis Penyakit Pada Sistem Pernapasan Dan Gejalanya

Share dan Tag Temanmu di :

Sebelumnya pernah membahas tentang penyakit pada sistem pencernaan manusia. Kali ini akan membahas tentang jenis penyakit pada sistem pernapasan. Sehingga tidak hanya sistem pencernaan nya yang dapat mengalami gangguan, sistem pernapasan pun dapat mengalami gangguan.


Saat seseorang mengalami gangguan pada sistem pernapasannya, maka akan membuat seseorang tidak nyaman. Karena gangguan dan penyakit pada sistem pernapasan dapat menyebabkan sulit bernapas. Oleh sebab itu, harus selalu kesehatan, menerapkan pola makan sehat dan menerapkan gaya hidup sehat. Supaya tubuh tidak mudah terserang penyakit, termasuk gangguan dan penyakit pernapasan.

Jenis Penyakit Pada Sistem Pernapasan Manusia

Berikut ini jenis-jenis penyakit pada sistem pernapasan, serta penyebab, gejala, pencegahan dan pengobatannya.

Asma

Asma adalah salah satu penyakit pada sistem pernapasan yang paling umum. Ada beberapa faktor yang dapat memicu asma yaitu terkena asap rokok, serbuk sari, udara dingin, bulu hewan dan tungau debu.

Gejala asma diantaranya mengi, batuk-batuk dan sesak nafas. Sedangkan cara pencegahan asma yaitu mengetahui pemicu asma dan menghindari apa yang menjadi pemicunya, ketahui terlebih dahulu ciri-ciri serangan asma dan bila gejala terjadi pada anda maka sebaiknya tangani sengan cepat, vaksinasi influenza dan vaksinasi pneumonia untuk mencegah terjadinya komplikasi asma.

Belum ada obat asma sampai saat ini. Namun ada cara untuk menangani asma yaitu dengan mencegah serangan asma dan meredakan gejala asma. Untuk meredakan gejala asma biasanya dokter memberikan obat-obatan pada pasien. Serta dokter pun menyarankan agar menghindari faktor pemicu asma dan selalu menerapkan pila hidup yang sehat.

Faringitis

Faringitis ialah peradangan yang menyerang di bagian faring. Penyakit ini dapat disebabkan oleh infeksi bakteri dan paparan asap rokok dan polusi.

Gejala faringitis

  • Demam tinggi
  • Pembengkakan pada amandel
  • Tenggorokan terasa sakit
  • Terasa nyeri saat menelan makanan maupun minuman
  • Batuk

Pencegahan faringitis tidak hanya dilakukan oleh orang yang belum pernah mengalami penyakit faringitis, tapi juga pencegahan dapat dilakukan oleh orang yang pernah mengalami faringitis. Dan cara mencegah faringitis yaitu hindari debu, polusi serta asap rokok, banyak minum air putih dan banyak istirahat.

Bronkitis

Bronkitis adalah peradangan pada bronkus yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus. Faktor yang dapat memicu bronkitis adalah kebiasaan merokok, mempunyai sakit asam lambung dan lingkungan kerja yang tidak sehat.

Gejala bronkitis

  • Terasa sakit di dada
  • Sesak nafas
  • Sakit tenggoroka
  • Batuk mengeluarkan dahak yang berwarna hijau
  • Hidung tersumbat

Selain obat resep dokter, alternatif pengobatan bronkitis akut maupun bronkitis kronis bisa dengan memanfaatkan bahan alami yaitu tanaman ciplukan, bunga sepatu, jahe dan masih ada lagi bahan alami lainnya yang dapat dijadikan sebagai obat bronkitis alami.

Laringtis


Laringtis adalah peradangan yang menyrang bagian laring. Laringtis dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, virus bahkan jamur, dan reaksi alergi.  

Gejala laringtis yaitu kesulitan saat bernapas, suara serak sehingga sulit bicara. Sedangkan cara pencegahan penyakit ini adalah hidnari paparan debu dan hindari kebiasaan buruk seperti merokok serta minum alkohol.

