Cara Membedakan Madu Asli dengan Madu Palsu

Share dan Tag Temanmu di :

Cara Membedakan Madu Asli dengan Madu Palsu

Madu merupakan bahan pemanis alami yang lebih sehat daripada gula. Berbagai khasiat dan manfaat madu bagi kesehatan. Tapi tidak semua madu yang dijual dipasaran murni. Untuk itu agar tidak salah pilih.


Berikut ini Ciri-ciri Madu Asli Yang Harus Anda Ketahui

Cukup sulit untuk membedakan mana madu asli dan mana madu palsu karena keduanya cenderung memiliki warna coklat keemasan. Tetapi jangan khawatir anda tetap bisa membedakan madu asli dengan madu palsu melalui beberapa uji coba dibawah ini!

  • Berdasarkan endapan kristal

Biasanya madu asli tidak mengandung air karena setelah diolah hanya sisa enzim tertentu yang tidak rusak walaupun disimpan dalam waktu lama. Oleh sebab itu, cobalah lihat saat tersimpan dalam botol kaca, apakah didalamnya ada bagian yang mengkristal dan mengental? jika ada berarti itu madu asli.

  • Menggunakan kertas

Jika tidak ada air, kertas pun dapat dipakai untuk mengetahui apakah madu tersebut asli atau tidak. Cobalah anda tuangkan sedikit madu keatas kertas kemudian tunggu beberapa menit. Madu asli tidak akan memb  adar airnya sedikit beda dengan madu palsu besar kemungkinan bisa menyerap dan membuat kertas berlubang.

  • Uji dengan air

Cobalah anda tuangkan air kedalam sebuah gelas kaca kemudian masukan 1 sdm madu dan amatilah reaksi apa yang terjadi. jika madu asli tidak akan mudah larut dalam air namun jika madu palsu jika diaduk akan mudah larut.

  • Cicipi rasanya

Sudah pasti madu memiliki rasa yang manis tetapi madu asli tidak akan pudar dengan mudah bahkan setelah selama beberapa saat kemasan ditutup. Biasanya rasa madu asli yang kuat akan hilang jika dimasak dengan suhu yang terlalu tinggi. Sebaliknya dengan madu palsu biasanya dicampur gula atau pemanis lain sehingga rasanya akan cepat pudar jika terkena udara.

  • Semut tidak suka madu asli

Cobalah teteskan madu kesebuah wadah kemudian tunggu apakah semut tersebut menyukainya? Jika madu asli semut tidak akan menyukainya karena hewan ini tidak mempunyai aroma enzim. Beda dengan madu palsu pastinya disukai semut yang biasanya akan tenggelam dalam madu dan mati karena selain mengandung pemanis tambahan, madu palsu juga cenderung beracun.

  • Lihat dari teksurnya

Madu asli teksturnya pasti lengket bahkan kerapkali saat menempel dikulit sulit untuk dibilas namun madu palsu pun ada yang bertekstur sama. Cara mengujinya colek sedikit lalu tungggu selama beberapa menit. Jika madu asli mungkin akan meleleh dengan tekstur yang tetap kuat sehingga tidak mudah menets tapi jika madu palsu akan lebih mudah dipisahkan.

  • Seberapa jernih madu asli?

Madu asli tidak akan sejernih yang diharapkan karena bagaimana pun akan ada sisa serbuk sari atau sarang lebah yang lolos saat proses penyaringan beda dengan madu palsu memiliki tekstur lebih jernih, bersih, dan encer. Oleh karena itu, jangan tergiur dengan penampilan madu yang terlalu jernih karena bisa jadi itu tidak asli.

Itulah beberapa cara yang bisa anda coba saat memilih atau membeli madu, perlu anda ingat jangan tergiur dengan harga yang murah dan warna yang bagus karena sangat bahaya jika anda mengkonsumsi madu yang palsu. Semoga bermanfaat.

By Ana Rediana - Kesehatan Sabtu, 17 Juni 2017 15:38:45

Related Post :
Alami
Obat Herbal Hidrosalping Paling…

Obat herbal hirosalping atau…

Penyakit
Mengenal Gejala Dan Penyebab…

Mengenal gejala dan penyebab…

Kesehatan
Jenis Tes Kesehatan Yang…

Jenis tes kesehatan yang…

Alami
Cara Alami Mengusir Hidung…

Cara Alami Mengusir Hidung…

Kesehatan
Faktor Penyebab Makanan Terkontaminasi

Faktor penyebab makanan terkontaminasi…

Kesehatan
Pantangan Makanan Bagi Penderita…

Pantangan makanan bagi penderita…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Benarkah Jambu Biji Bisa Meningkatkan Jumlah Trombosit?

Trombosit turun merupakan salah satu…

Kesehatan
Kesehatan
Kirim Pertanyaan
Top