Waspada DNA Babi Ditemukan dalam Produk Mi Instan Korea

Share dan Tag Temanmu di :

Demam Korea kini telah melanda banyak orang, termasuk di Indonesia. Tidak hanya mengidolakan para aktor dan aktris drama dari Negeri Ginseng tersebut, namun banyak juga orang yang juga menyukai budaya dan makanan khasnya. Akhir-akhir ini, beredar produk mi instan Korea yang memiliki rasa yang pedah dan unik. Tentunya ini menjadi incaran para pecinta kuliner. 

Sayangnya, belakangan ini Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) melakukan penelitian dan DNA babi ditemukan dalam produk mi instan korea tersebut. Produk tersebut diantaranya yaitu Samyang (mi instan U-Dong), Samyang (mi instan rasa Kimchi), Nongshim (mi instan Shin Ramyun Black), dan Ottogi (mi instan Yeul Ramen).


BPOM sendiri telah mengambil sampel dan melakukan pengujian terhadap parameter DNA spesifik babi pada produk mi instan tersebut. Hasilnya, kelima produk tersebut terdeteksi positif mengadnung DNA babi. Diketahui, pihak importir tidak mencantumkan label/peringatan adanya kandungan babi pada kemasan. 

Sebagai langkah antisipasi dan perlindungan konsumen, BPOM menginstruksikan Balai Besar / Balai POM di seluruh dunia untuk terus melakukan penarikan terhadap produk yang tidak memenuhi ketentuan, teramsuk produk yang telah terdeteksi positif mengandung DNA babi, namun tidak mencantumkan label peringatan.

Bahaya Daging Babi Bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

Daging babi atau dalam bahasa Inggris disebut dengan pork merupakan daging yang diproduksi dari babi. Bagi umat islam sendiri, daging babi ini tidak boleh dikonsumsi. Terlepas dari kondisi daging babi yang dianggap haram oleh beberapa kalangan dan juga beberapa keyakina tertentu, ternyata ada alasan tersendiri mengapa daging babi sebaiknya tidak dikonsumsi. Berikut ini beberapa bahaya daging babi bagi kesehatan tubuh yang patut diketahui, diantaranya adalah :

Mengandung cacing pita 

Walaupun daging babi umum dikonsumsi dan dianggap sebagai salah satu sumber protein yang baik, namun terdapat risiko yang dihubungkan dengan daging babi, yaitu infeksi cacing pita atau sistiserkosis. Ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi Taenia solium alias cacing pita babi. Cacing pita babi jenis ini bisa ditemukan diseluruh dunia, terutama di negara-negara dengan sistem sanitasi yang buruk. 

Selain itu, cacing pita juga dapat menimbulkan beberapa bahaya keseahatan bagi tubuh, diantaranya adalah : 

  • Feses yang keluar mengandung cacing
  • Memicu timbulnya gejala anemia
  • Mual dan muntah
  • Diare
  • Susah buang air besar
  • Berat badan yang menurun drastis
  • Menimbulkan rasa pegal pada otot
  • Penurunan selerea makan
  • Menyebabakn gangguan pada sistem pernapasan
  • Kejang-kejang
  • Sakit perut
  • Gatal-gatal pada kulit

Meningkatkan risiko kanker

Daging babi termasuk daging merah yang diprediksi dapat memicu risiko penyakit kanker. Disebutkan pula bahwa daging merah dapat meningkatkan risiko terkena kanker hingga 25%. Adapun risiko kanker yang dihubungkan dengan konsumsi daging merah berlebih adalah kanker usus dan kanker paru-paru. Jika konsumsi daging babi atau daging merah lainnya dikurangi, maka mungkin setidaknya 10% kasus kedua kanker tersebut dapat dicegah. 

Selain itu, mengonsumsi daging babi juga bisa menimbulkan bahaya kesehatan lainnya, seperti obesitas, meningkatnya kadar kolesterol, serta menghambat peredaran darah. 

Kita harus selalu waspada dan hati-hati ketika akan membeli produk makanan. Untuk menghindari kandungan daging babi ataupun DNA babi pada makanan, sebaiknya periksalah terlebih dahulu kandungan atau komposisi yang ada dalam makanan sebelum membelinya. Anda bisa melihat informasi tersebut dalam kemasan produk. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Kesehatan Senin, 19 Juni 2017 10:22:29

Related Post :
Obat Kimia
Obat Anti Inflamasi Fenilbutazon…

Obat fenilbutazon untuk mengatasi…

Tips
Resep Obat Ginjal Tradisional…

Resep Obat Ginjal Tradisional…

Kesehatan
Gaya Hidup Sehat yang…

Selain melakukan pengobatan, penderita…

Alami
Obat Sesak Nafas Alami…

Rekomendasi obat sesak nafas…

Tips
Cara Tepat Melakukan Tes…

Cara tepat melakukan tes…

Manfaat
Manfaat Konsumsi Daging Burung…

Meskipun sering dianggap sebagai…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya

  • Penyakit Liver kronis

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa sakit liver itu selain perut buncit kaki juga bengkak? Sebabnya apa? Krn banyak minum?

  • Hipertensi

    0 Balasan

    Kesehatan

    Apakah aman jika saya di beri obat amlodipine dn candesartan untuk diminum bersamaan karema tekanan darah saya tinngi

  • HSV dan ambeien

    0 Balasan

    Kesehatan

    Cara pakai soman untuk pengobatan HSV dan ambeien bagaimana ya?

  • Sakit perut saat haid apakah berbahaya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya sering kali sakit perut atau kram saat haid berlangsung mulai dari pertama kali saya mengalami menstruasi. Namun biasanya nyeri itu hanya berlangsung 1-2 hari pertama haid. Namun, beberapa bulan…


Kesehatan
Kesehatan
Mengenal Gejala Sariawan Dan Cara Mengatasinya

Bila anda mengalami gejala sariawan…

Kesehatan
Jangan Cuci Daging Ayam Mentah! Ini Bahayanya

Jangan cuci daging ayam mentah!…

Kirim Pertanyaan
Top