Flu

Selain asma, flu juga termasuk penyakit atau gangguan pernapasan. Flu disebabkan oleh infeksi virus. Sedangkan gejala flu diantaranya batuk, sakit tenggorokan, disertai demam dan sakit kepala.

Pencegahannya yaitu hindari penderita flu, istirahat yang cukup, penuhi asupan gizi seimbang, selalu menjaga kebersihan, olahraga teratur dan banyak minum air putih.   

ISPA

ISPA atau infeksi saluran pernapasan atas dapat disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus. Gejala ISPA diantaranya batuk, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, demam tinggi, kesulitan sewaktu bernafas dan menggigil.

Pencegahannya yaitu selalu menjaga kebersihan seluruh tubuh, hidnari menyentuh wajah saat tangan tidak keadaan bersih, hindari kebiasaan merokok dan konsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin C.

Pneumonia

Pneumonia merupakan gangguan dan penyakt pada sistem pernapasan. pneumonia adalah peradangan yang terjadi pada jaringan salah satu paru atau kedua paru. Penyakit ini dapat disebabkan oleh infeksi bakteri.

Gejala pneumonia yang harus diketahui yaitu demam, batuk-batuk dan sulit sewaktu bernapas. Sedangkan pencegahan pneumonia yaitu vaksin pcv, vaksin influenza, hindari kebiasaan merokok, menerapkan pila hidup sehat dan menjaga kebersihan.

TBC

TBC adalah jenis penyakit pada pernapasan yang tergolong berbahaya dan termasuk penyakit menular. Penyakit ini dapat disebabkan oleh infeksi bakteri. Sedangkan faktor risiko yang dapat meningkatkan seseorang terkena tbc yaitu malnutrisi, orang yang merokok dan mengonsumsi narkoba.

Gejala tbc diantaranya batuk yang terkadang disertai dengan darah, demam, berat badan menurun, dan kelelahan. Salah satu cara yang dilakukan sebagai pencegahan tbc yaitu vaksin BCG.

Sinusitis

Tidak hanya TBC yang merupakan gangguan dan penyakit pada sistem pernapasan, sinusitis jug merupakan jenis gangguan dan penyakit pada sistem pernapasan. Sinusitis adalah peradangan yang terjadi di dinding sinus. Sinusitis dapat disebabkan oleh infeksi bakteri ataupun virus.

Gejala sinusitis

  • Indra penciuman jadi kurang tajam
  • Terasa nyeri pada wajah saat di tekan
  • Hidung berair
  • Hidung tersumbat
  • Sakit kepala
  • Demam
  • Sering batuk

Itulah jenis penyakit pada sistem pernapasan serta gejala, penyebab, pengobatan dan pencegahannya. Bila anda mengalami gejala dari penyakit pada sistem pernapasan tersebut, maka lakukan pemeriksaan pada dokter.

By Rizka Ardiana - Penyakit Jum'at, 16 Juni 2017 11:34:01

Related Post :
Tips
Tips Ampuh Agar Cepat…

Tips ampuh agar cepat…

Kesehatan
Bahaya Jika Terlalu Banyak…

Bahaya jika terlalu banyak…

Obat Kimia
Obat Dexamethasone Dipakai Untuk…

Efek samping dan fungsi…

Penyakit
Komplikasi Konjungtivitis yang Harus…

Pada kasus konjungtivitis alergi…

Manfaat
Manfaat Buah Bengkoang Untuk…

Bengkoang memiliki nama ilmiah…

Tips
Perhatikan Hal Penting Ini…

Perhatikan hal penting ini…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Penyakit
Penyebab Gejala Vertigo dan Cara Mengatasinya

Sensasi kepala serasa berputar dan…

Penyakit
Infeksi Saluran Pernafasan dan Berbagai Penyebabnya

infeksi saluran pernafasan merupakan infeksi…

Kirim Pertanyaan
Top