Berbagai Khasiat Dan Manfaat Daun Oregano Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun oregano pada umumnya sering kali di jadikan sebagai rempah pelengkap masakan di beberapa negara eropa seperti italia, spanyol dan lainnya. Selain itu, kegunaan daun ini juga sering kali di gunakan untuk mempercantik atau menghiasai pekarangan ruman. Lalu, apa khasiat daun oregano untuk kesehatan? selengkapnya bisa anda simak dalam uraian berikut ini.


Daun oregano memiliki nama latin Origanum Vulgae merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang ada di dunia. Meski pada umumnya sering kali di unakan dalam menu makanan itlia maupun ero[a serpti halnya spagethi dan pizza, namun nyatanya daun ini memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan yang patut anda ketahui. Adapun di Indonesia sendiri, daun oregano termasuk ke dalam rempah-rempah yang termasuk ke dalam klasifikasi dedaunan.

Kandungan dan manfaat daun oregano bagi kesehatan

Kandungan daun oregano nyatanya sangat baik bagi kesehatan diantaranya seperti kalsium, mangan, zat besi, vitamin A, vitamin K, dan juga serat. Di dalam daun ini juga terkandung senyawa penting lainnya seperti carvacrol, asam rosmarinic dan juga thymol.


Adapun khasiat dari daun oregano  tak hanya sebagai penyedap rasa masakan akibat memiliki rasa yang tajam dan unik. Ternyata daun ini juga memiliki fungi yang baik untuk menjaga kesehatan dan melawan berbagai jenis penyakit. Adapun rinciannya adalah sebagai berikut:

1. Melawan radikal bebas
Daun origano di ketahui kaya akan kandungan thymol dan juga asam rosmarinic, yang mana kedua nya memiliki sifat antioksidan yang cukup kuart sehingga mampu mengurangi stres oksidatif di dalam tubuh. Stres oksidatif sendiri merupakan kondisi di man radikal bebas berlebihan di dalam tubuh, sehingga tubuh sangat sulit untukmenteralkannya. Stres oksidatif juga bahkan mampu menyebabkan terjadinya keruksakan sel-sel dan DNA akibat produksi peroksida yang cukup berlebihan.

2. Menguatkan imunitas
Daun oregano juga di lengkapi dengan kandungan vitamin A dan juga mangan yang mana kedua kandungan tersebut mampu meningkatkan kekebalan tubuh kita. Maka, dengan mengonsumsi daun ini  dapat memulihkan stamina dan mencegah kelelahan yang bersifat kronis.

3. Meredakan nyeri haid
Di dalam daun ini di yakini mengandung senyawa alami yang berperan sebagai obat nyeri haid alami bagi para wanita. Manfaat ini bisa anda dapatkan jika anda mengonsumsi daunnya sebelum rasa sakit menyarang.

4. Melancarkan pencernaan
Meski ukuran daun oregano cukup kecil, bnamun di dalamnya terkandung serat pangan yang cukup tinggi untuk melancarkan sistem cerna. Di samping itu, senyawa penting lainnya seperti carvacrol dan juga thymol yang ada di dalam daun ini juga mampu membantu mencegah sembelit terjadi.

5. Mengobati demam
Minyak oregano memiliki sifat penyembuh alami. Anda bisa membelinya, karena kini jenis minyak ini sendiri telah banyak beredar di banyak tempat. Pada saat anda mengonsumsi minyak ini, maka anda bisa mencampurnya dengan air secukupnya.

6. Membersihkan racun di dalam hati
Kandungan senyawa essensial seperti halnya kalsium, mangan, vitamin K, zat besi, serta dan senyawa organik lainnya yang terkandung dalam daun oregano tersebut nyatanya berperan sebagai detoksifikasi alami, dan juga berguna untuk mengeluarkan racun dari dalam ahti.

7. Baik untuk kesehatan jantung
Daun ini juga mengandung asam lmak omega-3 yang di ketahui memiliki peranan cukup penting dalam menjaga kesehatan organ jantung. Kandungan tersebut pula mampu untuk mencegah inflamasi pada sistem kardiovaskular. Dengan demikian, anda bisa terhndar dari resiko penyakit jantung, aterosklerosis hingga stroke. Manfaat tersebut juga di kuatkan dengan adanya kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya.

8. Menyehatkan usus
Daun ini juga sangat sangat aktif dalam melawan berbagai jenis bakteri patogen yang menyerang usus, kulit dan lainnya. Hal tersebut di karenakan daun ini memiliki sifat antibakteri yang cukup kuat akibat kandungan senyawa carvacrol dan timol yang terdapat di dalamnya.

Selain daripada itu, masih banyak lahi manfaat daun oregano bagi kesehatan, diantaranya dapat mengobati sariawan dan luka, mengatasi insomnia dan juga mencegah kanker. Selain baik untuk kesehatan, daun ini juga terkenal akan manfaatnya bagi kecantikan seperti mengatasi jerawat dan mencegah penuaan dini. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat dan menjadi wawasan baru tentang herbal bagi anda.

By Nida Saripah - Daun Sabtu, 17 Juni 2017 16:04:33

Related Post :
Ibu Hamil
Risiko Mengonsumsi Pemanis Buatan…

Saat ini mungkin sulit…

Penyakit
Tidak Ingin Terkena Gastritis?…

Berikut ini adalah beberapa…

Penyakit
Kondisi Medis Hypoalbuminemia yang…

Hypoalbuminemia adalah tanda medis…

Alami
Obat Insomnia Alami Paling…

Obat insomnia alami dari…

Penyakit
Jenis-jenis Penyakit Yang Menyerang…

Jenis-jenis penyakit yang menyerang…

Alami
Mengalami Alergi Dingin? Obati…

Mengalami Alergi Dingin? Obati…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Sintrong Untuk Kesehatan

Khasiat dan manfaat daun sintrong…

Daun
Kirim Pertanyaan
Top